Sukses

Sandiaga Uno Sebut Metaverse Jadi Sumber Lapangan Kerja Baru

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut potensi metaverse Indonesia sangat besar.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut potensi metaverse Indonesia sangat besar. Mengingat Indonesia memiliki potensi dengan 600.000 talenta digital per tahun.

Setidaknya ada potensi 30 juta UMKM yang bisa berkontribusi terhadap ekonomi mencapai USD 150 miliar pada 2025 mendatang. Namun potensi ini harus digarap dengan hati-hati agar tidak terjebak dalam euforia sesaat.

“Indonesia memiliki potensi luar biasa dan ini jadi peluang usaha kita untuk bisa meningkatkan aktivitas pembiayaan dan usaha. Sehingga bisa membuka lapangan kerja baru dan salah satunya di space Metaverse ini,” kata Sandiaga Uno dalam ajang Asia Tech Singapore (ATxSG) di Ritz Carlton, Singapore, dikutip Rabu (1/6/2022).

Menurutnya, Metaverse sebagai peluang digital yang oleh pihaknya sedang dalam tahap menciptakan Wonderverse Indonesia untuk 5 destinasi super prioritas. Saat ini, Wonderverse yang dibuat masih dalam tahapan beta.

Diharapkan dalam waktu tiga bulan ke depan bisa rampung dan diluncurkan hingga terpetakan dalam situs Metaverse. Sebab dia melihat banyak negara-negara di dunia melirik Indonesia karena aspek inovasi termasuk cepat beradaptasi dan kemampuan berkolaborasi.

“Apalagi karena jati diri kita adalah bergotong royong, jadi ini yang bisa kita bangkitkan ke depan dengan tentunya kerja bersama semua pihak,” kata Sandiaga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Minta Hati-Hati

Meski potensinya besar, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mengingatkan semua pihak agar lebih berhati-hati karena ada aspek euforia seperti halnya saat fenomena kripto.

Menurutnya ke depan harus benar-benar dilihat potensi Metaverse dalam upaya penyejahteraan rakyat dan membuka peluang kerja masyarakat.

“Kalau kita semuanya euforia seperti kripto kemarin ini yang sempat terjadi PHK, ini bisa terjadi juga di Metaverse. Kita harus saling mengingatkan, berhati-hati tapi tetap optimis itu yang harus menjadi poin yang harus kita garis bawahi,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Sandiaga Uno berbicara dalam sesi interaktif membahas tentang Metaverse bersama sejumlah narasumber lainnya. Antara lain CEO Branded Jasper Donat, Co-Founder & CTO Bolt Global Christel Quek, EVP and GM Global Mobile B2B/G Mobile Experience Samsung Electronics KC Choi, dan Managing Director EMEA ASEAN & India Epic Games, Quentin Staes-Polet.

3 dari 4 halaman

Sandiaga Uno Dorong UMKM Berbasis Digital Ciptakan Ekonomi Baru dan Lapangan Kerja

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI yang juga Founder OK OCE, Sandiaga Uno menghadiri secara daring kegiatan jumpa Halal Bihalal dengan seluruh komunitas penggerak OK OCE di Indonesia.

Menurut dia, saat ini perekonomian Indonesia sudah mulai berangsur membaik dan ada semangat untuk bangkit dan pulih.

Namun, kata Sandiaga, banyak dari para pelaku UMKM masih menghadapi tantangan ekonomi dampak dari pandemi Covid-19.

Karena itu, dia berharap UMKM bisa memainkan peran utamanya untuk membangkitkan perekonomian Indonesia.

Dorongan kepada UMKM, kata Sandiaga, untuk terus maju selalu digiatkan salah satunya dengan digitalisasi.

"Pada 2023 pemerintah telah menargetkan 30 juta UMKM masuk ke pasar digital atau e-commerce. Berbagai kolaborasi bersama pemerintah daerah hingga swasta terus kita upayakan. Sehingga dengan adanya digitalisasi diharapkan para UMKM dapat berdaya saing, menggenjot perekonomian, dan menembus pasar global," kata dia.

Sandiaga juga berharap pelaku usaha OKE OCE, untuk melakukan transformasi atau go digital.

"Saat ini baru belasan juta UMKM yang ter-digitalisasi. Inilah saatnya kita mengambil peran untuk membantu peralihan UMKM menuju era digital," kata dia.

4 dari 4 halaman

Terus Bergerak

Ketua Umum OKE OCE Indonesia Iim Rusyamsi menuturkan, pihaknya akan berusaha menciptakan ribuan lapangan kerja kedepannya dengan semangat dan dukungan seluruh penggerak serta berbagai progres penciptaan lapangan kerja di setiap tahunnya.

"Kami terus bergerak bersama OK OCE mencapai tujuan menciptakan lapangan kerja. Di awal tahun OK OCE memberi banyak benefit seperti, penerbitan 1000 sertifikat HKI, pembuatan kemasan produk UMKM oleh sebanyak 5200 buah kemasan," kata dia.

Sementara itu, Founder OK OCE lainnya Indra Uno memberikan menyebutkan pentingnya komunikasi antar selama pelaku UMKM.

Dengan adanya interaksi dan bertukar cerita tersebut kata Indra Uno nantinya para pelaku UMKM akan menemukan ide-ide yang terlintas di benaknya sehingga dapat menghasilkan kolaborasi dengan inovasi-inovasi yang telah terlintas sebelumnya.

"Dimana dari kolaborasi tersebut kemudian terciptalah sebuah transaksi. Jika hal tersebut dilakukan terus-menerus maka akan semakin meningkatkan transaksi yang mereka dapatkan. Maka, bagi para pelaku UMKM berbagi informasi adalah hal yang penting untuk terus dilakukan," kata Indra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.