Sukses

Bisnis Properti Balikpapan Cerah Berkat IKN, Laba Pengembang Melonjak 498 Persen

Pembangunan IKN memberikan dampak positif untuk Kota Balikpapan, termasuk bagi bisnis properti.

 

Liputan6.com, Jakarta PT Karya Bersama Anugerah Tbk (KBAG) salah satu pengembang hunian terkemuka yang berbasis di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada tahun ini berhasil membukukan penjualan pada akhir tahun 2022 sebesar Rp 77 milyar, meningkat sebesar 98 persen dari penjualan tahun sebelumnya yang tercatat sebesar Rp 39 miliar.

Seiring dengan peningkatan penjualan, KBAG juga mencatatkan peningkatan laba usaha serta laba bersih yang cukup signifikan  masing-masing menjadi sebesar Rp 1,8 miliar dan Rp 9,3 miliar atau meningkat sebesar 391 persen dan 498 persen.

Direktur Utama KBAG Nicholas Sumasto Tjia, beberapa faktor yang berkontribusi pada peningkatan pendapatan Perseroan antara lain karena tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk KBAG yang tinggi yang berdampak meningkatnya nilai jual pada periode terakhir ini serta ditambah dengan kolaborasi antar Sumber Daya Manusia nya, dari luar maupun dari dalam.

Dari sisi Neraca, total asset KBAG tidak mengalami perubahan yang signifikan dimana total aset mengalami penurunan tipis sebesar 3% dari Rp 458 miliar menjadi sebesar Rp 443 miliar pada tahun 2022. Hal ini dikarenakan oleh penurunan liabilitas sebesar 31% dari sebesar Rp 77 miliar menjadi sebesar Rp 53 miliar.

“Sedangkan dari sisi ekuitas, KBAG membukukan peningkatan tipis sebesar 2 persen dari Rp 381 miliar sebesar Rp 390 miliar pada tahun 2022. Kenaikan ini utamanya disebabkan karena laba bersih yang diperoleh Perseroan sehingga meningkatkan saldo laba ditahan," tambah Nicholas Sumasto Tjia.

Saat ini perkembangan di IKN terlihat sangat signifikan, terlihat dari perkembangan jalan menuju IKN maupun pembangunan di dalam IKN itu sendiri. Pembangunan IKN memberikan dampak positif untuk Kota Balikpapan.  

“Prospek bisnis properti cukup cerah di Balikpapan. Proses permindahan ibukota yang sedang dilaksanakan menjadi pendorong utama  peningkatan porspek bisnis properti di Balikpapan, terutama untuk segmen hunian," kata Nicholas.

"Walaupun perekonomian masih dibayang-bayangi oleh endemi COVID-19. Operasional Perseroan masih berjalan cukup baik dan Perseroan masih bisa mencetak kinerja yang cukup memuaskan di tahun ini. Kami  optimistis untuk tahun 2023, kinerja operasional dan keuangan Perseroan akan meningkat lebih baik lagi dibandingkan tahun 2022," lanjutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perpindahan ASN

Tahun ini Perseroan berencana, memaksimalkan seluruh stakeholder yang dimiliki, mempersiapkan gelombang para ASN yang akan pindah ke IKN dan memanfaatkan peluang yang akan berimbas dengan pencapaian target 2023.Nicholas Sumasto Tjia menambahkan ”

Pada tahun 2023, Perseroan akan fokus  untuk pembangunan Green Valley Tahap 2 yang direncanakan akan selesai di tahun ini, dengan mengusung konsep yang tidak jauh berbeda dari sebelumnya dan ditambahkan dengan fasilitas dan pembaharuan yang lebih modern. Selain itu juga kami akan fokus untuk bank tanah alias landbank di daerah yang memiliki prospek yang bagus kedepannya.”

Green Valley Tahap 2 dibangun di atas hamparan tanah sebesar 3 ha dan dibangun sekitar 488 unit dengan 5 tower, perkiraan income masuk dari Green Valley Tahap 2 sebesar Rp. 144,3 milyar.

“Dengan dukungan dari Pemerintah terhadap program 1 juta hunian setiap tahun serta dukungan pemerintah terkait kemudahan financing hunian terkait uang muka KPR, kami yakin dapat mencapai rencana bisnis yang telah disusun tahun ini," tutup dia.

3 dari 4 halaman

Jokowi Gelar Sayembara Logo IKN, Berhadiah 10 Motor Listrik

Pemerintah menggelar sayembara pemilihan logo Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai ibu kota Indonesia yang baru. Pemilihan logo diselenggarakan secara terbuka agar masyarakat terlibat langsung dalam proses pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Nusantara, Kalimantan Timur.

Dari sekitar 500 desainer yang berminat, terpilih 10 desainer yang menjadi finalis dan berhak membuat desain logo baru IKN. Selanjutnya 10 karya logo finalis tersebut diajukan oleh Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) kepada Presiden Jokowi untuk dipilih 5 logo yang diumumkan ke masyarakat.

"Setelah diumumkan secara terbuka, masyarakat kemudian dilibatkan untuk memilih desain logo mana yang akan menjadi logo terbaik. Logo dengan jumlah pemilih terbanyak akan ditetapkan sebagai logo resmi Ibu Kota Nusantara," kata Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Bambang Susantono di Menara BNI Pejompongan, Jakarta, Selasa (4/4).

Masyarakat dapat memilih logo tersebut melalui tautan www.ikn.go.id/ pilihlogonusantara, mulai 4 April hingga 20 Mei 2023. Rencananya logo dengan pemilih terbanyak akan diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada akhir Mei 2023 di Ibu Kota Nusantara.

Desainer yang karya logonya terpilih dengan suara terbanyak dan ditetapkan sebagai logo resmi Ibu Kota Nusantara akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 185 juta. Sementara bagi 10 pemilih yang beruntung akan memperoleh hadiah berupa motor listrik yang ditandatangani oleh Jokowi.

Dukungan BNI

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakan, pihaknya bangga dapat memberikan dukungan pada kegiatan pemilihan logo Ibu Kota Nusantara dan menjadi bagian dari sejarah bangsa.

"Dukungan BNI pada kegiatan pemilihan logo ini adalah salah satu bentuk komitmen kami dalam berkontribusi di proyek pemindahan Ibu Kota demi mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia secara merata," ucapnya.

 

 

4 dari 4 halaman

Logo

Berikut adalah nama-nama desainer dari 5 logo yang telah dipilih oleh Presiden Jokowi

Agra Satria, pendiri dan direktur kreatif MATA Studio, alumni DKV ITB dan Master in Visual Branding Design Domus Academy Italy.

Aulia Akbar, desainer grafis yang berdomisili di Bandung, ia lulusan ITENAS yang menjadi co-founder POT Branding House.

Dimas Fakhruddin, desainer grafis profesional asal Malang, Jawa Timur. Dia merupakan pendiri Yumakiso Studio, studio desain grafis yang berfokus pada branding, packaging, dan tipografi.

Ismiaji Cahyono, kepala Studio desain SUNvisual dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Lulusan DKV ITB ini mengawali kariernya di Leboye Design sebelum melanjutkan program master ke the school of the art Chicago melalui beasiswa fulbright.

Wildan Ilham, co-founder workbyw, konsultan brand di Jakarta. Karyanya telah dipublikasikan di berbagai media internasional seperti The Dieline dan Brand Magazine Hong Kong.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.