Sukses

Daftar Pemain Sepak Bola Terkaya 2022, Teratas Bukan Ronaldo atau Messi

Siapa saja yang menjadi pemain sepak bola terkaya di dunia 2022?

Liputan6.com, Jakarta Pemain sepak bola dunia akan bersiap menghadapi Piala Dunia 2022 di Qatar pada 20 November s.d. 18 Desember mendatang. Mereka yang terpilih berarti menjadi pemain nasional terbaik dari negaranya yang kemungkinan pula termasuk sebagai pemain sepak bola terkaya.

Dari legenda seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi hingga bintang muda seperti Kylian Mbappe dan Erling Haaland, mereka tidak hanya mengesankan di lapangan, tetapi juga di bank. Sebab, aksinya di lapangan mampu membuat mereka mengumpulkan harta kekayaan yang berlimpah.

Lantas, siapa saja yang menjadi pemain sepak bola terkaya di dunia 2022?

Dilansir dari South China Morning Post, Jumat (21/10/2022), berikut ini adalah pemain sepak bola dengan bayaran tertinggi untuk musim 2022-23, berkat gaji yang tinggi, kesepakatan manis dengan merek raksasa seperti Nike dan Adidas, dan bisnis yang berbuah.

10. Kevin De Bruyne, 31 – USD 29 juta

De Bruyne telah menjadi superstar Manchester City dalam beberapa tahun terakhir. Pesepak bola asal Belgia itu menjadi pemain dengan penghasilan tertinggi kedua di Liga Inggris tahun ini dengan gaji mingguan USD 450.000, kedua setelah Cristiano Ronaldo, seperti dilansir Sportrac. Selain serangkaian bonus di atas, ia juga memiliki banyak dukungan dari Nike, EA Sports, dan Orange, menurut Sportingfree.

9. Andrés Iniesta , 38 – USD 30 juta

Legenda Barcelona bermain untuk FC Barcelona selama 22 tahun sebelum bergabung dengan klub Jepang Vissel Kobe pada tahun 2018. Pada waktu yang hampir bersamaan, Iniesta menandatangani kontrak pertamanya dengan merek selain Nike setelah 19 tahun mendukung merek tersebut. Dia juga memiliki kesepakatan yang menguntungkan dengan merek lain, seperti Nissan dan UFX.com hingga menghasilkan jutaan dari lapangan.

Fakta menarik lainnya, Iniesta memiliki kilang anggur, Bodega Iniesta, yang memproduksi sekitar 1,2 juta botol per tahun, menurut The Drinks Business. Pada bulan September tahun ini, menurut Japan TV, ia meluncurkan merek pakaian olahraganya sendiri Capitten di Jepang, yang semakin memperluas kerajaan bisnisnya.

8. Eden Hazard, 31 – USD 31 juta

Bintang Belgia lainnya dalam daftar ini adalah Eden Hazard, gelandang Real Madrid. Dia termasuk di antara lima pemain dengan bayaran tertinggi di La Liga, berpenghasilan lebih dari USD 600.000 per minggu, menurut AS.

Selain itu, Hazard juga merupakan bintang dari Nike selain dari berbagai merek seperti Sina Sports China, perusahaan mainan Topps dan Lotus Bakeries, menurut Goal. Penghasilannya yang besar memungkinkan dia untuk tinggal di rumah mewah senilai USD 11,2 juta serta mengendarai serangkaian kendaraan mewah, seperti Mercedes-Benz AMG GTR, Audi R8 V10, BMW X6, Audi RS4 Avant, Aston Martin Vanquish dan Mercedes C Class, menurut media Inggris.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

7. Robert Lewandowski, 34 – USD 35 juta

Salah satu striker terbaik dunia, Lewandowski, kebanggaan Polandia pindah dari Bayern Munich ke Barcelona dengan kesepakatan hampir USD 50 juta tahun ini, Football Espana melaporkan. Dia juga memiliki banyak kesepakatan dengan Nike, Huawei, Head & Shoulders dan merek air vitamin Oshee.

Mirip dengan Iniesta, Lewandowski juga seorang pengusaha. Mereknya RL9 muncul bermula sebagai lini pakaian. Akan tetapi, saat ini juga termasuk sebagai perusahaan game, kopi, dan makanan, menurut Marca. Seolah itu tidak membuatnya cukup sibuk, ia juga memiliki biro pemasaran dan periklanan bernama Stor9 dan sebuah restoran di Warsawa, Cafe Kafka.

6. Erling Haaland, 22 – USD 39 juta

Haaland Norwegia menjadi pemain termahal di Liga Premier saat ini. Setelah bergabung dengan Manchester City dari Borussia Dortmund musim panas ini, ia dilaporkan menghasilkan sekitar USD 1 juta per minggu, meskipun gaji pokoknya adalah USD 419.000 per minggu, menurut media Inggris. Forbes memperkirakan bahwa pendapatan endorsement Haaland mampu mencapai sekitar USD 4 juta per tahun dari merek-merek besar seperti Nike, Hyperice, Samsung dan Viaplay, bahkan memprediksi akan segera meningkat empat kali lipat.

5. Mohamed Salah, 30 – USD 53 juta

Mohamed Salah baru saja memperbarui kontraknya dengan klub seharga USD 60 juta selama tiga tahun, menurut CBS Sports. Angka itu meningkat dari kontrak lima tahun terakhirnya sebesar USD 44,5 juta sejak 2017 sebagai pemain dengan bayaran tertinggi klub, menurut Egypt Today.

Dia mengantongi USD 2,5 juta setiap tahun dari 10 tahun kontraknya dengan Adidas, mulai tahun 2020. Belum lagi, dia membawa pulang jutaan dolar dari merek lain, seperti Pepsi, Vodafone, Uber dan Oppo. Tahun lalu, dia juga mencoba bisnis real estate dengan meluncurkan dua perusahaan di Inggris, menurut Egypt Independent.

4. Neymar, 30 – USD 87 juta

Neymar membuat sejarah dengan transfer termahal yang pernah ada dari Barcelona ke Paris Saint-Germain dengan biaya astronomi sebesar USD 263 juta pada tahun 2017, menurut Forbes. Dengan kontrak barunya yang berlangsung hingga 2025, ia dilaporkan menghasilkan sekitar USD 36 juta per tahun. Selain itu, ia menghasilkan banyak uang di luar lapangan, hingga USD 40 juta per tahun, dari Nike, Puma, Gillette dan Red Bull.

Bahkan superstar Brasil itu juga memiliki tiga rumah mewah di Paris, Beverly Hills dan Brasil, sebuah kapal pesiar, jet pribadi, dan selusin supercar senilai lebih dari USD 10 juta, seperti Lamborghini Veneno, Aston Martin Vulcan, Maserati Mc12, Ferrari 458 Italia, dan Audi R8 Spyder. V10 Plus, menurut berbagai laporan.

 

3 dari 4 halaman

3. Cristiano Ronaldo, 37 – USD 100 juta

Sejak pindah kembali ke Manchester United pada tahun 2021, Ronaldo telah memegang posisi puncak di Liga Premier dengan gaji pokok sekitar USD 575.000 per minggu, menurut Sportrac. Pahlawan pendapatan Portugal di luar lapangan bahkan lebih tinggi daripada di lapangan, berkat kontrak seumur hidup senilai USD 1 miliar dengan Nike serta dukungan dengan Herbalife, Tag Heuer dan Clear.

Tidak hanya itu, dia juga menguasai dunia bisnis, menyebarkan kerajaannya termasuk jaringan hotel Pestana CR7, merek fashion CR7, restoran Zela, CR7 Crunch Fitness, penyewaan jet pribadi dan klinik rambut.

Ronaldo juga diketahui memiliki delapan rumah bernilai jutaan dolar di lokasi dari Lisbon, Madrid, dan Turin di Eropa, hingga Manhattan, AS. Dia juga memiliki koleksi mobil Bugatti Centodieci, Bugatti Chiron, Bugatti Veyron, Rolls-Royce Phantom, Rolls-Royce Cullinan dan Lamborghini Aventador LP 700-4 senilai USD 24 juta, di atas Ferrari dan Audinya, menurut Insider. Tak kalah, dia juga punya kapal pesiar senilai USD 7,2 juta dan dua jet pribadi.

2. Lionel Messi, 35 – USD 120 juta

Sama seperti sesama anggota klubnya Neymar, Messi juga mengumpulkan USD 35 juta per tahun setelah pindah dari Barcelona ke Paris Saint-Germain tahun lalu, menurut Insider. Tapi hampir setengah dari pendapatan ikon Argentina itu berasal dari luar lapangan.

Terlepas dari kesepakatan seumur hidup terbesarnya dengan Adidas di mana ia menghasilkan USD 25 juta per tahun, menurut Insider, penghasilan besar lainnya berasal dari dukungan Pepsi dan Budweiser. Dia juga dilaporkan menjadi pengusaha hotel pada tahun 2017, sebagai pemilik jaringan hotel Mim, serta bos mode Messi Store.

Untuk moda transportasinya yang mewah, ia mengalahkan saingannya Ronaldo dengan kapal pesiar senilai USD 14 juta. Ada pula koleksi mobil lainnya yang bernilai USD 50 juta termasuk mobil termahal di dunia, Ferrari 335 Sport Spider Scaglietti 1957, yang dikabarkan bernilai kira-kira USD 37 juta.

 

4 dari 4 halaman

1. Kylian Mbappe, 23 – USD 128 juta

Tidak hanya mengungguli Ronaldo dan Messi, bintang Paris Saint-Germain asal Prancis ini juga mencatatkan sejarah sebagai pemain termuda yang mencetak lebih dari USD 100 juta dalam satu tahun. Seiring dengan pendapatan kotor mingguan hampir USD 1,7 juta, Mbappe juga menghasilkan banyak uang dari Nike dan sebagai duta besar untuk pembuat jam tangan mewah Hublot dengan USD 1 juta per tahun.

Di musim panas ini ia meluncurkan perusahaan produksi bernama Zebra Valley, yang berfokus pada olahraga, musik, seni, teknologi, game, produk konsumen, dan budaya anak muda.

Kekayaannya itu membuat Mbappe memiliki rumah mewah senilai USD 9,5 juta di Neuilly-sur-Seine, area selebriti mewah di Paris, dan punya berbagai mobil mewah seperti Mercedes-Benz V-Class dan Ferrari.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.