Sukses

Pembangunan Tol Cisumdawu Tak Pakai Uang Pinjaman Bank

Presiden Direktur PT PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) Jusuf Hamka memastikan pihaknya tidak menggunakan uang pinjaman bank dalam pengerjaan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan alias Cisumdawu. Seluruh biaya pembangunan yang jadi tanggung jawabnya dibebankan ke keuangan perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Direktur PT PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) Jusuf Hamka memastikan pihaknya tidak menggunakan uang pinjaman bank dalam pengerjaan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan alias tol Cisumdawu. Seluruh biaya pembangunan yang jadi tanggung jawabnya dibebankan ke keuangan perusahaan.

Diketahui, CKJT bertanggung jawab atas pengerjaan seksi 3-6 tol Cisumdawu. Yakni, jalur yang membentang dari Sumedang dan menyambung hingha ke Dawuan.

Kendati begitu, dia mengatakan kalau pinjaman daei Bank Syariah Indonesia (BSI) sudah tercatat. Tapi, dana yang disiapkan belum digunakan sepeser pun.

"InsyaaAllah, pinjaman bank ada, tapi belum kita pakai sampai hari ini. Ada disiapkan Rp 5,5 Triliun bisa di cek di Bank Syariah Indonesia, dan kita belum ambil 1 perak pun, insyaaAllah kita bisa sampai lebaran pakai duit perusahaan sendiri, doain aja," kata dia saat ditemui di Redtop Hotel, Jakarta, Selasa (4/4/2023).

Dengan demikian, dia pun menampik adanya sindiran kalau tol Cisumdawu yang jadi tanggung jawabnya menggunakan uang negara.

"Orang bilang 'ini pakai uang negara', saya bilang 'pakai uang bank' (dibalas) 'uang negara juga', sekarang pakai uang perusahaan saya, siapa yang mau challenge bahwa ini uang negara? Gak ada uang negara," tegasnya.

Pada kesempatan ini, Jusuf Hamka menegaskan kalau pengerjaan jalan tol Cisumdawu merupakan kerja sama antara perusahaan swasta. Meski, diakui ada keterlibatan dari BUMN, namun itu bukan berarti menggunakan uang negara.

"Ini kolaborasi antara swasta, ada pemegang sahamnya memang BUMN, tetapi bukan berarti itu uang negara, uang dari holding kami," tegasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ruas Tol Dibuka Gratis

Sebelumnya, Pengusaha tol Jusuf Hamka memastikan kalau tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) bakal beroperasi pada 15 April 2023 mendatang. Dia juga menegaskan belum ada tarif yang dikenakan selama pembukaan tersebut.

Diketahui, pembukaan ruas tol Cisumdawu sejalan dengan momentum mudik lebaran 2023. Ruas yang dibuka bakal mencapai ke daerah Kertajati, Majalengka.

"15 April InsyaaAllah, satu jalur dulu, jadi kalau 2 jalur masih belum selesai," ujar dia saat ditemui di Redtop Hotel, Selasa (4/4/2023).

Diketahui, dari ruas tol Cisumdawu yang sudah beroperasi baru seksi 4 dan 6 yaitu Cimalaka dan Dawuan sepanjang 28 KM. Sementara untuk seksi 4, 5, dan 6 baru akan dibuka fungsional pada 15 April.

 

3 dari 3 halaman

Dibuka 1 Jalur

Pria yang karib disapa Babah Alun ini menyampaikan kalau tol Cisumdawu dibuka satu jalur. Tapi, nantinya akan bisa dilewati 2 arah.

"Satu jalur kita buka, tapi dua arah," katanya.

Pada kesempatan ini, ia juga mengatakan kalau nantinya masyarakat yang menggunakan tol Cisumdawu tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

"Belum, belum bertarif, nanti yang kita buka sampai kertajati belum bertarif," ungkapnya.

Bertarif Pascalebaran

Sementara itu, dia juga mengungkap kalau rencana penarikan tarif sudah ditentukan. Yakni, selepas momen idul fitri atau lebaran 2023.

Kendari begitu, Jusuf Hamka belum merinci kapan waktu pasti tarif itu akan berlaku. Dia meminta masyarakat memanfaatkan jalur tol Cisumdawu ini untuk momen mudik lebaran.

"Nanti abis lebaran insyaaAllah bertarif. Jadi manfaatkan dengan sukacita, kita lebaran bersama," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.