Sukses

Profil PT GNI, Pemilik Smelter Nikel yang Meledak dan Tewaskan Seleb Tiktok Nirwana Selle

Insiden smelter meledak milik PT Gunbuster Nickel Industry atau PT GNI berlangsung pada 22 Desember 2022 di Morowali Utara.

Liputan6.com, Jakarta PT Gunbuster Nickel Industry atau PT GNI tengah menjadi sorotan. Ini setelah smelter milik perusahaan di Morowali Utara meledak dan menyebabkan kebakaran yang menewaskan pekerjanya sekaligus seleb Tiktok Nirwana Selle. Insiden kecelakaan ini berlangsung pada 22 Desember 2022 di Morowali Utara.

Perihal profil smelter nikel ini, melansir laman perusahaan,Jumat (30/12/2022), PT Gunbuster Nickel Industri merupakan perusahaan smelting yang berdiri sejak tahun 2019.

Founder PT GNI adalah pengusaha bernama Tony Zhou Yuan. Lokasi perusahaan smelter nikel ini berada di Morowali Utara, Sulawesi Tengah. 

Perusahaan menyebutkan jika industri smelter nikel menerapkan proses Rotary Kiln Electric Furnace (RKEF) teknologi dengan mengembangkan 25 jalur produksi dan menghasilkan 1,9 juta Nickel Pig Iron (NPI) per tahun.

Gunbuster Nickel Industry resmi melakukan ekspor perdana produk hasil olahan nikel pada Kamis, (20/1/2022).

Produk diekspor berupa membawa produk turunan nikel dalam bentuk Nickel Pig Iron (NPI) atau feronikel sebanyak 13.650 ton.

Diresmikan Jokowi

Pada 27 Desember 2021, Presiden Jokowi diketahui ikut meresmikan smelter bijih nikel milik PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) di Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah. Acara peresmian digelar di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

Kala itu Jokowi berharap keberadaan smelter dengan kapasitas produksi 1,8 juta ton per tahun tersebut akan meningkatkan nilai tambah hingga 14 kali lipat dibandingkan bahan mentah nikel.

“Saya sangat menghargai, mengapresiasi pembangunan smelter oleh PT Gunbuster Nickel Industry. Ini akan memberikan nilai tambah yang tidak sedikit. Dari bijih nikel yang diolah menjadi feronikel ini nilai tambahnya meningkat 14 kali, dan jika dari bijih nikel diolah menjadi billet stainless steel akan meningkat nilainya 19 kali lipat,” ujar Presiden seperti dikutip dari laman setkab.go.id.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

DPR Ingin Investigasi

Wakil ketua Komisi VII DPR RI Bambang Haryadi berharap agar ada investigasi terkait insiden ini. "Kita selalu ingatkan kepada seluruh pabrik pengolahan Nickel agar mengedapan pemenuhan teknis dan mengutamakan keselamatan para pekerja, tidak hanya berorientasi terhadap keuntungan semata. Karena nyawa dan keselamatan pekerja harus diutamakan" kata Bambang, Jumat (30/12/2022).

Bambang mengatakan pihaknya akan segera melakukan kunjungan ke lokasi kejadian guna mendapat gambaran utuh penyebab kejadian yang memakan korban jiwa tersebut.

"Dan kami akan mengevaluasi dari kejadian ini, apakah ada unsur unsur teknis yang memang tidak layak ataukah murni musibah," ungkap Pimpinan Komisi VII tersebut.

Dia juga meminta pihak perusahaan harus bertanggung jawab terhadap korban dan juga mendorong kementerian teknis yang terkait untuk melakukan audit terhadap smelter tersebut.

"Komisi VII juga akan segera memanggil semua pihak terkait untuk melakukan pendalam secara menyeluruh kejadian ini, dan mengantisipasi agar tidak terjadi di Smelter lainnya. Investasi perlu, tetapi nyawa masyarakat tetap yang utama" sebutnya.

 

3 dari 3 halaman

Kronologi

Menengok dari akun TikTok miliknya, Nirwana Selle kerap membagikan kegiatannya bekerja melalui akun media sosial Tiktok miliknya.

Bagaimana kronologi insiden terjadi, akun TikTok Ella99 membagikan sebuah video menggambarkan detik-detik kecelakaan yang menimpa Nirwana Selle.

Di mana bermula dari salah satu tungku yang ada di smelter meledak. Kemudian api tersebut mengarah ke crane yang terdapat Nirwana sedang mengoperasikan alat dan membuat dirinya belum sempat menyelamatkan diri sehingga akhirnya meninggal dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.