Sukses

Mudik Lebaran Naik Kereta? Ketahui Aturan Bagasi Hingga Barang Bawaan

Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan mudik dengan moda transportasi kereta, ada beberapa aturan mengenai bagasi penumpang yang perlu diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H, masyarakat akan segera menyambut musim perjalanan mudik. Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan mudik dengan moda transportasi kereta, ada beberapa aturan mengenai bagasi penumpang yang perlu diketahui.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan memulai Angkutan Lebaran pada 14 April sampai dengan 2 Mei 2023.

"Pelanggan diperbolehkan membawa bagasi tanpa dikenakan bea dengan berat maksimum 20 kg dan volume maksimum 100 dm3 dengan dimensi maksimal 70 x 48 x 30 cm dan sebanyak-banyaknya terdiri dari 4 koli (item bagasi)," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, dikutip dari laman resmi PT KAI, Rabu (12/4/2023).

Saat hendak boarding di stasiun, pelanggan yang diketahui membawa bagasi yang melebihi ketentuan tersebut, maka akan dikenakan bea dengan nilai sebagai berikut :

Kelas eksekutif Rp. 10.000/kg

Kelas bisnis Rp. 6.000/kg

Kelas ekonomi Rp. 2.000/kg 

Untuk penyimpanan barang bawaan penumpang, dapat diletakkan pada rak bagasi di atas tempat duduk atau diletakkan di tempat lain yang tidak mengganggu atau membahayakan pelanggan lainnya serta yang tidak menimbulkan kerusakan pada kereta.

"Adapun pelanggan dengan barang bawaan lebih dari 200 dm3 (70 x 48 x 60 cm) tidak diperkenankan untuk membawa barang bawaannya ke dalam kabin kereta penumpang dan disarankan untuk mengangkut barangnya dengan menggunakan jasa ekspedisi kereta api seperti KAI Logistik," kata Joni.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Deretan Barang yang Tidak Bisa Dibawa Saat Naik Kereta

Adapun sederet barang-barang yang tidak diperbolehkan untuk dibawa sebagai bagasi adalah binatang, narkotika psikotropika dan zat adiktif lainnya, senjata api/tajam, benda yang mudah terbakar/meledak, benda yang berbau busuk/amis atau benda yang karena sifatnya dapat mengganggu/merusak kesehatan dan mengganggu kenyamanan penumpang lainnya. 

Tidak diperkenankan juga untuk membawa barang yang dilarang oleh peraturan perundang-undangan, dan barang lainnya yang menurut pertimbangan petugas boarding tidak pantas diangkut sebagai bagasi karena keadaan dan besarnya tidak pantas diangkut sebagai bagasi.

"Kami berharap semua pelanggan mematuhi aturan bagasi saat menggunakan layanan kereta api, sehingga perjalanan kereta api tetap nyaman dan menyenangkan," jelas VP Public Relations KAI Joni Martinus.

3 dari 4 halaman

Ayo Mudik, KAI Beri Diskon Tiket Kereta Mudik 2023, Catat Tanggalnya!

Menjelang musim mudik Lebaran, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI meluncurkan Diskon Mudik 2023 dengan memberikan potongan harga tiket kereta api hingga 20 persen. 

Mengutip laman bumn.go.id, Senin (10/4/2023) Diskon Mudik 2023 tersedia untuk keberangkatan kereta api periode 14-17 April 2023.

PT KAI mengungkapkan, pihaknya menyediakan total sebanyak 31.300 tiket diskon untuk Kereta Api Jarak Jauh kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi.

Masyarakat dapat membeli tiket diskon tersebut pada tanggal 9-13 April 2023 dimana pada masing-masing hari tersebut dibuka sebanyak 6.260 tiket diskon.

Adapun pembelian tiket diskon ini dapat dilakukan melalui plikasi KAI Access, web kai.id, dan seluruh platform penjualan tiket yang bekerja sama secara resmi dengan PT KAI.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, program Diskon Mudik 2023 diselenggarakan dalam rangka memberikan alternatif tanggal keberangkatan kepada pelanggan untuk pulang ke kampung halaman. Sehingga perjalanan tidak terkonsentrasi pada tanggal-tanggal yang berdekatan dengan Hari-H Lebaran.

"Pemberian diskon tiket ini juga sejalan dengan program Kementerian Perhubungan yang mengimbau kepada masyarakat untuk mudik lebih awal. Guna mengurai kepadatan arus mudik yang terjadi menjelang Hari-H Lebaran," kata Joni.

"KAI berharap masyarakat dapat memanfaatkan tiket murah tersebut untuk mudik dengan kereta api. KAI berkomitmen untuk menyelenggarakan angkutan Lebaran 2023 dengan aman dan berkesan," tutupnya.

4 dari 4 halaman

Rute Perjalanan dalam Diskon Mudik 2023 KAI

Sederet rute perjalanan kereta api yang mendapatkan Diskon Mudik 2023 di antaranya adalah :

KA Argo Bromo Anggrek (Gambir - Surabaya Pasarturi pp)

KA Argo Lawu (Gambir - Solo Balapan pp)

KA Pasundan (Kiaracondong - Surabaya Gubeng pp)

KA Bogowonto (Pasarsenen - Lempuyangan pp), dan lainnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini