Sukses

Beli BBM Subsidi Wajib Pakai MyPertamina, Konsumsi Solar di Jambi Turun

Penerapan implementasi secara menyeluruh (Full Cycle) program BBM Subsidi Tepat untuk pembelian Jenis BBM Tertentu (JBT) yang diujicobakan di wilayah Jambi

Liputan6.com, Jakarta Penerapan implementasi secara menyeluruh (Full Cycle) program BBM Subsidi Tepat untuk pembelian Jenis BBM Tertentu (JBT) yang diujicobakan di wilayah Jambi sejak pertengahan Februari 2023 lalu mendapat sambutan positif dari masyarakat.

Dengan adanya program ini, penyaluran BBM subsidi, khususnya jenis solar jadi lebih tepat sasaran. Indikasi itu terlihat dari menurunnya angka konsumsi jenis bahan bakar diesel CN 48 tersebut hingga 15 persen.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Regional Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan mengatakan, hingga 16 Maret 2023, saat ini jumlah pendaftar di Jambi sebanyak 104 ribu kendaraan yang terdaftar pada program subsidi tepat.

"Kami terus mengingatkan kepada masyarakat saat ini pendaftaran Program Subsidi Tepat masih terus berlangsung. Diharapkan, masyarakat segera melakukan pendaftaran Program Subsidi Tepat melalui website subsiditepat.mypertamina.id. Bagi masyarakat yang kesulitan untuk mendaftar secara mandiri, kami menyiagakan petugas di SPBU agar bisa membantu masyarakat," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jumat (17/3/2023).

Sejak penerapan full cycle pogram subsidi tepat di Jambi, Tjahyo menambahkan, untuk konsumsi harian BBM jenis Bio Solar wilayah Jambi mengalami penurunan sekitar 15 persen dibanding rata-rata harian sebelumnya.

Oleh karenanya, ia pun mengajak para konsumen lain untuk segera mendaftarkan kendaraannya untuk bisa mendapat BBM subsidi tepat sasaran jenis Solar, selama itu memenuhi syarat.

"Untuk melakukan pendaftaran kosumen perlu menyiapkan dokumen yang nantinya akan diupload melalui website yaitu Foto KTP, Foto Diri, Foto STNK (tampak depan dan belakang), Foto Kendaraan tampak keseluruhan, Foto Kendaraan tampak depan Nomor Polisi dan Foto KIR bagi kendaraan pengguna KIR," tuturnya.

"Terkait informasi dan pertanyaan lebih lanjut mengenai Program Subsidi Tepat, masyarakat dapat mengakses halaman website subsiditepat.mypertamina.id serta dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135," pungkas Tjahyo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Catat, Beli BBM Biosolar di Sumut Sudah Pakai QR Code MyPertamina

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria mengatakan, masyarakat Sumatera Utara (Sumut) sangat antusias mendaftarkan kendaraannya untuk mengikuti Program Subsidi Tepat.

Sejak 1 Maret 2023, sebanyak lebih kurang 31.500 unit kendaraan telah mendaftar dalam Program Subsidi Tepat di Sumut, khusus segmen Solar. Jumlah pendaftar Program Subsidi Tepat mengalami peningkatan signifikan.

"Mulai hari ini, 7 Maret 2023, diterapkan perluasan wilayah implementasi uji coba Program Subsidi Tepat di Sumut. Program Subsidi Tepat ini bertujuan untuk mendata kendaraan yang menggunakan BBM bersubsidi," kata Satria, Selasa (7/3/2023).

Diterangkannya, melalui pendataan ini, diharapkan penyaluran BBM bersubsidi dapat lebih termonitor dan mencegah kecurangan atau penyalahgunaan di lapangan.

"Sehingga BBM bersubsidi tersalurkan bagi masyarakat yang berhak," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Tambah Posko

Diungkapkan Satria, dalam meningkatkan jumlah pendaftar, pihaknya telah menambah posko pendaftaran langsung. Bagi masyarakat yang memiliki akses internet, pendaftaran online juga terus dipastikan tidak ada kendala melalui website subsiditepat.mypertamina.id dan menu Subsidi Tepat di Aplikasi MyPertamina.

"Kami telah membuka lebih kurang 300 posko pendaftaran Subsidi Tepat di Sumut," ujarnya.

Lokasi posko atau helpdesk Subsidi Tepat tersebut berada di SPBU, kantor pemerintahan seperti Kantor Samsat, kantor bupati, dan kantor wali kota, serta fasilitas umum seperti terminal bus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.