Sukses

1,9 Juta Tiket Kereta Api Masa Lebaran 2023 Terjual, 19-20 April Padat Penumpang

PAntauan pada 13 April 2023 menunjukkan tiket KA Jarak Jauh yang telah terjual untuk keberangkatan KA di masa Angkutan Lebaran 2023 adalah 1.929.569 tiket.

Liputan6.com, Jakarta Tiket kereta api untuk angkutan masa Lebaran 2023 masih tersedia. PT Kereta Api Indonesia (Persero) pun mengajakan masyarakat menggunakan kereta api untuk melakukan perjalanan mudik dan liburan selama musim Lebaran 2023.

PT KAI mengatakan, pantauan pada Kamis 13 April 2023 menunjukkan tiket KA Jarak Jauh mudik Lebaran 2023 yang telah terjual untuk keberangkatan KA di masa Angkutan Lebaran 2023 adalah 1.929.569 tiket. 

Angka itu setara 63 persen dari total keseluruhan tiket KA Jarak Jauh yang disediakan, yaitu 3.065.404 tiket. 

"Jumlah tersebut masih akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung. KAI berharap masyarakat dapat segera memesan tiket karena tiket KA masa Lebaran 2023 masih cukup banyak tersedia," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, dikutip dari laman resmi PT KAI, Jumat (14/4/2023).

Seperti diketahui, PT KAI menerapkan masa angkutan Lebaran 2023 dimulai pada 14 April s.d 2 Mei 2023.

Perusahaan itu mengungkapkan tanggal favorit masyarakat untuk menggunakan KA Jarak Jauh untuk arus mudik, yaitu tanggal 20 April 2023 dengan okupansi 86 persen dan 19 April 2023 dengan okupansi 85 persen.

Sementara untuk arus balik, yang menjadi tanggal favorit adalah 24 April 2023 dengan okupansi 88 persen dan 25 April 2023 dengan okupansi 87 persen.

Adapun rata-rata okupansi KA Jarak Jauh pada arus mudik tanggal 14 s.d 18 April 2023 masih 67 persen. Sedangkan rata-rata okupansi KA Jarak Jauh pada arus balik tanggal 26 April s.d 2 Mei 2023 masih 53 persen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fasilitas Tambahan di Masa Angkutan Lebaran 2023

PT KAI menyampaikan, pihaknya menyiapkan berbagai fasilitas tambahan di masa Angkutan Lebaran 2023.

Fasilitas itu di antaranya adalah pemberian takjil kepada pelanggan pada 12 s.d 21 April 2023 di 21 stasiun besar. Terdapat 34.400 paket takjil yang berisi roti, air mineral, dan kurma.

Selain itu, KAI juga me-redesign layanan pelanggan KA Luxury meliputi new luxury train service dan new lounge experience dimana terdapat perubahan flow & peningkatan layanan pelanggan KA Luxury pada beberapa touch point mulai dari pra perjalanan, perjalanan, hingga purna perjalanan.

Adapun perbaikan layanan Executive Lounge menjadi lebih nyaman dan berkelas di 8 stasiun yakni Stasiun Gambir, Cirebon, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Semarang Tawang, Surabaya Pasarturi, dan Malang.

"KAI berkomitmen untuk terus meningkat pelayanan kepada pelanggan khususnya pada masa peak season. Naik kereta api khususnya di masa mudik dan balik Lebaran juga akan menghindarkan masyarakat dari potensi kecelakaan dan kemacetan di jalan raya. Sehingga momen Lebaran dapat tetap dinikmati masyarakat dengan aman dan menggembirakan, kata Joni. 

3 dari 4 halaman

Mudik Lebaran Naik Kereta Bisa Bawa Hewan Peliharaan, Cek Syaratnya

Saat hendak melakukan perjalanan mudik Lebaran, beberapa keluarga mungkin bingung karena khawatir meninggalkan hewan peliharaan di rumah maupun tempat penitipan. 

Jika kereta api menjadi pilihan moda transportasi untuk perjalanan mudik Anda, saat ini ada cara agar hewan peliharaan kesayangan Anda dapat bisa masuk kereta dan tidak ditinggal saat merayakan Idul Fitri di kampung halaman.

Mengutip laman resmi PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, Kamis (13/4/2023) untuk membawa hewan peliharaan saat mudik dengan kereta, penumpang bisa menggunakan jasa pengiriman dari KAI Logistik yaitu KALOG Express.

Untuk periode Lebaran 2023, angkutan barang KALOG Express akan libur pada tanggal 19-25 april 2023. Maka dari itu, batas pengiriman berlaku pada 15 april 2023.

"Apabila paket ingin tiba di hari yang sama, disarankan pengiriman dilakukan H-1 sebelum jadwal keberangkatan kereta api penumpang. Pelanggan dapat cek tarif dan tracking paket melalui aplikasi KAI Access," kata Vice President Public Relations KAI Joni Martinus.

Berikut adalah syarat syarat yang perlu diketahui untuk menggunakan layanan pengangkutan hewan peliharaan dari kereta api logistik atau KAI Logistik,: 

1. Pastikan hewan peliharaan yang akan dikirim berada dalam kondisi yang sehat

2. Hewan peliharaan harus ditaruh di dalam kandang yang kuat, dan ukurannya sesuai dengan jenis hewan yang akan dikirim

3. Pemilik wajib menyediakan makanan dan minuman hewan peliharaan di dalam kandang

4. Bisa menyertakan surat keterangan dari dokter hewan yang menyatakan bahwa hewan peliharaan dalam kondisi sehat

4 dari 4 halaman

Biaya Pengiriman

Untuk informasi mengenai biaya pengiriman, penumpang perlu menginformasikan terlebih dulu kota keberangkatan dan kota tujuan pengiriman.

Salah satu contoh, untuk pengiriman dari Jakarta ke Yogyakarta, estimasi biaya pengiriman hewan peliharaan terhitung dari 1 s.d. 10 kilogram (kg) pertama, yakni Rp. 100.000.

Lalu, untuk 1 kg berikutnya tarif menyesuaikan kota tujuan pengiriman. 

"Pengiriman hewan peliharaan ini adalah Service Station to Station yaitu pengiriman dan penerimaan langsung terdapat di kantor KALOG Express, sesuai dengan jadwal operasionalnya," kata Joni. 

Disarankan juga untuk memastikan bahwa Anda telah memenuhi syarat-sayarat yang telah ditentukan, dan hewan paket yang akan dikirim telah dipacking dengan baik dan aman.

Tidak jhanya hewan peliharaan, Anda juga bisa mengirim tanaman, oleh-oleh, hingga barang berskala besar di KALOG Express. 

""KAI Group berkomitmen untuk terus beradaptasi dgn keinginan masyarakat guna  memberikan layanan terbaik di masa angkutan lebaran melalui angkutan penumpang maupun hantaran logistik" imbuh Joni.

Untuk informasi lebih lanjut terkait KAI Logistik, Anda dapat mengunjungi akun Instagram @kalogistics, juga menghubungi nomor WhatsApp +62813-8822-3205, atau email cs@kalogistics.co.id. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini