Sukses

LRT Akhirnya akan Tersambung ke Stasiun Manggarai

Pj Gubernur sempat mengusulkan penyambungan LRT DKI dari Stasiun Velodrom di Rawamangun ke Stasiun Manggarai. Ini menambah rute lama yang menuju Stasiun Halim.

Liputan6.com, Jakarta Moda lintas raya terpadu  atau LRT Jakarta akhirnya disetujui untuk terhubung ke Stasiun Manggarai. Usulan ini usai disepakati Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi atas permintaan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Budi Karya Sumadi mengaku, Pj Gubernur sempat mengusulkan penyambungan LRT DKI dari Stasiun Velodrom di Rawamangun ke Stasiun Manggarai. Ini menambah rute lama yang menuju Stasiun Halim.

Ini terungkap dalam rapat internal yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo terkait pengembangan LRT DKI dan LRT Palembang di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (2/11/2022).

Manggarai memang diproyeksikan sebagai stasiun sentral perkeretaapian di Jakarta yang memenuhi kebutuhan transportasi umum berbasis rel jarak dekat maupun jarak jauh.

"Tadi diusulkan Pak Gubernur ke Manggarai, saya setuju sekali. Kenapa? Manggarai menjadi central station, (kereta api) jarak jauh dan dekat semua di Manggarai termasuk (kereta) bandara," kata Budi Karya melansir Antara,

"Jadi kalau ada lalu lintas tambahan dari Velodrom menuju Manggarai, jumlah penumpang yang akan ke luar kota maupun ke bandara itu naik. Sebaliknya mereka dari bandara ke Manggarai bisa forwarding dengan head way yang relatif singkat," ujarnya menambahkan.

Penyambungan rute Velodrom-Manggarai untuk LRT DKI akan dilakukan dalam waktu dekat sebelum pembangunan fase ketiga yang meliputi Stasiun Dukuh Atas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan Permintaan Penyambungan

Sebelumnya, Pj Gubernur DKI Heru Budi pada Jumat (28/10) menyatakan belum memastikan kelanjutan proyek Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta Fase 2A karena mempertimbangkan prioritas anggaran Pemprov DKI.

"Nanti kami lihat apakah itu bisa kami lanjutkan, kan bisa juga dilanjutkan oleh gubernur periode berikutnya, periode 2024," kata Heru.

Untuk itu, pihaknya akan membahas proyek tersebut dalam pembahasan tersendiri, termasuk opsi pembiayaan proyek yang menghubungkan Stasiun Pegangsaan Dua di Kelapa Gading hingga Jakarta International Stadium (JIS) itu.

Proyek LRT Fase 2A sedianya melintasi enam stasiun pada segmen Britama, Artha Gading, Sunter Timur, Gelanggang Remaja, Sunter Barat, dan berakhir di JIS sepanjang 8,2 kilometer.

Namun, anggaran pembangunan LRT Fase 2A tidak tercantum dalam Rancangan APBD DKI 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.