Sukses

Jumlah PNS Bakal Terus Turun, Didominasi PPPK

Saat ini jumlah PNS tercatat 3,9 juta orang. Padahal, sebelumnya jumlah PNS mencapai 4,5 juta orang.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) memprediksi tren jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan terus menurun. Justru ke depan, jumlah status pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) akan lebih banyak dibanding PNS.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, dalam Rakornas Kepegawaian Tahun 2022, yang dilaksanakan secara hybrid, Kamis (21/7/2022).

Bima menyampaikan, saat ini jumlah PNS tercatat 3,9 juta orang. Padahal, sebelumnya jumlah PNS mencapai 4,5 juta orang. Tapi jumlah ini kemudian ditambah dengan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja, yang sekarang ini jumlah 351.000 lebih, terutama guru.

“Guru, kita akan menerima PPPK dalam jumlah yang besar. Ke depan, bayangan saya PNS ini akan turun drastis, yang banyak adalah PPPK," kata Bima.

Oleh karena itu, BKN akan mengimplementasikan sistem di luar negeri, dimana pekerjanya banyak berasal dari status PPPK dibanding PNS. Jabatan-jabatan pelayanan publik itu nantinya kedepan akan menjadi jabatan-jabatan pegawai Pemerintah dengan perjanjian kerja.

“ PNS ini lebih pada jabatan pembuat kebijakan dan itu dilakukan seluruh dunia. Bahkan banyak negara yang tidak ada PNS-nya hanya ada PPPK. Jadi, kalau diluar sana secara internasional terminology digunakan civil servant dan government worker,” jelasnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perbedaan PPPK di Indonesia dan Luar Negeri

Perbedaan PPPK di luar negeri dengan di Indonesia yaitu di dalam negeri PPPK tidak mendapatkan tunjangan pensiun, sementara di luar negeri diberikan tunjangan.

“Jadi kalau lihat di Amerika firefighter, police, social worker, teacher, headworker itu PPPK atau government worker bukan civil servant. Australia atau New Zealand semuanya PPPK. Pembuatan kebijakannya pun termasuk dalam PPPK," ujarnya.

Di luar negeri PPPK-nya hanya mengerjakan pekerjaan secara project base, mereka bisa keluar dan meneruskan pada project yang lain.

Adapun hal lain yang membedakan antara PNS di Indonesia dan luar negeri, yaitu struktur usia PNS di Indonesia adalah segitiga terbalik, besar diatas kecil di bawah.

“Yang tua lebih besar daripada yang muda, ini bukan struktur SDM yang sehat. Kalau kita belajar siklus maka segitiga terbalik itu ada dititik paling bawah. Disini kemudian bentuknya seperti jam pasir. Kalau segitinya normal, itu yang paling atas (yang tua),” ujarnya.

Maka dari itu, BKN ingin mengubah struktur usia SDM dari PNS maupun PPPK, agar bisa lebih baik. Selain itu, di Indonesia masih banyak pegawai walaupun latar belakang pendidikannya S1 dan S2 tapi kompetensinya rendah.

“Jadi latar belakang pendidikan itu tidak berkorelasi dengan kompetensi,” pungkasnya.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Pemerintah Akan Buka 1.086.128 Formasi di Rekrutmen CPNS dan PPPK 2022

Pemerintah pada tahun ini siap kembali menggelar rekrutmen PNS atau ASN atau aparatur sipil negara untuk CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) ad interim, Mahfud MD, telah menerima usulan untuk rekrutmen CPNS dan PPPK 2022.

Adapun pemerintah pada formasi tahun ini akan lebih fokus merekrut eks tenaga honorer untuk jadi ASN.

"Jumlah rekrutmen pengadaan ASN tahun 2022 adalah 1.086128 orang/formasi jabatan," ujar Mahfud MD dalam rapat kerja bersama Komisi II DPR RI, Selasa (28/6/2022).

Secara total, akan ada sebanyak 1.035.811 formasi PPPK pada seleksi ASN tahun ini. Formasi terbesar dialokasikan untuk PPPK guru di pemerintah daerah sebanyak 758.018 orang, disusul PPPK fungsional non guru 184.239 orang.

Kemudian, pemerintah pusat akan menarik 45.000 formasi untuk PPPK guru, 25.554 formasi untuk jabatan teknis lain, 20.000 formasi dosen (Kemdikbud/Kemenag), dan 3.000 formasi dokter/tenaga kesehatan di bawah Kemenkes.

 

4 dari 4 halaman

Total Formasi

Sementara total formasi untuk CPNS 2022 berjumlah sebanyak 8.941 orang. Namun, peruntukan jelasnya belum disebutkan lebih lanjut.

Selain itu, Mahfud juga belum memaparkan lebih spesifik, kapan pengadaan formasi baru CPNS dan PPPK tahun ini akan dibuka.

Dia mengatakan, rekrutmen ASN 2022 memang akan berfokus pada seleksi PPPK guru dan tenaga kesehatan.

"Ini diputuskan dengan mempertimbangkan tenaga honorer atau non-ASN yang memenuhi syarat penyederhanaan birokrasi dan pengadaan ASN dengan memperhatikan kemampuan pembayaran gaji dan tunjangan sesuai peraturan perundang-undangan," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BKN atau Badan Kepegawaian Negara adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang memiliki tugas memanajen kepegawaian negara.

    BKN

  • PNS merupakan kependekan dari Pegawai Negeri Sipil.

    PNS

  • PPPK merupakan singkatan dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

    PPPK