Sukses

MDI Ventures hingga Bill Gates Suntik Rp 395,7 M ke Platform Farmasi SwipeRx

Liputan6.com, Jakarta - Platform apotek SwipeRx, (sebelumnya dikenal sebagai mClinica Pharmacy Solutions) mengumumkan telah mengantongi suntikan dana sebesar USD 27 juta atau sekitar Rp. 395,7 miliar dalam putaran pendanaan Seri B. 

Dalam pendanaan Seri B yang dipimpin MDI Ventures ini, terdapat sejumlah investor global yang berpartisipasi di antaranya Bill Gates & Melinda Gates Foundation, Johnson & Johnson Impact Ventures, Susquehanna International Group (SIG) serta investor-investor sebelumnya. 

Perusahaan yang berbasis di Singapura itu mengatakan, pihaknya akan memanfaatkan suntikan dana tersebut untuk mengakselerasi pertumbuhan di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia.

"Pertumbuhan kami sebagai sebuah perusahaan sangatlah pesat dan kami telah mampu merealisasikan visi kami untuk membangun jaringan farmasi terbesar di wilayah Asia Tenggara dalam beberapa tahun terakhir. Pendanaan kali ini menguatkan komitmen kami untuk mendisrupsi dan mendukung sektor farmasi yang sangat tersegmentasi agar dapat meningkatkan layanan kesehatan publik," kata Farouk Meralli, Founder dan CEO SwipeRx, dikutip dari rilis pada Selasa (24/5/2022). 

"Kami sangat gembira dapat menjadi pemimpin di pasar Asia Tenggara sebagai platform yang membantu transformasi dan digitalisasi industri farmasi, menjadikan kami platform satu pintu untuk berbagai keperluan dari edukasi, pembelian, hingga pembiayaan inventaris," tuturnya. 

SwipeRx juga mengungkapkan, pihaknya berencana menambah dan meningkatkan jaringan apotek untuk menjadi anggotanya, memperluas layanan logistik kesehatan untuk memenuhi kebutuhan pasar Business-to-Business (B2B), mengakselerasi inovasi teknologi serta mencari talenta baru di Asia Tenggara.

Sebelumnya mengumumkan suntikan dana terbarunya, perusahaan itu melakukan rebranding dengan mengubah nama dari mClinica Pharmacy Solutions menjadi SwipeRx, aplikasi utama perusahaan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Sekilas Tentang SwipeRx

Hingga saat ini, SwipeRx telah merekrut lebih dari 235,000 apoteker profesional dan bermitra dengan 45,000 apotek di Asia Tenggara. 

Platform apotek tersebut juga bermitra dengan perusahaan farmasi multinasional, pemerintah, dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) dalam membangun ekosistem farmasi yang komprehensif.

Didirikan oleh seorang veteran dalam bidang kesehatan masyarakat dan industri farmasi, yakni Farouk Meralli, ia menjadikan SwipeRx sebagai aplikasi unggulan farmasi dengan fitur all-in-one Business to Business commerce dan komunitas ahli-ahli farmasi terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Di Indonesia sendiri, lebih dari 8,000 apotek ritel, atau 1/4 dari seluruh apotek, sudah bergabung di platform SwipeRx.

Lebih dari 5,000 di antaranya juga bergabung dan bertransaksi dalam platform Business to Business-nya.

"Kami melihat potensi besar pada SwipeRx karena mereka mampu menjawab tantangan pada industri farmasi, terutama di Indonesia, dengan cara menghubungkan berbagai pengusaha – besar ataupun kecil – pada satu platform. Perusahaan farmasi dapat memanfaatkan keunggulan SwipeRx yakni sistem pembelian ritel terbesar, kapasitas logistik bertaraf nasional, opsi pembiayaan usaha dan platform B2B yang terintegrasi. Kami di MDI Ventures sangat senang bisa menjadi bagian dari langkah pertumbuhan SwipeRx selanjutnya untuk lebih sukses lagi di Indonesia dan Asia Tenggara," kata CEO MDI Ventures, Donald Wihardja.