Sukses

Pinta Mendag: Harbolnas 2022 Harus Banjir Diskon

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meminta penyelenggara usaha e-commerce memberikan promo dan diskon menarik agar transaksi terhadap produk lokal di Harbolnas 2022 meningkat 50 persen.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meminta penyelenggara usaha e-commerce memberikan promo dan diskon menarik agar transaksi terhadap produk lokal di hari belanja online nasional atau Harbolnas 2022 meningkat 50 persen. Berdasarkan data Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), transaksi produk lokal di harbolnas 2021 mencapai Rp8,1 triliun.

"Saya mengimbau para pelaku usaha di sektor ini untuk memberikan penawaran-penawaran yang menarik seperti diskon hadiah menarik lah," ujar Zulkifli di kantor Kementerian Perdagangan, Kamis (8/12).

Secara kalkulasi kasar, menurut Zulkifli jika persentase produk lokal meningkat 40-50 persen, maka nilai transaksi pada harbolnas 2022 ini sekitar Rp13 triliun.

Sementara untuk penjualan semua produk, dia juga berharap ada kenaikan transaksi setidaknya di atas 50 persen.

"Kalau naik 50 persen tahun ini kan paling naiknya tipis Rp27 triliun," ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Idea, Bima Laga juga memperkirakan akan terjadi peningkatan nilai transaksi pada hari belanja online nasional (Harbolnas) pada tahun 2022. Pada harbolnas 2021, nilai transaksi untuk semua produk menembus Rp18,1 triliun.

"Kami memperkirakan adanya kenaikan transaksi dibandingkan tahun lalu sebesar Rp18,1 triliun untuk all product, dan Rp8,1 triliun untuk local product," ucap Bima.

Bima optimis peningkatan transaksi saat harbolnas 2022, seiring performa ekonomi nasional pada kuartal III tahun 2022 yang tumbuh 5,72 persen. Peningkatan transaksi diharapkan juga diikuti dengan meningkatnya transaksi pada produk-produk lokal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Transaksi Produk Lokal

Dia menyampaikan, jika pada harbolnas 2021 transaksi produk lokal mencapai Rp8,1 triliun, maka diharapkan transaksi produk lokal bisa meningkat signifikan.

Kemeriahan harbolnas 2022 juga ditandai dengan 108 pelaku e-commerce yang sudah mendaftar menjadi peserta harbolnas 2022. Peserta tersebut tidak hanya berasal dari e-commerce besar, skala e-commerce yang masih kecil turut meramaikan kemeriahan pesta belanja jelang akhir tahun ini.

"Sampai dengan hari ini sebesar 108 peserta e-commerce yang sudah mendaftar dalam harbolnas ini," ucapnya.

Sebagai informasi, Bima menyampaikan bahwa program harbolnas sudah berjalan lebih 11 tahun. Program ini diinisiasi dari para pemain e-commerce, dan dalam 4 tahun terakhir program ini diasosiasi sebagai iDea.

Syarat peserta harbolnas 2022 yaitu wajib menerapkan promo dasar sebesar 30 persen, memberi subsidi diskon dari penyelenggara. Semua informasi peserta dapat dilihat di harbolnas.idea.or.id

3 dari 4 halaman

Luncurkan Harbolnas 2022, Mendag: UMKM Senang, Kita Bahagia

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan resmi meluncurkan Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas 2022 bersama Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia atau Indonesian E-Commerce Association (Idea) Bima Laga, di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (8/12/2022).

"Saya menyampaikan apresiasi dukungan atas penyelenggaraan hari belanja online nasional atau harbolnas 2022 ini," kata Mendag dalam kick off Harbolnas 2022.

Dia berharap program Harbolnas 2022 ini dapat berjalan dengan lancar memberikan manfaat bagi pelaku usaha di bidang e-commerce, khususnya pelaku usaha mikro dan kecil dalam meningkatkan skala  usaha dan memanfaatkan e-commerce untuk memasarkan produk secara lebih efisien, sehingga dapat terjangkau tidak hanya dalam negeri, tapi juga diharapkan bisa berkembang ke mancanegara.

Dalam sambutannya, Mendag menyampaikan bahwa tugas Kementerian Perdagangan adalah mendorong pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM agar lebih berkembang dan omsetnya meningkat, supaya mereka bisa membayar pajak.

"Tugas kita membuat saudara omsetnya tambah naik tambah banyak. Jadi kalau misal tambah banyak untungnya tambah banyak, tambah kaya. Itu  tugasnya Kemendag itu melakukan segala usaha segala daya agar para pelaku sektor usaha di tanah air kita tambah maju tambah, untung banyak, tambah kaya agar nanti bayar pajak," ujarnya.

Mendag menyampaikan, berdasarkan data Harbolnas tahun 2018 sampai tahun 2021, trend transaksinya meningkat. Tahun 2021 transaksi mencapai Rp 18,1 triliun meningkat 56 persen dari tahun sebelumnya 2020.

4 dari 4 halaman

Konsumsi Produk Lokal

Selain itu, Harbolnas juga mampu mencatatkan konsumsi produk lokal sebesar Rp 8,5 triliun pada 2021 meningkat hampir 40 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Ini UMKM senang, dan kita bahagia juga karena konsumsi produk lokal pada gelaran harbolnas pun angkanya terus meningkat dari tahun-tahun sebelumnya," ungkapnya.

Oleh karena itu, Kementerian Perdagangan sangat mengapresiasi, mendukung dan ikut membantu mensukseskan Harbolnas Tahun 2022 ini, dengan harapan dapat terus meningkatkan konsumsi dalam negeri. Karena jika konsumsi meningkat, maka secara tidak langsung ekonomi Indonesia juga tumbuh.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.