Sukses

Keren! MIND ID Raih Juara Umum dalam Indogreen Environment & Foresty Expo 2022

Dalam acara puncak pameran tesebut, MIND ID mendapat apresiasi dan berhasil meraih predikat juara umum dalam perhelatan Indogreen Environment & Foresty Expo yang ke-12 tahun 2022.

Liputan6.com, Jakarta Pameran kehutanan terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah dibuka sejak hari Jumat (1/7). Pameran yang diberi tajuk Indogreen Environment & Foresty Expo tahun 2022 telah selesai digelar pada hari Minggu (3/7).

Dalam acara puncak pameran tesebut, MIND ID mendapat apresiasi dan berhasil meraih predikat juara umum dalam perhelatan Indogreen Environment & Foresty Expo yang ke-12 tahun 2022. MIND ID berhasil mengalahkan lebih dari 100 booth lainnya yang meramaikan pameran kali ini.

MIND ID atau Mining Industry Indonesia sebagai BUMN Holding Industri Pertambangan dengan anggota,  PT ANTAM Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk terus berkomitmen dan mendukung keberlangsungan lingkungan hidup dan kehutanan di Indonesia. Komitmen tersebut dibuktikan dengan adanya realisasi total area reklamasi sampai dengan tahun 2021 seluas 5.814 hektare.

Kepala Divisi Institusional Relations, Niko Chandra mengatakan reklamasi yang direalisasikan seluruh anggota MIND ID merupakan bentuk dari komitmen pelaksanaan tata kelola dan praktik operasional yang baik.

“Reklamasi yang dilakukan merupakan siklus dari operasional penambangan Grup MIND ID dan akan terus dijalankan di sepanjang beroperasi,” Ujar Niko.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan ke UMKM

Dalam pameran kali ini, MIND ID menghadirkan produk-produk hasil olahan tambang. Selain itu, Grup MIND ID juga turut membawa serta menyajikan produk-produk UMKM unggulan dan produk-produk ramah lingkungan dari masing-masing lokasi operasi.

Saat ini tercatat sudah lebih dari 6.500 UMKM binaan Grup MIND ID. Grup MIND ID mendorong setiap binaan UMKM untuk bisa naik kelas, sesuai dengan program dari kementrian BUMN.

Dukungan yang diberikan kepada UMKM diwujudkan secara spesifik dan sesuai kebutuhan. Dukungan tersebut terwujud dalam pelatihan kewirusahaan dan teknis, pengembangan kualitas produk, kemasan dan sertifikasi, bantuan pendanaan modal kerja, serta pengembangan pemasaran dan penjualan baik melalui sentra bisnis lokal maupun marketplace secara digital.

Selain itu, Grup MIND ID juga memberikan berbagai strategi pengembangan UMKM. Strategi tersebut di antaranya dalam bidang manajemen, modal usaha, strategi dan akses pemasaran, standar dan kualitas mutu, serta teknis produksi.

Dengan adanya strategi tersebut, diharapkan dapat menjawab tantangan-tantangan yang dihadapi oleh UMKM selama ini. Dan juga bisa membuat produk-produk yang cukup beragam UMKM dapat bersaing dengan produk lainnya yang tersedia di pasar.

“MIND ID terus berupaya mendorong UMKM untuk bisa menjadi bagian dari rantai pasok perusahaan sesuai dengan arahan Presiden dan Menteri BUMN,” tutup Niko.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini