Sukses

Ubah Jalur Pipa, Terminal LPG Tanjung Sekong Hemat Listrik 108.000 kWh per Tahun

Salah satu konsumsi listrik paling besar di komplek terminal LPG adalah di area operasional plant refrigated LPG.

Liputan6.com, Jakarta - Terminal LPG Tanjung Sekong komitmen dalam mendukung program efisiensi energi. Salah satu cara yang dijalankan adalah berinovasi untuk mengurangi konsumsi listrik.

Terminal LPG Tanjung Sekong dikelola oleh PT Peteka Karya Tirta (PKT), anak usaha PT Pertamina International Shipping (PIS). Terminal ini berperan dalam pendistribusian Gas LPG kepada pelanggan di Regional Jawa Bagian Barat, meliputi provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten.

Beroperasi penuh selama 24 jam setiap hari, penggunaan listrik di terminal LPG Tanjung Sekong terhitung cukup besar yakni rata-rata mencapai 57.362 kWh per bulan.

Salah satu konsumsi listrik paling besar di komplek terminal LPG adalah di area operasional plant refrigated LPG, di mana area ini memiliki sarfas operasional seperti Bog, Sea water pump, dan electrical transfer pump yang kebutuhan listriknya tinggi.

Tim Terminal LPG Tanjung Sekong kemudian menerapkan inovasi yang menjadi pionir dalam perubahan mekanisme operasional, yang sebelumnya menggunakan 2 pompa dan menghasilkan daya lebih besar kini bisa menjadi satu pompa.

“Metode pengurangan penggunaan listrik pada pompa Bog Condensate ini dilakukan dengan modifikasi jalur pipa,” ujar Direktur Utama PT Peteka Karya Tirta (PKT) Hari Purnomo, dalam keterangan tertulis, Kamis (17/3/2022). 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penghematan

Modifikasi dilakukan di jalur pipa BOG yang menuju tangki timbun LPG mix, sehingga proses pemindahan liquid LPG jaraknya lebih menjadi lebih dekat dan bisa dilakukan dengan satu unit pipa.

Efisiensi energi dengan penggunaan satu unit pipa ini pun mampu menghasilkan penghematan sebesar 108.000 kWh per tahun atau sebesar Rp 85.518.180,- sesuai dengan hitungan tarif listrik yang berlaku.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.