Sukses

Kinerja Saham Bank Digital Amblas di 2022, Ini Penyebabnya

Sempat menjadi primadona di lantai bursa, harga saham bank digital berbalik arah dan mengalami penurunan signifikan pada tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta Sempat menjadi primadona di lantai bursa, harga saham bank digital berbalik arah dan mengalami penurunan signifikan pada tahun ini. Kondisi pasar yang berubah drastis menjadi faktor utama yang menyebabkan harga saham bank digital turun tajam. 

Berdasarkan data statistik Bursa Efek Indonesia, pada 2021 saham bank digital mencatat lonjakan signifikan, berkisar 79 persen hingga 4.368 persen. Saham PT Allobank Indonesia Tbk. menjadi saham bank digital paling cuan pada tahun lalu setelah menutup buku dengan lesatan kenaikan harga hingga 4.368 persen.

Namun, per Desember 2022, mayoritas saham bank digital mencatat rapor merah. Saham-saham bank digital sejak awal tahun kompak mengalami penurunan berkisar -6,27 persen hingga -76 persen. Sebanyak 5 dari 7 bank bahkan mencatat penurunan lebih dari 50 persen secara year to date. 

Analis Samuel Sekuritas Farras Farhan menilai penurunan kinerja saham bank digital tahun ini merupakan bagian dari dinamika pasar yang bergerak cepat. Kondisi pasar pada 2020-2021 dan 2022 menurutnya sangat kontras.

Pada 2020 atau tahun pertama pandemi Covid-19 berlangsung, laju perekonomian mengalami kontraksi akibat kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat. Sekadar mengingatkan, di akhir 2020, produk domestik bruto (PDB) Indonesia turun -2,1 persen. 

Di saat mobilitas masyarakat dibatasi, berbagai kegiatan masih tetap berlangsung berkait teknologi, mulai dari kegiatan pendidikan, perkantoran, hingga belanja dapat difasilitasi dengan teknologi.

Tidak mengherankan bila akhirnya sektor teknologi mencuat dan dianggap sebagai sektor yang mampu menjembatani kegiatan ekonomi selama masa pandemi. 

Menurut Farras, kenaikan saham-saham teknologi terjadi secara global. Di Amerika Serikat, indeks Nasdaq yang berisi saham-saham teknologi tumbuh 47,58 persen (yoy) pada 2020, jauh melampaui kinerja indeks S&P 500 dan Dow Jones Industrial Average. Di Indonesia, indeks saham teknologi (IDXTechno) baru diperkenalkan pada 25 Januari 2021. Di penghujung tahun tersebut, IDXTechno mampu mencetak kenaikan 380,14 persen, sangat jauh melampaui pertumbuhan IHSG yang hanya 10,08 persen.

“Kita harus flashback untuk memahami mengapa sektor teknologi tahun 2020 hingga 2021 booming. Selain adaptasi teknologi yang kuat selama pandemi, faktor kebijakan stimulus moneter juga berpengaruh terhadap saham-saham teknologi,” jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kebijakan Stimulus

Analis MNC Sekuritas Tirta Widi Gilang Citradi menjelaskan kebijakan stimulus yang dilakukan banyak negara membuat tingkat suku bunga menjadi rendah. Para pengelola dana kelas kakap (hedge fund) dan investor pada umumnya terpacu untuk mencari instrumen yang memberikan keuntungan lebih besar. 

Menurut Tirta, pada masa pandemi, terutama di periode 2020-2021, saham-saham yang terkait dengan Old Economy tidak terlalu diminati karena bisnis emiten-emiten tersebut tengah mengalami tekanan akibat pandemi. Saham-saham New Economy yang belum dilirik pun menjadi incaran sehingga mendorong kenaikan harga yang signifikan.

“Kondisi ekonomi yang tertekan membuat saham-saham Old Economy dihindari. Investor pun akhirnya berlomba-lomba masuk ke perusahaan yang terkait teknologi seperti bank digital. Harga sahamnya pun booming, bahkan di saat bank-bank tersebut belum memiliki produk aplikasinya,” jelasnya.

Menurut Tirta, memasuki tahun 2022 faktor-faktor yang mendukung kenaikan saham-saham bank digital mulai pudar. Stimulus besar-besaran perlahan memang membangkitkan sisi permintaan. Namun, sisi pasokan tidak mampu mengimbagi tren pemulihan permintaan tersebut sehingga menimbulkan gangguan pada rantai pasok global. 

Akibatnya, kenaikan inflasi tidak terhindarkan dan semakin tidak terkendali setelah pada Februari 2022, Rusia melancarkan aksi militer ke Ukraina. Mudah diduga, perang tersebut telah memicu kenaikan harga komoditas energi, mulai dari minyak hingga batu bara. 

Pelan tapi pasti, gejolak inflasi terjadi secara global. AS mencatat inflasi 8,5 persen pada Juli 2022, tertinggi dalam 40 tahun terakhir. Zona Eropa kemudian menyusul rekor inflasi tertinggi di Oktober 2022 sebesar 10,6 persen. Tidak ketinggalan, Inggris yang sudah bercerai dengan Uni Eropa juga mencatat rekor inflasi 11,1 persen di bulan yang sama.

“Kenaikan inflasi membuat biaya dana semakin mahal dan perusahaan teknologi yang sebelumnya didukung banyak dana murah, mulai ditinggalkan dan investor melakukan rebalancing ke sektor-sektor potensial seperti saham energi yang mendapat windfall dari harga komoditas,” jelas Tirta.

 

3 dari 3 halaman

Kondisi Pasar dan Sentimen

Wakil Direktur Utama PT Bank Jago Tbk. Arief Harris Tandjung mengatakan kondisi pasar dan faktor sentimen yang mempengaruhinya merupakan hal di luar kontrol perusahaan. 

Dia menambahkan, kenaikan harga saham perseroan pada 2020-2021 tidak terlepas dari persepsi investor yang menilai Bank Jago sebagai perusahaan teknologi. Valuasi saham Bank Jago pun kerap dibandingkan dengan perusahaan teknologi di luar negeri yang amat tinggi. Maka, saat kondisi pasar berbalik, valuasi perusahaan teknologi pun mengalami normalisasi.

"Sekarang yang terpenting bagi kami adalah memiliki kinerja yang baik karena pada ujungnya valuasi akan mengarah ke kinerja. Bila kinerjanya baik, valuasi akan bercermin pada kinerja tersebut," jelas Arief.

Menurut Arief, Bank Jago saat ini memiliki permodalan yang solid untuk mendukung ekspansi. Sejak Rights Issue II Maret 2021, modal Bank Jago telah mencapai Rp 8 triliun atau sudah melampaui jumlah modal minimum bank umum sebesar Rp 3 triliun yang harus dipenuhi pada akhir 2022.

Ke depan, Bank Jago akan fokus untuk memperdalam kolaborasi dengan partner dan juga memperluas kerja sama dengan ekosistem untuk mendukung pertumbuhan kinerja berkelanjutan. Sampai dengan September 2022, Bank Jago telah bermitra dengan 38 partner, tersebar dari perusahaan multifinance, fintech, hingga perusahaan sekuritas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.