Sukses

Top 3: Foxconn Ingin Bangun Ibu Kota Baru

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) berminat untuk investasi di ibu kota negara (IKN) Nusantara, khususnya pengembangan smart city di ibu kota baru.

Foxconn mengungkapkan minatnya pada pengembangan smart city melalui infrastruktur bus listrik (e-bus) dan jaringan IoT (Internet of Things).

Artikel mengenai keinginan investor asal Taiwan ini untuk ikut membangun ibu kota baru menjadi salah satu artikel yang banyak dibaca. Selain itu masih ada beberapa artikel lain yang layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Senin 27 Juni 2022:

1. Foxconn Ingin Ikut Bangun IKN Nusantara

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, mengutarakan niat perusahaan asal Taiwan, Foxconn yang berminat untuk investasi di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara.

Chairman Foxconn Young Liu menuturkan, pihaknya berminat menanamkan investasi di IKN untuk pengembangan smart city melalui infrastruktur bus listrik (e-bus), dan jaringan IoT (Internet of Things)

"Kami yakin bahwa kerja sama antara Foxconn dengan Pemerintah Indonesia ini dapat mencapai kesuksesan besar," ujar dia.

Simak artikel selengkapnya di sini

 

2 dari 3 halaman

2. Hati-Hati Penipuan, Beredar Situs Sertifikasi Halal Palsu!

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) meminta kepada pelaku usaha khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk waspada adanya situs atau aplikasi palsu Sistem Informasi Halal (SIHALAL). DIketahui terdapat sejumlah aplikasi yang meniru SIHALAL yang keberadaannya merugikan masyarakat.

Sekretaris BPJPH Arfi Hatim menjelaskan, situs resmi yang disiapkan pemerintah untuk mengajukan Sertifikasi Halal hanya ptsp.halal.go.id. Jika ada situs atau aplikasi lain yang menawarkan sertifikasi halal maka dipastikan palsu.

Arfi pun meminta masyarakat waspada untuk menghindarkan pelaku usaha dari penyalahgunaan data hingga penipuan saat mengajukan sertifikasi halal. Beredar di grup Whatsapp tautan situs sihalal.com. Di dalam situs tersebut terdapat form untuk mengajukan sertifikasi halal.

Simak artikel selengkapnya di sini

 

3 dari 3 halaman

3. PBB: 94 Negara Alami Krisis Pangan, Energi dan Keuangan

Dunia tengah menghadapi banyak tantangan. Di tengah upaya pemulihan ekonomi dari dampak pandemi Covid-19, hampir semua negara harus menghadapi deretan krisis akibat pecahnya perang antara Rusia dengan Ukraina.

Masalah utama seluruh negara di dunia saat ini adalah gangguan rantai pasok yang membuat harga berbagai komoditas melonjak. Bahkan Deputi Sekretaris Jenderal PBB, Amina J Mohammed mengaku sulit menemukan solusi efektif masalah ini.

Penyelesaian berbagai krisis terutama krisis pangan ini tidak akan bisa terjadi tanpa adanya paket kebijakan yang terintegrasi antar negara.

Simak artikel selengkapnya di sini