Sukses

Modernisasi Pertanian, Kementan Beri Alsintan untuk 11 Kelompok Tani di Aceh Besar

Liputan6.com, Aceh Besar Kementerian Pertanian terus mendorong pertanian agar semakin modern. Kali ini, Kementan memberikan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada 11 kelompok tani di Kabupaten Aceh Besar. Bantuan tersebut diserahkan secara langsung di Kompleks Gedung Mekanisasi Alat dan Mesin Pertanian, Kuta Malaka, Sabtu (26/11/2022).

Bantuan Alsintan yang diberikan Kementan terdiri hand traktor singkal, pompa air cultivator oshoku IC 800, dan shark SP2000, serta hand spayer.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa bantuan yang diberikan adalah untuk mendukung modernisasi pertanian.

"Kementerian Pertanian akan terus mewujudkan pertanian yang maju, mandiri, dan modern. Hal tersebut akan kita wujudkan melalui alsintan," tuturnya.

Selaras dengan itu, Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Ali Jamil menuturkan bahwa modernisasi pertanian dicirikan dengan pemanfaatan teknologi, dalam hal ini penggunaan Alsintan.

"Oleh sebab itu, kita mengajak petani untuk mengalihkan cara-cara konvensional dan beralih ke pertanian modern," ujarnya.

Ia pun menambahkan bahwa Alsintan akan memudahkan dan membantu petani meningkatkan indeks pertanaman yang bisa mendukung peningkatan pendapatan petani.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pertanian Aceh Besar Jakfar menjelaskan bahwa bantuan alsintan merupakan wujud kepedulian dan respon dari Menteri Pertanian SYL saat melalukan kunjungan kerja ke Blang Miro, Simpang Tiga pada 4 Maret 2022. 

"Alhamdulillah, Pak Mentan sangat peduli dan bantuan ini sangat berguna bagi petani," ujarnya.

 

(*)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS