Sukses

Menkominfo Ungkap Starlink Akan Uji Coba di IKN pada Mei 2024

Menkominfo menuturkan uji coba layanan internet satelit Starlink milik Elon Musk itu akan digelar di IKN pada Mei 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Menkominfo (Menteri Komunikasi dan Informatika) Budi Arie Setiadi mengungkapkan informasi terbaru soal kehadiran layanan Starlink di Indonesia.

Dalam acara Halal Bihalal yang diadakan di Kantor Kominfo, Selasa (16/4/2024), Menkominfo menuturkan uji coba layanan internet satelit milik Elon Musk itu akan digelar dalam waktu dekat.

Disebutkan, uji coba tersebut akan dilakukan di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Mei 2024. Namun, Menkominfo belum mengungkap jadwal pasti uji coba layanan internet satelit itu di Tanah Air.

"Starlink itu melakukan uji coba di IKN. Nanti kita tunggu semua, pokoknya level of playing field-nya sama. Jadi, kita fair memberi kesempatan pada mereka untuk ikut, tapi harus memenuhi semua regulasi yang ada ada dan berlaku di Indonesia," tutur Menkominfo saat ditemui di Kantor Kominfo.

Disinggung soal kemungkinan layanan Starlink beroperasi di IKN pada Agustus 2024 bertepatan dengan HUT RI, Menkominfo menuturkan, hal itu mungkin saja terjadi tergantung dengan hasil uji coba nantinya.

"Kalau uji cobanya berlangsung baik, terus ULO-nya, uji laik operasinya kita keluarkan dan memenuhi semua peraturan UU yang berlaku di Indonesia, kita akan izinkan Starlink beroperasi," tuturnya menutup pernyataan.

Sebelumnya, Menkominfo Budi Arie Setiadi memang sempat mengungkap rencana uji coba layanan internet Starlink di Indonesia. Hal itu dilakukan setelah layanan internet satelit itu mengajukan perizinan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Starlink Ajukan Perizinan

Dijelaskan, Starlink kini telah mengajukan perizinan sebagai penyelenggara layanan VSAT (Very Small Aperture Terminal) dan ISP (Internet Service Provider) pada Kementerian Kominfo.

"Kalau di IKN (Starlink) itu bakal melakukan uji coba dan lagi diusahakan time table-nya (uji coba Starlink di IKN)," tutur Menkominfo saat bertemu dengan awak media awal bulan ini.

Meski sudah mengajukan izin, Menkominfo menegaskan, Starlink tetap perlu memenuhi regulasi yang ada di Indonesia.

Namun yang pasti, pemerintah membuka peluang bagi perusahaan telekomunikasi, baik nasional dan global untuk berinvestasi maupun mengembangkan ekositem digital di Indonesia.

Menyoal kehadiran Starlink mengancam operator yang sudah ada saat ini, Budi Arie menuturkan, dirinya masih harus melihat perkembangan nantinya.

3 dari 4 halaman

Starlink Buka Pendaftaran Langganan Internet di Indonesia Mulai Rp 750 Ribu Per Bulan

Lama jadi pembicaraan, internet berbasis satelit Starlink milik Elon Musk bakal resmi masuk Indonesia.

Sebelumnya menurut Menkominfo Budi Arie Setiadi, Starlink bakal melakukan uji coba layanan internet mereka di Indonesia. Kepastian ini ada setelah Starlink mengajukan perizinan.

Starlink, kata Menkominfo, mengajukan perizinan sebagai penyelenggara layanan VSAT (Very Small Aperture Terminal) dan ISP (Internet Service Provider) ke Kominfo.

Sementara itu, Starlink sendiri telah mulai menjajakan layanannya kepada masyarakat Indonesia. Hal ini diketahui dari website berbahasa Indonesia Starlink yang membuka pendaftaran bagi konsumen yang mau berlangganan.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Jumat (5/4/2024), melalui laman Starlink.com, Starlink yang dioperasikan di Indonesia oleh PT Starlink Services Indonesia ini bisa dipesan.

Selain itu, biaya langganan yang ditawarkan adalah Rp 750 per bulan atau Rp 7,8 juta untuk perangkat keras yang direkomendasikan.

Untuk bisa mendapatkan layanan internet satelit Starlink, mereka yang berminat perlu untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu. Nantinya, jika layanan Starlink sudah tersedia, pendaftar akan mendapatkan notifikasi. Selanjutnya, Starlink diklaim bakal siap dikirimkan.

Berikut cara untuk memesan paket internet Starlink Indonesia:

  • Buka laman Starlink.com
  • Isi kolom alamat dengan "Indonesia" di laman Starlink Indonesia
  • Klik "Pesan Sekarang"
  • Isi "Informasi Kontak" dengannama dan nomor telepon, juga isi "Alamat Pengiriman."
  • Klik "Melakukan Pemesanan"

Selanjutnya, laman akan mengkalkulasi berapa jumlah yang harus dibayar, termasuk biaya pengiriman dan penanganan.

4 dari 4 halaman

Infografis Konsep Future Smart Forest City di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini