Sukses

Bali Tetap Jadi Primadona Wisman ke Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Pemulihan ekonomi di sektor pariwisata sepanjang tahun 2022 mengalami perbaikan. Tercermin dari jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang mengalami tren peningkatan dari bulan ke bulan.

Di bulan September saja, jumlah kunjungan wisman mencapai 538.300. Angka ini mengalami peningkatan 5,50 persen (mtm) dan 10 ribu kali lipat dari dibandingkan tahun 2021.

"Kunjungan wisman di bulan September ini masih terus mengalami peningkatan sejak Januari 2022. Kunjungannya meningkat hingga 538 ribu wisatawan pada September," kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Setianto di Gedung BPS, Jakarta Pusat, Selasa (1/11/2022).

Berdasarkan pintu masuknya, Setianto mengatakan kunjungan wisman tertinggi melalui pintu Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar-Bali. Tamu asing dari pintu utama ini didominasi oleh wisman asal Australia, Perancis, Inggris, Jerman dan Amerika Serikat.

"(Mereka datang) dengan menggunakan visa kunjungan selama 30 hari," kata dia.

Sementara itu, pintu kedatangan terbesar selanjutnya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang-Banten. Para turis yang masuk melalui pintu ini berasal dari Malaysia, Singapura, China, Korea Selatan, Jepang dan India.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Paling Banyak dari Australia

Namun secara kumulatif, selama bulan September, kunjungan wisman terbesar berdasarkan negara asalnya yakni Australia, Singapura dan Malaysia.

Setianto mengatakan jika diakumulasi sepanjang tahun 2022, sejak Januari-September tercatat ada 2,68 juta kunjungan wisman.

Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan periode yang sama di tahun lalu sebesar 86.245 kunjungan wisman. Bahkan sepanjang tahun 2021 hanya ada 141.211 kunjungan wisman.

"Terlihat kenaikan kumulatif 2.000 persen karena kunjungan wisman tahun sebelumnya sangat sedikit. Kalau sekarang sudah 2 juta kunjungan wisman," kata dia mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

3 dari 4 halaman

Genjot Pariwisata, Garuda Indonesia Buka Penerbangan Narita-Bali

Maskapai pelat merah Garuda Indonesia kembali membuka penerbangan dari Jepang ke Indonesia. Kini yang dibuka adalah rute Narita-Denpasar PP.

Tujuan pembukaan rute ini adalah untuk mendorong tingkat wisatawan mancanegara, khususnya Jepang untuk melancong ke Bali. Pengoperasian kembali rute ini melengkapi konektivitas langsung dari Jepang ke Indonesia melalui rute Haneda – Jakarta PP yang telah dilayani sebelumnya.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan pengoperasian kembali rute ini menjadi upaya perusahaan dalam terus mengakselerasikan langkah pemulihan kinerja. Tapi sekaligus diselaraskan dengan komitmen Garuda Indonesia untuk terus berkontribusi pada program pemulihan pariwisata Bali sebagai salah satu destinasi wisata unggulan nasional.

“Pengoperasian kembali penerbangan ini selain merupakan upaya kami untuk mengoptimalkan momentum kembali dibukanya akses masuk dari dan menuju Jepang juga merupakan upaya kami untuk mengembangkan Bali sebagai hub strategis di wilayah Indonesia Tengah sebagai pintu masuk wisatawan mancanegara ke Indonesia," kata dia dalam keterangannya, Jumat (21/10/2022).

"Dibukanya kembali penerbangan Narita - Denpasar pp ini kedepannya juga akan terus dikembangkan untuk optimalisasi peluang pasar kargo khususnya bagi aktivitas ekspor komoditas unggulan di wilayah Indonesia Timur dan sekitarnya," tambah Irfan.

Menurutnya, pembukaan kembali penerbangan ini juga merupakan upaya perusahaan untuk mendukung gelaran internasional G20 yang akan dilaksanakan di Bali pada pertengahan November mendatang.

“Dioperasikannya kembali rute penerbangan ini menjadi outlook positif tersendiri dalam langkah pemulihan sektor transportasi udara terutama melalui peningkatan trafik penumpang internasional asal Jepang menyusul pembukaan kembali border antarnegara ini," tutur Irfan.

4 dari 4 halaman

Jadwal Penerbangan

Jadwalnya Narita – Denpasar pp nantinya akan dilayani tiga kali setiap minggunya. Yakni setiap Selasa, Kamis dan Sabtu dengan menggunakan armada Airbus A330-300 yang memiliki kapasitas sebanyak 251 penumpang dengan konfigurasi 36 business class dan 215 economy class.

Penerbangan Narita-Denpasar pp akan dilayani dengan GA881 yang diberangkatkan dari bandara internasional Narita pada pukul 11.00 LT dan akan tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali pada pukul 18.05 WITA.

Sementara itu, penerbangan Denpasar – Narita pp akan dilayani dengan GA880 dan diberangkatkan dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali pada pukul 00.25 WITA dan akan tiba di Bandara Internasional Narita pada pukul 08.40 LT.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS