Sukses

Industri Klining dan Laundry Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional

Liputan6.com, Jakarta Perekonomian global mengalami tekanan berat selama 2,5 tahun terakhir akibat pandemi, termasuk pertumbuhan ekonomi Indonesia, yang juga mengakibatkan perubahan dan pergeseran paradigma dari kehidupan sehari hari dan proses kerja berbagai lini usaha.

Selama pandemi, kebersihan menjadi prioritas utama dan berlanjut menjadi norma standar di masa sekarang, dimana pandemi lebih terkendali dan ekonomi mulai berangsur bergerak kembali.

Fasilitas umum, pelayanan masyarakat, gedung dan ruang publik memiliki kriteria dan standar baru untuk peningkatan mutu kebersihan dan sanitasi.

Sementara, di sisi laundry, pengusaha juga berusaha untuk meningkatkan kualitas dan hasil, bukan hanya dalam kapasitas laundry komersial dan industrial namun juga pada outlet laundry ritel seperti coin laundry dan kilo laundry.

“Dalam upaya meningkatkan kualitas, tidak hanya dengan dukungan produk atau teknologi yang membantu proses kerja klining di berbagai sektor, namun, kompetensi dari tenaga kerja yang melaksanakan juga perlu ditingkatkan, terutama dengan pelatihan dan sertifikasi sehingga dipastikan penggunaan teknologi dan pengetahuan mengenai kebersihan dapat optimal,” kata Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Klining Servis Indonesia (APKLINDO) Shiddiq, Kamis (6/10/2022). 

Hal yang senada diungkapkan juga oleh Asosiasi Profesi Laundry Indonesia (APLI), dimana tuntutan pasar akan jasa laundry yang bermutu dan memenuhi standar kesehatan turut mengubah peta dan pola kerja industri laundry nasional.

“Terutama pada usaha laundry yang melayani sektor pariwisata dan fasilitas kesehatan, standar dan kriteria pelanggan semakin tinggi. Pelaku usaha harus terus meningkatkan mutu kalau tidak mau ketinggalan. Meningkatkan mutu tentunya dengan menggunakan bahan pembersih yang berkualitas, mesin proses yang handal, proses kerja yang baik dan ketepatan waktu layanan. EXPO LAUNDRY ini menjadi momen yang tepat dan sepatutnya dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk mendapatkan update dan informasi produk dan teknologi,” kata Ketua Umum APLI Wasono Rahardjo.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Sejak 2014

PT Media Artha Sentosa telah menyelenggarakan EXPO CLEAN & EXPO LAUNDRY ini sejak tahun 2014, dan seiring dengan berkembangnya industri klining dan laundry di Indonesia, kegiatan ini terus mendampingi dan mengantisipasi kebutuhan industri sehingga dapat menghadirkan produk, teknologi dan solusi yang dibutuhkan.

Dengan dukungan penuh dari berbagai organisasi profesi dan industri, EXPO CLEAN & EXPO LAUNDRY juga menghadirkan berbagai seminar dari para organisasi pendukung, sehingga memberikan pengalaman pertukaran informasi dan pengalaman yang menyeluruh.

“EXPO LAUNDRY tahun ini sangat spesial setelah 2 tahun vakum karena ujian pandemi, dan ASLI telah beberapa kali menyelenggarakan seminar bagi para pengusaha laundry di ajang EXPO LAUNDRY, kali ini, pengurus ASLI mengusung tema Seminar ASLI (Asosiasi Laundry Indonesia) ‘BANGKIT dan TUMBUH Bersama Laundrypreneur Indonesia’. Tema ini didasari keyakinan ASLI bahwa laundry sebagai usaha yang membuka banyak lapangan kerja dan berperan menumbuhkan ekonomi bangsa, harus terus berinovasi, kreatif dan kompetitif. Dan itu wadahnya ada di ASLI,” kata Apik Primadya, Ketua Umum Asosiasi Laundry Indonesia – ASLI.

 

3 dari 3 halaman

Hadirkan 100 Perusahaan Ternama

EXPO CLEAN & EXPO LAUNDRY 2022 menghadirkan lebih dari 100 nama – nama terkemuka di bidang klining dan laundry dari 15 negara.

Diharapkan kegiatan ini dapat mendorong industri klining dan laundry di Indonesia untuk menjadi industri yang kompeten dengan kinerja yang profesional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.