Sukses

Jakarta PPKM Level 3, Pengusaha Cemas Tak Bisa Bayar THR Lebaran

Pengusaha berharap penerapan PPKM Level 3 di Jabodetabek dan wilayah lainnya tidak berlangsung lama.

Liputan6.com, Jakarta Pengusaha berharap penerapan PPKM Level 3 di Jabodetabek dan wilayah lainnya tidak berlangsung lama. Apalagi, sebentar lagi akan ada momen Ramadan dan Idul Fitri yang notabene akan meningkatnya aktivitas ekonomi.

Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan pihaknya khawatir jika pembatasan terjadi berlangsung lama. Pasalnya, itu akan berpengaruh pada operasional usaha terlebih di sektor UMKM.

“Makanya kita berharap juga agar PPKM level 3 ini tidak terlalu lama agar momentum bulan Ramadhan dan Idul Fitri ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh pelaku usaha,” katanya kepada Liputan6.com, Selasa (8/2/2022).

Ia menilai beban pengusaha akan bertambah saat menjelang Idul Fitri, misalnya perlu memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada karyawannya. Jika PPKM diperpanjang, ia khawatir pengusaha tak mampu memberikan tunjangan itu.

“Tentu akan menjadi masalah tersendiri lagi,” katanya.

Ia menilai momentum Idul Fitri merupakan puncak perputaran uang terbesar di Indonesia. kemudian, momentum ini harus dimanfaatkan oleh pelaku usaha semaksimal mungkin untuk memperkuat arus kasnya untuk mampu bertahan di tengah ketidakpastian akibat Covid-19.

“Kita juga mendorong dan mendukung penuh agar Pemerintah terus mengenjot program suntikan booster kepada seluruh masyarakat utamanya di Jabodetabek, Jabar, Jatim, Jateng dan Bali untuk memperkuat imunitas masyarakat sehingga dampak omicron dapat diminimalisir,” katanya.

Kemudian, ia mendorong Satgas Penanganan Covid-19 untuk lebih aktif melakukan sosialisasi, pengawasan dan memberikan sanksi kepada pelanggar protokol kesehatan.  

“Berbekal pengalaman dua tahun lalu kita yakin dengan partisipasi dan kesadaran semua pihak serta berbagai antisipasi yang dilakukan Pemerintah kasus covid 19 varian omicron ini akan segera dapat dikendalikan,” tuturnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berhemat

Lebih lanjut Sarman mengatakan ada sejumlah langkah yang akan diambil oleh pengusaha untuk berusaha bertahan dari pembatasan yang berlaku. Salah satunya dengan melakukan penghematan pengeluaran.

“Strategi bertahan pastinya akan dilakukan melalui penghematan, kemudian akan melakukan inovasi penjualan secara online walaupun tidak semua sektor bisa melakukan hal ini,” kata Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang Pengembangan Otonomi Daerah ini.

Di sisi lain, ia meminta pemerintah juga melanjutkan berbagai stimulus. Seperti relaksasi dan keringanan hingga bantuan modal bagi pelaku UMKM.

“Agar tetap dilanjutkan sampai Covid-19 ini berlalu, agar beban pengusaha itu lebih ringan dan bisa bernafas,” ungkapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.