Sukses

Pintu Dibuka Kembali buat Turis, Bhutan Kenakan Pajak Besar

Bhutan dibuka kembali untuk turis dengan kenaikan besar untuk pajak turis hariannya.

Liputan6.com, Jakarta Kerajaan Bhutan dibuka kembali untuk turis namun dengan menerapkan kenaikan besar untuk pajak harian bagi turis.

Sebelum negara itu menutup perbatasannya pada Maret 2020 sebagai tindakan terhadap pandemi Covid-19, wisatawan ke Bhutan diharuskan membayar tarif paket harian minimum USD 200-250 atau setara dengan Rp 3 juta-Rp 4 juta tergantung pada waktu dalam setahun.

Tarif tersebut mencakup biaya hotel, makanan, transportasi, dan pemandu wisata serta Biaya Pembangunan Berkelanjutan wajib sebesar USD 65 atau sekitar Rp 900 ribu.

Namun pada akhir Juni, Bhutan mengesahkan RUU Retribusi Pariwisata yang menghapus tarif paket harian minimum demi menaikkan Biaya Pembangunan Berkelanjutan dari USD 65 atau sekitar Rp 900 ribu menjadi USD 200 yaitu sekitar Rp 3 juta per orang per hari. Biaya perjalanan untuk hotel dan makanan, misalnya, tidak ditanggung oleh biaya tersebut.

Namun dikutip dari CNBC, Rabu (21/9/2022), negara ini memberikan potongan biaya untuk keluarga. "Ini 50 persen untuk anak-anak antara berusia 6-12 tahun dan gratis untuk anak-anak 5 tahun ke bawah," kata Raju Rai, CEO dari Heavenly Bhutan Travels.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kontribusi Aktif

Bhutan dengan kebijakan barunya mengatakan langkah itu sejalan dengan tujuan berkelanjutan negaranya untuk menarik pariwisata “bernilai tinggi tapi dengan volume rendah”.

Untuk memberikan turis kesempatan merasakan negara yang terkenal dengan otentisitas. Pengunjung harus "memberikan kontribusi aktif untuk pembangunan ekonomi, sosial dan budaya Bhutan," menurut situs web Dewan Pariwisata Bhutan.

Dewan Pariwisata mengatakan biaya akan digunakan untuk meningkatkan infrastruktur, melatih pekerja di industri perjalanan, melestarikan tradisi budaya, melindungi lingkungan dan menciptakan pekerjaan yang memberikan upah dan kondisi kerja yang adil.

Sam Blyth, Kepala The Bhutan Canada Foundation dan pendiri Trans Bhutan Trail, mengatakan biaya tersebut akan langsung digunakan untuk membantu masyarakat setempat.

“Uang yang dikumpulkan oleh pemerintah kemudian akan diarahkan kembali ke masyarakat dan untuk mendukung kesehatan dan pendidikan, yang gratis untuk semua orang Bhutan,” katanya.

3 dari 4 halaman

Apakah Wisatawan Akan Mendapat Manfaat?

Menurut Dewan Pariwisata, wisatawan juga akan mendapat manfaat dari kenaikan biaya. Standar dan sertifikasi untuk hotel dan operator tur akan direvisi sehingga akan meningkatkan pengalaman wisatawan.

Sebagai tambahan, para wisatawan akan memiliki lebih banyak fleksibilitas dalam merencanakan dan memesan perjalanan mereka sendiri, katanya.

Dewan Pariwisata mencatat bahwa tarif paket harian minimum “memiliki keterbatasan. Misalnya, Wisatawan, sering kali harus memilih dari paket wisata yang ditawarkan oleh operator tur, yang mengontrol pengalaman perjalanan bagi mereka. Dengan menghilangkan itu wisatawan akan dapat melibatkan penyedia layanan yang mereka inginkan secara langsung, dan membayar layanan mereka sesuai dengan itu.”

Menurut Dewan, Pemandu wisata tidak lagi wajib untuk semua perjalanan, tetapi mereka diperlukan untuk wisatawan yang berencana untuk melakukan perjalanan atau melampaui kota Thimphu dan Paro.

Agen perjalanan yang bisa mendapatkan visa untuk wisatawan, juga mengumpulkan pembayaran untuk biaya keberlanjutan, kata Sarah-Leigh Shenton, direktur pemasaran di agen perjalanan Red Savannah.

“Semua administrasi ditangani oleh tim kami, dan klien kami tidak perlu melakukan pembayaran secara lokal.” katanya

 

4 dari 4 halaman

Kritikus Versus Pendukung

Para kritikus berpendapat bahwa kenaikan pajak turis Bhutan adalah “elitis”, dengan semakin menutup pintu bagi wisatawan dengan anggaran rendah yang bermimpi untuk mengunjungi Bhutan.

Lebih lagi mengatakan kebijakan baru ini secara tidak proporsional mempengaruhi agen perjalanan yang melayani wisatawan yang ramah biaya.

Yang lainnya mengkritisi terhadap waktu, menyatakan aturan baru akan mencegah wisatawan berkunjung pada saat industri pariwisata negara itu terguncang dari penutupan perbatasan selama 2,5 tahun.

Namun, Dewan Pariwisata Bhutan mengatakan pandemi memberikan waktu yang tepat “untuk mengatur ulang sektor ini.” Ini juga mengisyaratkan mungkin menyambut kembalinya wisatawan secara perlahan.

"Kembalinya wisatawan secara bertahap akan memungkinkan peningkatan infrastruktur dan layanan secara progresif." katanya

Wendy Min, kepala urusan pemerintahan Trip.com untuk Australia dan Selandia Baru, mengatakan dia merasa biaya yang besar diperlukan untuk “menyaring wisatawan dan menjaga semuanya tetap terkendali.”

“Untuk negara kecil, tidak akan ideal bagi mereka untuk membuka sepenuhnya karena Anda tidak ingin Punakha, atau salah satu dari kota-kota ini, menjadi Kathmandu berikutnya,” katanya. “Saya benar-benar mengerti mengapa orang akan dimatikan oleh label harga, tetapi setiap orang berbeda dan sedang mencari pengalaman dan kenangan mereka.”

Mengutip Venesia, ia menyebut kenaikan biaya "The New Normal", di mana pejabat Italia telah mengindikasikan para wisatawan harian harus membayar antara 3 dan 10 euro (USD 3 dan USD 10) untuk masuk mulai Januari 2023.

Untuk saat ini, kenaikan biaya tidak akan berlaku untuk turis India, yang sebelum pandemi menyumbang sekitar 73% dari semua wisatawannya ke Bhutan, menurut laporan yang diterbitkan oleh Bhutan pada 2019.

Tapi itu juga bisa berubah. Dewan Pariwisata Bhutan mengatakan biaya harian USD 15 yang dibayarkan wisatawan India akan tetap berlaku selama dua tahun, dengan catatan "akan direvisi di lain waktu."

Blyth, yang mulai mengunjungi Bhutan pada tahun 1988, mengatakan dia tidak mengharapkan biaya baru secara negatif mempengaruhi minat di Bhutan begitu para wisatawan memahaminya.

“Pariwisata di Bhutan telah direstrukturisasi sehingga para wisatawan tidak lagi perlu lagi memesan melalui operator tur dan agen perjalanan dan dapat berhubungan langsung dengan penyedia seperti hotel, restoran, pemandu, dan perusahaan transportasi,” katanya.

“Layanan ini tidak mahal dan menghasilkan biaya keseluruhan, bahkan dengan biaya pariwisata baru, itu masih masuk akal.” Tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.