Sukses

Menko Luhut Sebut Pernikahan Kaesang-Erina Bantu Ekonomi Yogyakarta dan Solo

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menilai keramaian acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono membuat ekonomi bergerak, terutama di Yogyakarta dan Solo.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menilai keramaian acara pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi Widodo, yakni Kaesang Pangarep dan Erina Gudono membuat ekonomi bergerak, terutama di Yogyakarta dan Solo.

Seperti diketahui, Kaesang Pangarep telah resmi menikah dengan Erina Gudono setelah menjalani akad nikah di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Sabtu, 10 Desember 2022.

Adapun acara tasyakuran yang digelar sehari kemudian di Puro Mangkunegaran, Solo. 

"Dari mulai pemilik PO Bus lokal, pemilik UMKM seperti pedagang makanan, jasa laundry, parkir, sampai pengerajin lokal yang membuat souvenir pernikahan kedua mempelai, ikut merasakan kebahagiaan karena dagangan dan jasa mereka habis terbeli oleh para tamu dan panitia penyelenggara acara," tulis Luhut dalam unggahan akun Instagram-nya @luhut.pandjaitan, dikutip Selasa (13/12/2022).

"Ini adalah bukti bahwa perekonomian Indonesia terus bergerak," ujarnya. 

Dalam unggahannya, Luhut juga menceritakan pengalaman bertugas dan mengisi agenda di Yogyakarta dan Solo selama tiga hari terakhir.

Luhut pun menyebut acara pernikahan Kaesang dan Erina sebagai pesta rakyat. 

"Saya menyebutnya Pesta Rakyat karena acara pernikahan putra bungsu Presiden @jokowi ini bukan hanya menjamu para tamu undangan saja, tetapi juga seluruh rakyat Indonesia bisa melihat dan menikmati bagaimana budaya Indonesia dijunjung tinggi dalam acara tersebut," katanya.

"Ini adalah hal yang bagus karena sebagai anak muda, mereka menjadi contoh bagi anak-anak muda lain di Indonesia bahwa setinggi apapun pendidikan maupun status sosialmu, jangan pernah lupa pada budaya dan tradisi bangsa mu sendiri," jelas Luhut. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Luhut Binsar Pandjaitan (@luhut.pandjaitan)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa dari Luhut untuk Kaesang dan Erina

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Luhut Binsar Pandjaitan (@luhut.pandjaitan)

Selain itu, Luhut juga mengaku bangga bisa menyaksikan momen-momen penting dalam acara pernikahan Kaesang dan Erina, dari mulai acara siraman sampai ngunduh mantu yang berlangsung sangat hangat dan sakral.

"Selain hadir sebagai tamu undangan, saya juga turut mendampingi Presiden untuk menyambut tamu undangan dari negara sahabat, UAE yaitu Putera Mahkota Pangeran Khalid bin Mohamed bin Zayed Al Nahyan yang kali ini ditemani oleh sahabat saya, Menteri Energi UAE Suhail Al Mazrouei. Selain khusus datang sebagai tamu undangan pernikahan, juga melihat Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo," ungkapnya. 

"Selamat berbahagia dan menempuh hidup baru bagi kedua mempelai @kaesangp dan @erinagudono , teladanilah kehidupan rumah tangga kedua orang tua kalian. Semoga Tuhan YME selalu melimpahkan kasih sayang dan berkat dalam cinta yang sudah kalian pertautkan," tutupnya.

3 dari 3 halaman

Cerita Sri Mulyani Terpaksa Duduk Jongkok di Acara Tasyakuran Kaesang-Erina

 

Selain Luhut, di platform serupa, Menteri Keuangan Sri Mulyani juga membagikan momen keseruan saat mengikuti sesi foto bersama para menteri kabinet dalam acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Di foto tersebut, Sri Mulyani tampak mengenakan kebaya berwarna pink.

"Foto ini instruksi protokol: "Baju seragam merah muda (pink) bersama pasangan maju kedepan berfoto bersama pengantin," tulis Sri Mulyani di Instagram, dikutip Senin (12/12/2022).

"Saya berkebaya pink bersama suami berseragam beskap hitam ikut rombongan para menteri menuju panggung pelaminan untuk foto bersama pengantin @kaesangp dan @erinagudono bersama Presiden @jokowi dan Ibu Negara Ibu Iriana," ceritanya. 

Sesampainya di panggung pelaminan untuk berfoto, Sri Mulyani pun hendak berdiri bersama rombongan ibu berkebaya pink lainnya di samping pengantin.

"Namun beberapa ibu-ibu (istri menteri) bilang : Bu Menkeu, itu para menteri tempatnya duduk jongkok di depan..," ungkapnya. 

"Jadi 'terpaksa; saya ikut jongkok dengan para menteri laki-laki yang memakai beskap hitam di baris depan," lanjutnya. 

Saat hendak berfoto di barisan para menteri, Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko dan Mensesneg Pratikno bergeser memberi tempat.

"Pak @dr_moeldoko sampai bilang..'pegelll', Terimakasih ya Bapak-Bapak," tutur Sri Mulyani. 

"Ternyata Menteri perempuan lain sudah hadir acara Tasyakuran pagi hari," bebernya. 

Sri Mulyani menambahkan, acara resepsi pernikahan Kaesang dan Erina berjalan baik, bagus, elegan dan indah.

"Semoga pengantin menjadi pasangan Sakinah Mawadah Warohmah," demikian doa dari Sri Mulyani.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Sri Mulyani Indrawati (@smindrawati)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.