Sukses

402 Ribu Orang Sudah Mudik Lebaran 2023 dari Jawa ke Sumatera Lewat Pelabuhan Merak, Puncak Arus Kamis 20 April 2023

Pelabuhan Ciwandan sudah mulai difungsikan mengangkut pemudik pada Lebaran 2023 untuk mereka yang menggunakan sepeda motor dan kendaraan besar lainnya sejak Sabtu dini hari, 15 April 2023.

Liputan6.com, Cilegon - Keramaian penyeberangan dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni sudah terlihat. Dari data terbaru yang dikeluarkan PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, telah ada 402.860 orang yang menyeberang dari Pelabuhan Merak Cilegon Banten menuju Pelabuhan Bakauheni Lampung.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin merincikan. terdapat 10.393 sepeda motor yang meninggalkan Pulau Jawa menuju Sumatera. Selanjutnya, roda empat ada 40.468 mobil. Sedangkan bus dan truk yang menyeberang masing-masing 4.061 bus dan 48.598 truk.

Jumlah ini diangkut oleh 1.462 trip kapal, sejak 1 hingga 15 April 2023.

Berdasarkan pemesanan tiket melalui aplikasi Ferizy, kepadatan penumpang mudik Lebaran 2023 diprediksi terjadi mulai Selasa, 18 April 2023 atau H-4. Kemudian puncaknya diperkirakan terjadi pada Kamis 20 April 2023.

"Berdasarkan data hasil pantauan reservasi di atas, produksi kendaraan untuk arus mudik mengalami kenaikan mulai H-4 sampai dengan H-2, dengan prediksi puncak produksi terjadi pada H-2 atau 20 April 2023," ujar Shelvy Arifin dikutip Minggu (16/4/2023).

Pelabuhan Ciwandan untuk Mudik Lebaran 2023

Pelabuhan Ciwandan sudah mulai difungsikan mengangkut pemudik sepeda motor dan kendaraan besar lainnya sejak Sabtu dini hari, 15 April 2023. Total, ada tujuh kapal yang melayani penyebrangan di Selat Sunda, yakni KMP Rishel, KMP Raja Rakata, KMP Trimas Fadhila, KM Mutiara Ferrindo 7, KMP Athaya, KMP Amadea dan KMP ALS Elvina.

Masyarakat bisa membeli tiket mudik melalui aplikasi atau website Ferizy, kemudian di Alfamart, Indomaret hingga Agen BRILink.

"Trafik roda dua dan truk logistik via Pelabuhan Ciwandan masih ramai mengalir. Sejak dini hari, tujuh kapal yang melayani dari Ciwandan," terangnya.

Jumlah reservasi tiket kendaraan roda dua rute Ciwandan-Bakauheni dari H-7 hingga H-1 sebanyak 11.802 atau baru sebesar 12,17 persen. Adapun reservasi tertinggi sebanyak 3.380 unit sepeda motor atau baru mencapai 17,2 persen pada 20 April 2023 atau H-2.

Untuk rute Ciwandan-Panjang yang dilayani KM Dobonsolo (Pelni) pada H-3 sampai H-2 dengan total 3 trip tercatat jumlah reservasi sebanyak 2.165 unit sepeda motor atau sebesar 57,73 persen, dengan reservasi tertinggi pada 20 April 2023 atau H-2 sebanyak 1.205 unit sepeda motor atau sebesar 48,2 persen.

Atur Perjalanan Mudik

ASDP Indonesia Ferry menghimbau masyarakat mengatur perjalanannya, agar tidak terjebak kemacetan atau terlambat sampai di dalam pelabuhan, karena menyebabkan tiket hangus dan kendaraan dilarang masuk ke pelabuhan.

"Pengguna jasa yang telah membeli tiket diminta mengatur waktu di hari H keberangkatan agar tidak terlambat dengan melakukan check in dua jam sebelumnya. Tiket pun akan hangus atau tidak berlaku jika melewati waktu jadwal masuk pelabuhan," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Arus Mudik 2023: Jalan Kalimalang Masih Sepi, Diperkirakan Mulai Ramai H-3 Lebaran

Lalu lintas di ruas Jalan Raya Kalimalang, perbatasan DKI Jakarta dan Bekasi, Jawa Barat pada musim mudik 2023 terpantau sepi. Ruas jalan ini merupakan jalur yang biasa dilewati oleh pemudik terutama yang menggunakan sepeda motor tiap musim mudik. 

"Lalu lintas di Jalan Ahmad Yani memang ramai, tapi keramaian itu karena hari weekend pada buka bersama mungkin di mal, parkir mal jadi memang agak padat, ada antrean masuk ke dalam sehingga terjadi antrean di luar itu kan menghambat yang lain," kata Kepala Unit Pengaturan Penjagaan Pengawalan Patroli (Turjawali) Polres Metro Bekasi Kota AKP Ganda Siburian, seperti dilansir Antara, Sabtu 15 April 2023.

Menurut dia, kawasan Kalimalang belum terlihat mobil ataupun sepeda motor dengan muatan besar dan membawa banyaknya barang bawaan.

"Kalau pemudik kelihatannya belum ya, biasanya kelihatannya ya itu bisa kita identifikasi dengan biasa bawa barang di belakang di bonceng gitu, sampai saat ini belum terlihat lah belum," ujar Ganda.

Dia memprediksi pemudik mulai memadati kawasan Kalimalang pada H-3 atau sekitar 19 April 2023. Pemerintah juga sebelumnya sudah menetapkan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah jatuh pada 19-25 April 2023.

"Yang berarti semakin mendekati lebaran akan menjadi puncak arus mudik untuk di kawasan Kalimalang terutama bagi pengendara motor," ucap Ganda.

3 dari 3 halaman

Simpul Kemacetan di Jalur Mudik Kalimalang

Adapun beberapa daerah yang memang setiap tahunnya menjadi simpul kemacetan di area Kalimalang seperti di Jalan KH Noer Ali, simpang Jalan Ahmad Yani, dan di daerah-daerah dekat mal Bekasi.

"Ini mungkin prediksi kita lumayan ramai karena kali ini pertama mungkin setelah COVID-19, jadi mungkin kondisinya akan lebih ramai. Tentunya akan ada rekayasa lalu lintas yang dilakukan, tapi akan melihat bagaimana situasinya terlebih dahulu," kata Ganda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.