Sukses

Coba Nih, 6 Tips Kelola Uang di Tengah Inflasi Biar Tak Boros

Liputan6.com, Jakarta Lonjakan angka inflasi yang sangat tinggi menjadi bencana besar bagi hampir sebagian negara. Alasannya, tingginya angka inflasi berarti kenaikan harga-harga kebutuhan pokok dan juga harga lainnya.

Jika tidak mampu mengelola keuangan dengan baik di tengah lonjakan angka inflasi, kamu mungkin bisa-bisa jatuh ke jurang kemiskinan. Karena itu, pada intinya setiap individu sebaiknya lebih mengehemat uang lagi mengingat adanya inflasi ini.

Bagaimana caranya? Misalnya, kamu bisa tidak bepergian terlebih dahulu, atau mengurangi kebutuhan pokok, dan masih banyak lagi.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini enam tips menghemat uang di tengah inflasi demi mengelola keuangan dengan baik seperti dikutip dari usnews.com, Jumat (30/9/2022):

Bepergian

Yang paling digarisbawahi ketika bepergian adalah Anda pasti selalu menginginkan kenyamanan. Sementara itu, kenyamanan pun tidak murah.

Penasihat keuangan dari GenWealth Financial Advisors di Bryant Arkansas, John Shrewsbury, mengatakan bahwa adanya kenyamanan saat bepergian berhubungan dengan harga yang signifikan.

Dia menyebutkan, menginap di hotel dekat tujuan Anda sering kali harganya jauh lebih tinggi daripada menginap di hotel yang sedikit lebih jauh.

“Sebagian besar maskapai mengenakan biaya untuk bagasi, jadi pengepakan secara efisien dapat menghemat USD 30 hingga 50,” kata Shrewsbury.

"Dan, di mobil sewaan itu, memompa bensin Anda sendiri untuk mengisi tepat sebelum Anda kembali akan menghemat beberapa dolar AS daripada membiarkan perusahaan persewaan mengisinya dan menagih Anda."

Memang, banyak pelancong bersedia membayar lebih untuk kenyamanan, itu tidak masalah. Akan tetapi, perlu diingat, jika Anda ingin menghemat uang dalam perjalanan, Anda bisa memilih keperluan yang lebih murah.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Bahan makanan

Mengelola belanja bahan makanan merupakan langkah strategis dalam menghemat. Konsultan belanja yang berbasis di Bakersfield California, Andrea Woroch punya banyak ide bagus. Jadi, sebelum Anda pergi ke toko, buatlah daftar belanjaan yang ingin dibeli terlebih dahulu.

Selain itu, dia mengatakan bahwa jika Anda mencari makanan segar yang mendekati tanggal kedaluwarsa, Anda dapat menghemat sekitar 70 persen. Jadi, pastikan untuk menghabiskan barang-barang itu sesegera mungkin sehingga bahan makanan itu tidak berakhir di tempat sampah.

Woroch mengatakan bahwa bahkan belanja bahan makanan online, dengan biaya pengirimannya, bisa lebih murah daripada pergi ke toko karena dapat membantu Anda menghindari pembelian makanan secara impulsif.

Bahan bakar

Tipsnya, rencanakan perjalanan. Ini memang bukan saran yang inovatif, kata kepala komunikasi di Pusat Pilihan Konsumen di sebuah kelompok advokasi konsumen dan organisasi Fabio Fernandes.

“Sayangnya, harga gas masih tinggi di banyak bagian Amerika Serikat, dan hanya ada sedikit hal yang dapat dilakukan konsumen yang bergantung pada mobil untuk meminimalkan dampaknya terhadap anggaran rumah tangga,” katanya. Namun, ia menyarankan untuk merencanakan perjalanan sebelum berangkat sehingga Anda dapat mengetahui jalur terpendek dari Titik A ke Titik B.

Fernandes menambahkan, "Saran lain yang jelas adalah mengemudi lebih sedikit."

“Tren bekerja dari rumah lebih kuat dari sebelumnya, dan jika pekerjaan Anda memungkinkan, minta majikan Anda untuk tinggal di rumah beberapa hari seminggu,” ujarnya

Utilitas

“Konsumen yang telah menggunakan penyedia yang sama untuk listrik, gas, dan terutama broadband cenderung merasa terlalu nyaman,” kata Fernandes. “Jika Anda tinggal di area dengan banyak penyedia layanan tersebut, jangan ragu untuk menghubungi mereka dan mendengarkan penawaran mereka. Pelanggan baru menikmati harga dan fasilitas khusus yang tidak dimiliki klien lama, jadi melihat persaingan mungkin bisa menghemat uang.”

Area kepuasan diri lainnya yang dapat merugikan konsumen adalah lupa mengubah cara Anda menggunakan peralatan, kata Fernandes.

“Jika menyangkut inflasi pada barang-barang rumah tangga, penjahat terbesar adalah utilitas,” katanya. “Konsumen dapat menghemat energi dengan mengurangi berapa kali mereka mencuci atau menjalankan mesin pencuci piring, atau bahkan dengan mengubah beberapa derajat termostat.”

 

3 dari 3 halaman

Tagihan

Terkait tagihan, selalu rutin periksa. Caranya Anda bisa meluangkan satu hari untuk menganalisis premi asuransi Anda.

“Anda dapat menurunkan premi asuransi sebesar 5% hingga 20% dengan menggabungkan layanan, meningkatkan pengurangan, dan membayar di muka,” kata Woroch.

Selain itu, Anda juga bisa berbelanja perbandingan untuk paket asuransi yang lebih murah. Woroch mengatakan bahwa kita semua harus menganalisis semua tagihan selama masa inflasi ini.

“Cari peluang untuk menghemat dengan membatalkan layanan yang tidak perlu, add-on, atau langganan yang tidak digunakan. Anda bahkan dapat menghentikan keanggotaan yang sebenarnya tidak Anda butuhkan saat ini,” katanya.

Hiburan

Selanjut terkait hiburan, sebaiknya Anda pilih kembali salah satu dari total yang disukai. Memang sulit karena TV, musik, film atau videogame memang hiburan yang membawa kegembiraan. Akan tetapi, inilah caranya berhemat.

Ini selalu rumit. Anda manusia. Baik itu TV atau musik atau film atau buku atau videogame, hiburan membawa kegembiraan. Dan apa yang sebagian orang anggap remeh, yang lain mungkin menganggapnya sangat penting, kata Brian Walsh, perencana keuangan bersertifikat dengan SoFi.com, sebuah bank online.

“Di awal karir saya, saya sedang mengerjakan rencana keuangan untuk klien yang bersiap untuk pensiun. Dia memiliki keanggotaan golf yang saya klasifikasikan sebagai pilihan dalam proyeksi pensiunnya, ”kata perencana keuangan bersertifikat dengan SoFi.com Brian Walsh.

“Dia dengan cepat mengoreksi saya bahwa ini adalah sumber utama kesenangan dan relaksasinya. Dia menjelaskan bahwa dia lebih suka pensiun bertahun-tahun kemudian daripada pergi tanpa biaya ini. Setelah itu, saya menyadari bahwa apa yang mungkin saya anggap sebagai pilihan sangat penting bagi orang lain karena kita semua memiliki prioritas yang berbeda,” jelasnya.

Dengan kata lain, jika Anda pergi ke bioskop beberapa kali sebulan dan suka melakukannya, teruskan. Jika Anda bermain golf atau tenis, lebih baik lagi, karena itu adalah latihan yang baik yang mungkin akan banyak membantu Anda dalam jangka panjang, lakukan.

Dengan catatan, jika Anda hidup dari gaji ke gaji, tidak ada salahnya untuk meninjau kembali pengeluaran hiburan. Misalnya, jika Anda dan teman pergi ke restoran dan bar yang mahal, Anda dapat mencoba pergi ke alternatif yang lebih murah.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.