Sukses

Presidensi G20 Diharap Picu Kebangkitan Ekosistem Kewirausahaan

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka mendukung ekonomi kerakyatan dan mewujudkan agenda transformasi ekonomi berbasis digital serta memperkuat inklusi keuangan di Indonesia.

Baqoel, sebuah perusahaan startup yang bergerak di bidang ritel penyedia logistik kebutuhan bahan pokok dengan platform distribusi hadir ditengah-tengah masyarakat dari tingkat nasional hingga ke daerah-daerah di Indonesia.

Hal tersebut dikatakan oleh CEO dan Founder Baqoel, Dhian Arinofa dalam acara diskusi panel Presidensi G20, yang digelar di Bali, Jumat, 13 Mei 2022 lalu.

Dhian menyampaikan, Presidensi G20 diharapkan menjadi momentum penting untuk mendorong pemberdayaan dan peranan UMKM dalam membangkitkan ekosistem kewirausahaan di Indonesia.

"Kami berharap, Indonesia sebagai tuan rumah Presidensi G20 bisa mendorong pemberdayaan dan peranan UMKM sehingga bisa membangkitkan ekosistem kewirausahaan" kata Dhian dalam keterangan pers di Jakarta, Senin (16/5/2022).

Dhian menjelaskan, Baqoel didirikan untuk memberdayakan ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan ruangan rumah untuk berusaha serta dengan modal yang cukup terjangkau melalui pola perputaran modal penjualan yang relatif cepat.

Bahkan pihaknya mensupplai kebutuhan barang dagang dengan harga yang terjamin murah, sehingga diharapkan masyarakat dapat bersaing dengan ritel lain.

Dhian juga mengungkapkan, sampai saat ini Baqoel sudah membuka cabang dan alur distribusi di banyak daerah antara lain Jakarta, Bekasi, Bengkulu, Tasik, Ciamis, Cianjur dan menyusul di beberapa kota lagi seperti Makassar, Palu, cirebon dan daerah lainnya.

Pihaknya juga bekerjasama dengan Pemda setempàt untuk memastikan program ini berjalan tepat guna dan tepat sasaran kepada masyarakat yang ingin berdaya dan mengubah hidupnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Pembukaan Cabang

Ia menambahkan, dalam setiap pembukaan cabang, pihaknya selalu memastikan dengan mendirikan gudang persediaan sehingga alur repeat order dan stock barang dagang terjamin serta barang dipastikan langsung sampai ke mitra Baqoel.

"Kami memastikan alur supply dan stocking barang yang terjamin. Supplier kami langsung dari pabrik sehingga harga yang kami berikan ke mitra kami, dapat menjadi kompetitif" ungkap Dhian.

"Kami percaya, di saat kita bergerak bersama dan bermanfaat luas, bisnis akan terus berkembang karena feedback positif yang saling membutuhkan,” sambungnya.

Dhian menjelaskan, sudah hampir lebih dari 1000 warung atau kios serta lebih dari belasan ribu Mitra yang sudah daftar dan menjadi jaringan Baqoel di seluruh Indonesia.

"Dan secara sistem, kami telah siap dan terbukti berhasil menjaga konsistensi proses operasional usaha sesuai yang kami janjikan” jelasnya.

 

3 dari 3 halaman

Bersinergi dengan Pemerintah

Oleh karena itu, lanjut Dhian, Baqoel siap bersinergi dengan Kemenko, Pemerintah Daerah, Provinsi serta pemerintah Kabupaten Kota untuk membantu memastikan upaya wirausaha warung rumahan ini bisa disupport dan program ini dapat berjalan nasional.

Dhian menambahkan, pihaknya memiliki program unggulan "Usaha Dimodalin" yang berkolaborasi dengan beberapa lembaga keuangan agar akses penyediaan dana dapat tersedia tanpa jaminan. Program ini juga akan menyasar ribuan UMKM di tahun 2022.

Program unggulan ini merupakan pinjaman modal warung rumahan untuk didorong naik kelas menjadi mini market rumahan dengan pinjaman awal tanpa bunga atau 0 % dan dicicil selama 2 bulan.

"Kita targetkan bisa menggandeng 4000 sampai 10000 pengusaha UMKM di Indonesia, Baqoel menjadi penjamin setelah melewati penyaringan calon mitra penerima bantuan usaha" ujar Dhian.

Dhian juga menjelaskan, aplikasi Baqoel saat ini telah tersedia di Google Play dan IOS, sehingga dengan hadirnya aplikasi ini, masyarakat dan mitra Warung, UMKM dan Perusahaan dapat lebih mudah melakukan pemesanan.

"Masyarakat tidak hanya bisa membeli secara offline namun bisa memesan dari aplikasi secara online. Barang diantar hingga tujuan dengan biaya Gratis Pengantaran untuk di wilayah sekitar Jabodetabek,” ujarnya.

"Mari bersama Baqoel bersinergi dan bersama membantu ekonomi masyarakat yang terbina sukses, konsisten dan hebat sesegera mungkin" pungkasnya.***