Sukses

Wahai Lulusan Baru, Miliki 5 Keahlian Biar Unggul Bersaing di Dunia Kerja

Hampir setengah dari lulusan baru mengatakan bahwa mereka tidak melamar pekerjaan tingkat pemula karena merasa tidak memenuhi syarat, menurut survei tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Karena ketakutan resesi dan pemutusan hubungan kerja menjadi berita utama, lulusan baru mungkin merasa dirinya tersandung ke dalam pasar kerja yang tidak pasti. Namun, mereka akan unggul jika setidaknya memiliki lima keterampilan seperti berikut ini.

Sebuah survei baru-baru ini terhadap 1.000 lulusan di AS berusia antara 18 dan 54 tahun dalam 12 bulan terakhir menunjukkan bahwa ada banyak yang cemas tentang “kesiapan karier” mereka.

Hampir setengah dari lulusan baru mengatakan bahwa mereka tidak melamar pekerjaan tingkat pemula karena merasa tidak memenuhi syarat, menurut survei tersebut. Itulah yang menjadi tantangan bagi mereka para fresh graduate atau lulusan baru mengenal dunia kerja.

“Salah satu tantangan yang mungkin dihadapi pekerja muda adalah kurangnya pengalaman saat memasuki dunia kerja,” kata pakar karir dan kepala editorial untuk Asia-Pasifik di LinkedIn Pooja Chhabria seperti melansir CNBC, Rabu (4/1/2023).

Sementara pekerja Gen Z — mereka yang berusia antara 18 dan 24 tahun — mungkin khawatir tentang kurangnya pengalaman mereka, beberapa industri mempekerjakan “secara agresif”, menurut LinkedIn.

Misalnya, lowongan pekerjaan di sebuah platform telah tumbuh dari tahun ke tahun pada Oktober 2022 untuk sektor-sektor, seperti administrasi pemerintah. Tercatat ada pertumbuhan 52 persen di Australia dan 88 persen di Singapura.

Sementara itu, postingan pekerjaan ritel tumbuh 114 persen di Australia dan 49 persen di India. Lalu pembukaan logistik dan rantai pasokan tumbuh sebesar 41 persen di Singapura.

Pekerjaan itu mungkin dari industri yang berbeda, tetapi mereka memiliki satu kesamaan yaitu penekanan terhadap soft skill, yang ditekankan oleh Chhabria dihargai di berbagai sektor dan pekerjaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keterampilan yang Menonjol

Perusahaan telah beralih dari pendekatan perekrutan “berbasis pengalaman tradisional” ke pendekatan yang mengutamakan keterampilan, kata Chhabria.

Itu karena “laju perubahan dan gangguan yang cepat” yang dialami industry dan perekrutan berbasis keterampilan membantu pemberi kerja untuk merekrut bakat yang sesuai dengan kebutuhan bisnis yang terus berkembang, tambahnya.

Menurutnya, sebanyak 87 persen perekrut percaya bahwa keterampilan sangat penting saat menyeleksi kandidat. Pendekatan berbasis keterampilan juga menciptakan kumpulan bakat yang jauh lebih luas dan keragaman bakat diperlukan untuk tetap kompetitif di pasar saat ini.

“Data LinkedIn mengungkapkan bahwa di seluruh Asia Pasifik, pendekatan perekrutan berbasis keterampilan akan meningkatkan kumpulan talenta Gen Z secara keseluruhan sebanyak 10,8 kali di Australia, 14,1 kali di India, dan 7 kali di Singapura,” kata dia.

Sementara keterampilan keras tetap penting untuk mendapatkan pekerjaan, keterampilan lunak dapat membantu kandidat lebih menonjol dari yang lain.

“Hard skill dapat membantu Anda mendapatkan perhatian perekrut, tetapi soft skill dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan,” tutur Chhabria.

Dia menambahkan, “Keterampilan keras adalah keterampilan teknis yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan Anda. Misalnya, jika Anda melamar menjadi seorang profesional penjualan, maka Anda harus memiliki pengetahuan tentang proses penjualan dan cara menggunakan platform CRM.”

Namun, lanjutnya, “Anda juga membutuhkan soft skill seperti keterampilan presentasi untuk memberikan promosi penjualan yang hebat kepada pelanggan Anda atau keterampilan komunikasi sehingga Anda dapat berkomunikasi dengan percaya diri dengan tim dan pelanggan Anda.”

 

3 dari 3 halaman

5 Soft Skill Teratas

Demi membangun pengembangan karier, menurut LinkedIn, inilah lima soft skill yang harus pekerja muda atau lulusan baru fokuskan.

1. Komunikasi: Mampu mengomunikasikan ide, pandangan, dan pendapat secara ringkas sehingga orang dapat memahami apa yang dibagikan.

2. Manajemen waktu: Dengan munculnya kerja jarak jauh, manajemen waktu menjadi semakin penting untuk membangun kepercayaan dengan atasan Anda dan menunjukkan nilai yang Anda tambahkan ke tim.

3. Pemikiran kritis: Kemampuan untuk memahami dan mengatasi situasi berdasarkan semua fakta dan informasi yang tersedia.

4. Pemecahan masalah: Datang dengan solusi dan mencari cara baru untuk menyelesaikan masalah.

5. Keterampilan interpersonal: Di tempat kerja pasca-pandemi, kemampuan untuk membangun hubungan dan berkolaborasi dengan tim secara global merupakan keterampilan yang penting.

“Salah satu cara untuk mengembangkan keterampilan ini adalah keluar dari zona nyaman Anda. Mengambil tugas atau proyek baru dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk memecahkan masalah dan memberikan kesempatan untuk belajar bagaimana menangani stres, kritik, dan konflik dengan lebih baik,” kata Chhabria.

“Profesional muda juga dapat mempertimbangkan untuk bergabung dengan organisasi profesional atau grup jaringan. Ini adalah platform yang sangat baik bagi Anda untuk melatih keterampilan komunikasi dan interpersonal,” tambah dia.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.