Sukses

Ciri-Ciri Cara Debat Orang Sukses, Kamu Termasuk?

Mentalitas "berdebat untuk belajar" terletak pada melihat percakapan yang kontroversial sebagai pertukaran kolaboratif yang dapat memperdalam pemahaman.

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan penelitian dari Yale University Amerika Serikat (AS), orang sukses memiliki cara berpendapat yang berbeda. Alih-alih mencoba untuk "memenangkan" setiap argumen, mereka melihat argumen sebagai peluang untuk belajar dan berkembang.

Psikolog dan profesor pemasaran di Southern Methodist University, Matthew Fisher, turut menulis studi tahun 2016 saat berada di Universitas Yale tentang manfaat "berdebat untuk belajar".

“Bersedia mendengarkan perspektif lain dan terlibat dalam dialog yang tidak hanya dimaksudkan untuk meyakinkan orang lain bahwa Anda benar dapat menghasilkan segala macam wawasan yang tidak terduga,” kata Fisher kepada CNBC Make It, dikutip Senin (23/1/2023).

Faktanya, menurut Fisher, tetap berpikiran terbuka selama berdebat tidak hanya membantu kamu mempelajari hal-hal baru, tetapi juga membantu kamu mendapatkan jawaban yang benar dan membuat orang lain lebih menerima sudut pandang kamu.

Apa itu 'berdebat untuk menang'? Fisher dan rekan penelitinya pada studi tahun 2016 menetapkan untuk menentukan, apakah pendekatan seseorang terhadap argumen dapat memengaruhi cara mereka memahami sifat kebenaran ketika sampai pada topik debat tertentu.

Penyiapannya sederhana: Peserta harus memperdebatkan topik hangat di ruang obrolan online. Satu kelompok diinstruksikan untuk mengadopsi mentalitas kompetitif untuk "memenangkan" argumen, sementara kelompok lain disuruh "berdebat untuk belajar".

Mentalitas "berdebat untuk belajar" terletak pada melihat percakapan yang kontroversial sebagai pertukaran kolaboratif yang dapat memperdalam pemahaman Anda tentang topik tertentu, daripada pertarungan yang harus dimenangkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mentalitas

Mentalitas itu dapat memegang kunci kesuksesan: Penelitian menunjukkan orang yang berpikiran terbuka memandang dunia di sekitar mereka secara berbeda, yang mengarah pada peningkatan kebahagiaan dan kreativitas.

Fisher berhipotesis bahwa mereka yang berada dalam kelompok "berdebat untuk belajar", akan lebih kecil kemungkinannya untuk percaya bahwa ada satu jawaban pasti untuk debat yang ada dan penelitian tersebut mengkonfirmasi teorinya.

Orang-orang yang "berdebat untuk menang" mengambil garis keras dan hanya melihat satu jawaban yang benar, sedangkan mereka yang "berdebat untuk belajar" lebih cenderung menerima pendapat yang berbeda dari pendapat mereka sendiri.

Berdebat untuk belajar pada akhirnya adalah mentalitas, bukan satu set taktik, dan kunci untuk melakukannya secara efektif terletak pada pemahaman mengapa itu penting.

Berargumen dengan 'keterbukaan dan kemauan untuk belajar'. Pikirkan kembali saat terakhir kali kamu berdebat dengan seseorang. Ada kemungkinan besar kamu hanya berfokus pada isi argumen, bukan alasan kamu berdebat.

Itu adalah dorongan yang umum, kata Fisher, tetapi kamu mungkin mengabaikan gambaran yang lebih besar. Salah satu kesimpulan utamanya dari penelitian ini adalah bahwa mendekati isu-isu penting dari mentalitas "berdebat untuk belajar" dapat membantu mengubah pemikiran kamu sendiri. Itu juga dapat mengubah sudut pandang orang lain - jarang terjadi di zaman kita yang terpolarisasi.

 

3 dari 4 halaman

Tetapkan Niat Sendiri

Ingatlah hal itu pada saat kamu menemukan diri dalam percakapan yang memanas. Sebelum menggali lebih dalam, tetapkan niat sendiri, dan ingat bahwa mendekati diskusi dengan "keterbukaan dan kemauan untuk belajar," akan membuat lawan bicara lebih mungkin untuk melihat bagaimana posisi kamu bisa benar.

"Manfaat dari hal itu melampaui mendorong debat yang lebih produktif. Berkali-kali, Anda melihat bahwa kesempatan untuk memantulkan ide Anda dari orang lain dengan setidaknya menerima kesalahan memberi Anda lebih akurat. Anda tampil lebih baik. Anda mendapatkan jawaban yang benar lebih sering,” jelas Fisher.

Idealnya, kedua belah pihak pergi dengan perasaan bahwa mereka akan melakukannya lagi. Dalam studi tindak lanjut yang juga diterbitkan pada tahun 2016, Fisher dan rekan-rekannya menemukan bahwa mentalitas "berdebat untuk belajar" tidak muncul secara alami: default debat kebanyakan orang adalah pola pikir "berdebat untuk menang".

Di luar memahami manfaat dari "berdebat untuk belajar", Fisher mencatat bahwa penting juga untuk menangkap kecenderungan argumentatif kamu sendiri, yang memang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Pendebat juara dunia Harvard, Bo Seo, merekomendasikan memikirkan debat sebagai kesempatan untuk mengklarifikasi sudut pandang sendiri, daripada kesempatan untuk "mengalahkan" orang lain.

"Kedua belah pihak pergi dengan perasaan seperti mereka akan melakukannya lagi" dalam argumen yang bagus," ujar Seo.

 

4 dari 4 halaman

Empat W

Orang sering berfokus pada apa yang akan mereka katakan selanjutnya, daripada apa yang mereka pelajari dari sebuah argumen. Jadi, dasar-dasar debat Seo mungkin memudahkan mengalihkan pikiran kamu dari spesifik debat dan membantu kamu benar-benar mendengarkan lawan bicara.

Dia merekomendasikan untuk mencoba mencapai empat "W utama" dalam argumen apa pun:(What) Apa argumen kamu?(Why) Mengapa itu benar?(When) Kapan itu terjadi sebelumnya?(Who) Siapa peduli?

Saran itulah yang dapat bermanfaat bagi kebanyakan orang, terutama di tempat kerja.Di lingkungan di mana orang-orang dalam posisi kepemimpinan tidak mau mengakui bahwa mereka salah, orang mungkin terlalu takut untuk angkat bicara dan itu adalah skenario terburuk untuk segala jenis konflik, karena salah satu sudut pandang mendominasi atau masalahnya tidak terpecahkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.