Sukses

Inilah 10 Orang Terkaya Dunia yang Paling Tajir Sejagat Raya, Siapa Posisi Pertama?

Mereka menciptakan perusahaan yang mempekerjakan puluhan atau bahkan ratusan ribu karyawan di seluruh dunia dan berada di belakang beberapa merek terkenal termasuk Microsoft, Amazon, Tesla, Google, dan Nike. Mayoritas hasil jerih payah sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Forbes kembali merinci para pengusaha yang masuk dalam daftar orang terkaya di dunia. Dari banyaknya miliarder, berikut ini sepuluh nama teratas yang paling tajir di bumi.

Seperti yang diketahui, miliarder atau orang paling kuat di Bumi mempengaruhi ekonomi global secara signifikan. Selain itu, juga berperan dalam segala hal, dari politik internasional, media, filantropi dan inovasi ilmiah.

Mereka menciptakan perusahaan yang mempekerjakan puluhan atau bahkan ratusan ribu karyawan di seluruh dunia dan berada di belakang beberapa merek terkenal termasuk Microsoft, Amazon, Tesla, Google, dan Nike. Mayoritas hasil jerih payah sendiri.

Banyak miliarder menyimpan sebagian besar kekayaan bersihnya di saham perusahaan yang mereka dirikan. Saat harga saham itu bergerak, keberuntungan pun berpihak padanya.

Bagi yang penasaran, berikut ini daftar 10 orang terkaya di dunia berdasarkan data Forbes per 1 Februari, Jumat (3/2/2023).

10.Sergey Brin

Kekayaan bersih: USD 82,2 miliar

Sumber: Google

Umur: 49 tahun

Tempat tinggal: Los Altos, California

Kewarganegaraan: AS

Sergey Brin mengundurkan diri sebagai presiden Alphabet, perusahaan induk Google, pada Desember 2019. Akan tetapi, dia tetap menjadi pemegang saham pengendali dan anggota dewan.

Dia mendirikan Google bersama Larry Page pada tahun 1998 setelah keduanya bertemu di Universitas Stanford saat belajar untuk gelar lanjutan dalam ilmu komputer. Brin, yang datang ke AS dari Rusia ketika dia berusia 6 tahun setelah anti-Semitisme terhadap keluarganya, adalah salah satu imigran terkaya di Amerika.

9. Mukesh Ambani

Kekayaan bersih: USD 83,7 miliar

Sumber: Petrokimia, telekomunikasi

Umur: 65 tahun

Tempat tinggal: Mumbai, India

Kewarganegaraan: India

Mukesh Ambani memimpin dan menjalankan Reliance Industries senilai USD 104 miliar (pendapatan), yang memiliki kepentingan di bidang petrokimia, minyak dan gas, telekomunikasi, dan ritel.

8.Larry Page

Kekayaan bersih: USD 85,8 miliar

Sumber: Google

Umur: 49 tahun

Kediaman: Palo Alto, California

Kewarganegaraan: AS

Page dan sesama mahasiswa PhD ilmu komputer Stanford, Sergey Brin, mendirikan Google pada tahun 1998, menciptakan mesin pencari yang lepas landas dan menghasilkan uang dengan menjual iklan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

7. Carlos Slim Helu

Kekayaan bersih: USD 91,7 miliar

Sumber: Telekomunikasi, investasi

Umur: 83 tahun

Tempat tinggal: Mexico City

Kewarganegaraan: Meksiko

Carlos Slim Helu dan keluarganya mengendalikan América Móvil, perusahaan telekomunikasi seluler terbesar di Amerika Latin, yang beroperasi di sedikitnya 15 negara. Slim dan beberapa mitra telekomunikasi asing mengakuisisi Telmex, perusahaan telepon milik pemerintah, pada tahun 1990. Telmex menjadi bagian dari América Móvil.

6.Bill Gates

Kekayaan bersih: USD 104,5 miliar

Sumber: Microsoft, investasi

Umur: 67 tahun

Tempat tinggal: Medina, Washington

Kewarganegaraan: AS

Sebagai seorang remaja, Gates menjadi sangat tertarik dengan pemrograman komputer. Dia keluar dari Harvard untuk mendirikan perusahaan perangkat lunak Microsoft dengan teman sekolah menengahnya Paul Allen pada tahun 1975.

5.Warren Buffett

Kekayaan bersih: USD 108,5 miliar

Sumber: Berkshire Hathaway

Umur: 92 tahun

Kediaman: Omaha, Nebraska

Kewarganegaraan: AS

Dikenal sebagai "Oracle of Omaha," Warren Buffett menjadi salah satu investor paling sukses sepanjang masa. Dia menjalankan Berkshire Hathaway, yang memiliki lusinan perusahaan, termasuk perusahaan asuransi Geico, pembuat baterai Duracell, dan rantai restoran Dairy Queen.

 

3 dari 4 halaman

4. Larry Ellison

Kekayaan bersih: USD 111,9 miliar

Sumber: Oracle

Umur: 78 tahun

Tempat tinggal: Lanai, Hawaii

Kewarganegaraan: AS

Larry Ellison mendirikan perusahaan perangkat lunak Oracle pada 1977 dan menjalankannya sebagai CEO hingga tahun 2014. Dia sekarang menjabat sebagai ketua dan Chief Technology Officer perusahaan. Selama bertahun-tahun Oracle telah melakukan serangkaian akuisisi besar, membeli Sun Microsystems pada tahun 2010.

3. Jeff Bezos

Kekayaan bersih: USD 126,3 miliar

Sumber: Amazon

Umur: 59

Tempat tinggal: Medina, Washington

Kewarganegaraan: AS

Jeff Bezos mengundurkan diri sebagai CEO raksasa e-commerce Amazon pada Juli 2021, tetapi tetap menjadi ketua. Pada bulan yang sama dia pergi ke luar angkasa dengan roket yang dibangun oleh perusahaan roket swasta Blue Origin, yang dia dirikan dan didanai dengan miliaran dolar.

2.Elon Musk

Kekayaan bersih: USD 178,3 miliar

Sumber: Tesla, SpaceX, Twitter

Umur: 51

Tempat tinggal: Austin, Texas

Kewarganegaraan: AS

Musk menjadi CEO perusahaan mobil listrik Tesla, perusahaan roket SpaceX, dan perusahaan media sosial Twitter. Dia memiliki sekitar 25 persen saham Tesla antara saham dan opsi, tetapi telah menjaminkan lebih dari setengah sahamnya sebagai jaminan pinjaman. Perusahaan mobil masih menghasilkan lebih dari setengah kekayaannya. Dia membeli Twitter seharga USD 44 miliar pada Oktober 2022 dan memiliki sekitar 74 persen saham perusahaan media sosial tersebut.

 

4 dari 4 halaman

1. Bernard Arnault

Kekayaan bersih: USD 213,7 miliar

Sumber: LVMH/barang mewah

Umur: 73

Tempat tinggal: Paris

Kewarganegaraan: Prancis

Bernard Arnault menjadi CEO dan ketua LVMH, perusahaan barang mewah terbesar di dunia. Dia memiliki sekitar 70 merek fesyen dan kosmetik. Beberapa merek yang paling menonjol dari perusahaannya, seperti Louis Vuitton, Christian Dior, Moet & Chandon dan Sephora. Pada Januari 2021, LVMH mengakuisisi toko perhiasan Tiffany & Co. seharga USD 15,8 miliar.

Kesimpulannya, per 1 Februari 2023, orang terkaya di dunia adalah Bernard Arnault, CEO dan ketua LVMH Prancis. Dengan harta senilai USD 214 miliar, dia naik ke posisi puncak setelah kekayaan Elon Musk jatuh pada akhir 2022 karena saham pembuat mobil listrik Tesla jatuh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.