Sukses

Ada Kabar Baik soal Investasi Tesla di Indonesia, Ini Bocorannya

Liputan6.com, Jakarta Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyampaikan update terbaru terkait negosiasi pemerintah dengan Tesla Inc, perusahaan mobil listrik miliarder dunia Elon Musk.

Bahlil mengatakan, sudah ada komitmen yang dihasilkan dari pertemuan Presiden Jokowi bersama Elon Musk terkait investasi Tesla. Meski begitu, dirinya enggan menyampaikan besaran nilai investasi tersebut.

"Saya sampaikan bahwa Tesla kemarin itu InsyaAllah akan diumumkan nanti pada waktunya. Pasti banyak wartawan nanya saya berapa investasinya, Bapak Presiden sudah membangun komitmen itu," katanya dalam acara Road to G20: Investment Forum Kementerian Investasi/BKPM, Rabu (18/5).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan bos Tesla dan SpaceX, Elon Musk di Gedung Stargate SpaceX, Boca Chica, Amerika Serikat, Sabtu (14/5).

Jokowi menjelaskan kunjungan kali ini merupakan tindak lanjut terkait arahannya kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan soal kerja sama dengan orang terkaya di dunia itu.

"Tindak lanjut perintah saya untuk berbicara dengan Elon mengenai investasi, mengenai teknologi, mengenai inovasi, dan sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang," kata Jokowi usai berkeliling melihat fasilitas produksi roket SpaceX, dikutip dalam keterangan pers, Minggu (15/5).

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tertarik dengan Indonesia

Sementara itu, Elon mengakui sangat tertarik dengan masa depan Indonesia. Dia optimistis tanah air memiliki energi positif.

"Saya rasa Indonesia memiliki potensi yang besar, dan saya rasa kita melalui Tesla dan SpaceX akan mencoba beberapa kerja sama dengan Indonesia," ujar Elon.

Dia juga tertarik untuk bekerja sama dengan Indonesia. Alasannya, lantaran tanah air memiliki potensi di banyak bidang.

"Kita akan melihat dari dekat bentuk kerja sama di banyak hal, karena Indonesia memiliki banyak potensi. Apalagi Indonesia memiliki jumlah populasi dan terus berkembang. Ini bagus karena kita membutuhkan banyak orang di masa depan," kata Elon.

3 dari 4 halaman

Usai Temui Jokowi, Elon Musk Berencana ke Indonesia pada November 2022

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertemu CEO Tesla Inc. Elon Musk di SpaceX, Boca Chica, Amerika Serikat, Sabtu, 14 Mei 2022. Dalam kesempatan ini, Jokowi mengundang Elon Musk untuk datang ke Indonesia.

"Saya kira, dia sangat tertarik sekali untuk segera datang ke Indonesia dan tadi saya sudah sampaikan untuk bisa datang di Indonesia," kata Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Minggu (15/5/2022).

Elon Musk pun menjawab undangan Presiden Jokowi. Dia menyampaikan berencana datang ke Indonesia pada bulan November tahun ini.

"Mudah-mudahan di Bulan November, terima kasih atas undangannya," ucap Elon.

Jokowi berkunjung ke SpaceX bertemu Elon Musk, setelah berdiskusi, keduanya meninjau fasilitas produksi SpaceX. Setelah kurang lebih satu jam berada di sana, Jokowi meninggalkan kawasan SpaceX.

Elon Musk mengaku sangat tertarik dengan masa depan Indonesia. Indonesia terlihat sangat optimistis terhadap masa depan dan memiliki energi positif.

"Saya rasa Indonesia memiliki potensi yang besar, dan saya rasa kita melalui Tesla dan SpaceX akan mencoba beberapa kerja sama dengan Indonesia," ujar Elon.

4 dari 4 halaman

Elon Musk Sebut Populasi Indonesia

Lebih lanjut, Elon juga mengatakan ketertarikannya untuk bekerja sama dengan Indonesia. Dia menilai Indonesia memiliki banyak potensi.

"Kita akan melihat dari dekat bentuk kerja sama di banyak hal, karena Indonesia memiliki banyak potensi. Apalagi Indonesia memiliki jumlah populasi dan terus berkembang. Ini bagus karena kita membutuhkan banyak orang di masa depan," jelas Elon.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akhirnya bertemu CEO Tesla Inc. Elon Musk di Space X, Boca Chica Amerika Serikat (AS), Sabtu, (14/5/2022). Dalam pertemuan itu, Jokowi berdiskusi dan meninjau pabrik produksi roket Space X bersama Founder Space X, Elon Musk.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi tiba di Gedung Stargate Space X sekitar pukul 10.30 waktu setempat dan disambut langsung oleh Elon Musk. Jokowi dan Elon Musk sempat melakukan pertemuan sebelum berkeliling melihat fasilitas produksi roket Space X.

Setelah peninjauan, Jokowi mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan tindak lanjut perintahnya kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk berbicara dengan Elon. 

  • Elon Musk adalah salah satu miliarder dunia yang berasal dari AS.
    Elon Musk
  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.
    Investasi
  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
  • Tesla