Sukses

Intip Bocoran Soal SKD CPNS Sekolah Kedinasan 2022

Liputan6.com, Jakarta Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2022 telah menerima naskah soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk CPNS Seleksi Penerimaan CPNS Jalur Sekolah Kedinasan Tahun Anggaran 2022.

Naskah soal SKD Sekolah Kedinasan 2022 tersebut diterima secara simbolis mewakili Panselnas oleh Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Alex Denni, dari Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti.

Alex Denni menuturkan, Panselnas selalu intens menjaga komunikasi untuk mengawal kelancaran dan keamanan seluruh rangkaian proses pelaksanaan seleksi Sekolah Kedinasan Tahun 2022.

"Kita harus solid menjaga dan memastikan ASN atau CPNS kita sejak awal sudah di-treat sebagai profesional. Sehingga tidak ada ruang untuk kecurangan," ujar Alex dalam keterangan tertulis, Kamis (19/5/2022).

Soal SKD yang telah disusun akan digunakan dalam seleksi pada 8 instansi yang membuka pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2022. Soal terdiri dari tiga subtes, yaitu tes karakteristik pribadi (TKP), tes intelegensia umum (TIU), dan tes wawasan kebangsaan (TWK).

Diharapkan Alex, soal seleksi yang sudah disusun dengan sangat baik tersebut nantinya bisa menyaring CPNS yang merupakan bahan baku pengembangan human capital.

Tidak lupa, ia juga menyampaikan apresiasinya pada Kemendikbudristek selaku Tim Penyusun Naskah yang telah mengoordinasikan penyusunan naskah soal SKD CPNS untuk penerimaan mahasiswa/praja/taruna sekolah kedinasan dengan baik.

"Kami berharap rekan-rekan di Panselnas tetap semakin solid dan membuat bisnis proses ini bukan hanya traceable. Tetapi juga memungkinkan untuk kita melakukan continuous improvement dari waktu ke waktu," ungkapnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Disiapkan dengan Hati-Hati

Penyusunan soal seleksi sekolah kedinasan tahun 2022 disiapkan dengan penuh kehati-hatian dan melibatkan berbagai pihak dari lembaga pendidikan tinggi.

"Dan tentunya seluruh proses penyusunan soal mengikuti kaidah-kaidah yang sudah ada, mulai dari kisi-kisi yang sudah dibuat bersama dengan memperhatikan hasil evaluasi pelaksanaan sebelumnya," terang Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti.

Senada dengan Alex, Suharti berharap melalui penyusunan soal seleksi sekolah kedinasan bisa mendapat bibit unggul PNS yang kompeten dan memiliki komitmen ekstra.

"Dengan adanya tambahan ASN yang kita seleksi dengan amat baik ini semoga dapat berkontribusi signifikan dalam membangun Indonesia menjadi lebih baik lagi," pungkasnya.

3 dari 4 halaman

5 Instansi Sekolah Kedinasan 2022 Terfavorit, Pelamar Capai Puluhan Ribu

Badan Kepegawaian Negara (BKN) kembali memperbarui jumlah pelamar sekolah kedinasan 2022. Hingga saat ini, Politeknik Keuangan Negara STAN masih menjadi instansi yang paling banyak diminati dibanding yang lainnya.

Berdasarkan informasi dari BKN, per hari ini, Senin, 25 April 2022, peserta sekolah kedinasan yang membuat akun sudah melampaui ratusan ribu orang.

Meski sudah sebanyak itu, pendaftar sekolah kedinasan yang submit baru mencapai 65.902 orang. Sementara sisanya 116.099 orang, baru sampai tahap memilih sekolah kedinasan.

“Hi #SobatBKN, berikut mimin sampaikan update pelamar #Dikdin2022 per tanggal 25/4/2022 pukul 10.12 WIB. Buat Akun 442.277. Memilih Sekolah 116.099. Submit 65.902,” dikutip dari Instagram @bkngoidofficial, Senin (25/4/2022).

Oleh karena itu, bagi yang belum mengirimkan berkas, silakan segera registrasi dan melengkapi dokumen yang diperlukan. Sebab, pendaftaran akan ditutup beberapa hari lagi yaitu pada 30 April 2022 pukul 23.59 WIB.

 

4 dari 4 halaman

Intansi Paling Diminati

Di samping itu, PKN STAN masih menempati posisi teratas menjadi sekolah kedinasan yang paling banyak diminati. Disusul Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang berada di posisi kedua dan STIS di posisi ketiga.

Lebih lanjut, berikut ini rincian jumlah serta instansi yang paling diminati pelamar sekolah kedinasan 2022 per Senin, 25 April 2022 pukul 10.12 WIB.

1. Politeknik Keuangan Negara STAN: 12.612 pelamar

2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri: 10.896 pelamar

3. Politeknik Statistika STIS: 9.917 pelamar

4. Sekolah Tinggi Intelijen Negara: 6.899 pelamar

5. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika: 4.806 pelamar