Sukses

Pesan Sri Mulyani ke BLU Rumah Sakit: Jangan Korupsi dan Harus Pakai Produk Dalam Negeri

Jika pengelola BLU di bidang kesehatan terus menjaga integritas, maka dipastikan dapat membangun rumah sakit yang baik, tentunya dengan alat kesehatan produksi dalam negeri yang tidak kalah dari sisi kualitasnya.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, mengatakan tata kelola di rumah sakit harus diperbaiki terutama rumah sakit yang masuk kategori Badan Layanan Umum (BLU). salah satunya adalah dengan mematuhi arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membeli produk dalam negeri.

"Pengadaan alat kesehatan seperti Bapak Presiden sampaikan coba untuk melihat dari industri nasional, jangan ada korupsi, konflik kepentingan, karena alat-alat kesehatan penting bagi pelayanan kesehatan namun juga penting dari sisi keuangan BLU," kata Sri Mulyani dalam Rakor Badan Layanan Umum (BLU) 2022, Rabu (30/3/20220).

Menkeu menjelaskan, jika para pengelola BLU di bidang kesehatan terus menjaga integritas, maka dipastikan dapat membangun rumah sakit yang baik, tentunya dengan alat kesehatan produksi dalam negeri yang tidak kalah dari sisi kualitasnya.

"Jangan sampai rumah sakit justru menjadi salah satu sumber dari masalah tata kelola,” imbuhnya.

Lebih lanjut, kata Menkeu, saat ini banyak tantangan pembangunan yang secara otomatis menjadi tantangan kinerja bagi BLU, karena BLU merupakan alat instrumen pemerintah untuk bisa mencapai tujuan dan target-target pembangunan.

“Jadi, dalam hal ini bapak dan ibu sekalian terus-terus menyadari bahwa keberadaan BLU dan oleh karena itu peranan bapak dan ibu sekalian sebagai pimpinan, pengelola, dan pengawas adalah dan harus terus-menerus dikaitkan dengan tujuan pembangunan,” ujar Sri Mulyani.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Transparansi dan Akuntabilitas

Menurut Menkeu sangat perlu untuk terus meningkatkan kinerja transparansi dan akuntabilitas dalam tata kelola BLU. Alasannya, karena pekerjaan rumah Pemerintah masih banyak, terutama dalam mengembangkan kualitas sumber daya manusia.

“Pendidikan dan kesehatan menjadi faktor yang sangat penting menentukan kemampuan kita untuk bisa memperbaiki kualitas sumber daya manusia. Selama pandemi kita juga memahami bahwa dua aktivitas yang begitu penting bagi masyarakat terutama di dalam memupuk generasi muda yang berkualitas sangat dipengaruhi oleh pandemi,” pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.