Sukses

Carsome Academy Latih Lulusan SMK jadi Inspektur Kendaraan Andal

Carsome Academy pihaknya akan memberikan pelatihan kepada lulusan SMA atau SMK untuk menjadi inspektur kendaraan andal yang memiliki keterampilan bertaraf internasional untuk siap bersaing.

Liputan6.com, Jakarta Platform e-commerce otomotif, Carsome, mendukung upaya pemerintah untuk menciptakan tenaga kerja yang memiliki keterampilan tersertifikasi dan siap kerja, khususnya di bidang otomotif.

CEO Carsome Indonesia Andrew Mawikere mengatakan melalui Carsome Academy pihaknya akan memberikan pelatihan kepada lulusan Sekolah Menengah Atas( SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk menjadi inspektur kendaraan andal yang memiliki keterampilan bertaraf internasional untuk siap bersaing.

"Kami mendukung terbentuknya tenaga kerja berketerampilan tinggi yang kompetitif untuk membentuk tenaga kerja yang siap pakai di industri guna mendorong kemajuan sektor otomotif tanah air," ujarnya dikutip dari Antara, Jumat (24/6/2022).

Lulusan Carsome Academy akan dibekali dengan pendidikan teknis selama tiga bulan melalui modul yang diberikan secara hybrid, serta enam bulan pelatihan praktik di Carsome.

Untuk mempersiapkan lulusan inspektur kendaraan yang siap bersaing di industri otomotif, para peserta program akan dibekali dengan teori dan pengalaman praktik berdasarkan standardisasi dan kualifikasi profesional dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

Menurut Survei Ketenagakerjaan Nasional (Sakernas) 2020, pedagang eceran dan reparasi kendaraan adalah sektor penyedia lapangan kerja tertinggi kedua di Indonesia, dengan kontribusi hampir 20 persen dari keseluruhan sektor.

"Kehadiran lembaga pendidikan ini di Indonesia diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam menjawab isu ketenagakerjaan, mengingat tingginya kemampuan daya serap lapangan kerja sektor otomotif di Indonesia," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pelatihan

Pada kesempatan itu Andrew menyatakan, pihaknya memberikan beasiswa kepada 30 orang pelajar dengan menyediakan opsi pendanaan melalui kerjasama dengan Edufund.

Para pelajar akan dilatih oleh pengajar bersertifikat yang menerapkan program pelatihan berstandar internasional selama sembilan bulan.

Kurikulum pelatihan ini menggabungkan pelatihan pendidikan serta keterampilan teknis dengan menerapkan rasio 70:30 dari pelatihan industri dan praktik teori secara hybrid dari pengajar bersertifikat dan berstandar internasional.

Kepala Seksi Perizinan Lembaga, Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Moh. Saeful Hasan menyatakan pihaknya menyambut baik keterlibatan swasta yang telah mendukung agenda nasional dalam menyiapkan tenaga siap kerja melalui Diklat Kejuruan Teknis (TVET), khususnya di bidang inspeksi kendaraan.

3 dari 3 halaman

Kolaborasi Bank Jago dan Carsome Indonesia untuk Pembiayaan

PT Bank Jago Tbk berkolaborasi dengan platform e-commerce jual beli mobil bekas di Indonesia PT Carsome Indonesia.

Kolaborasi antara Bank Jago dan Carsome Indonesia diresmikan melalui penandatanganan perjanjian kerja sama pembiayaan antara Bank Jago dan Carsome Indonesia pada 17 Mei 2022. Dalam kolaborasi ini Bank Jago menyalurkan kredit modal kerja kepada Carsome Indonesia.

CEO Carsome Indonesia, Andrew Mawikere,  menuturkan, di tengah meningkatnya jumlah orang yang melihat kendaraan pribadi sebagai moda transportasi teraman saat pandemi Covid-19, mobil bekas menawarkan kelebihan dari sisi keterjangkauan harga dan ketersediaan dan variasi unit.

"Kami menyambut baik kerja sama strategis dengan Bank Jago sejalan dengan upaya kami memperluas cakupan bisnis dan layanan Carsome hingga seluruh Indonesia dan menciptakan ekosistem kepemilikan mobil secara menyeluruh di Asia Tenggara," ujar dia dikutip dari keterangan tertulis Jumat (20/5/2022).

Ia menuturkan, melalui kerja sama Bank Jago dengan Carsome, pihaknya berharap dapat membuka lebih banyak nilai tambah dan manfaat kepada seluruh pemangku kepentingan, sekaligus memberikan layanan dan pengalaman terbaik bagi nasabah di Indonesia.

Sebagai bank berbasis teknologi, Bank Jago fokus pada kolaborasi dan sinergi dengan para pelaku ekonomi digital, seperti Carsome Indonesia.

Direktur Bank Jago Sonny Christian Joseph menuturkan, penyaluran kredit modal kerja ini diharapkan dapat mendukung bisnis Carsome Indonesia yang fokus kepada transaksi jual beli mobil bekas online.

"Kolaborasi ini menunjukkan komitmen kami dalam mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia,” ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini