Sukses

BERANI BERUBAH: Bonsai Kelapa Ukir Karya Pensiunan ASN Bernilai Tinggi

Pensiunan ASN Puji Hartono menjadi seorang seniman bonsai kelapa ukir untuk mengisi waktu luang. Hasil karyanya bisa terjual dengan harga cukup mahal.

Liputan6.com, Jakarta - Puji Hartono merupakan seorang pensiunan ASN sejak 4 tahun yang lalu. Namun, berdiam diri di rumah dan hanya menikmati hari tuanya bukanlah sesuatu yang senang dia lakukan. Puji lebih suka menyibukkan diri mempelajari hal baru.

Karenanya, untuk mengisi waktu, dia mulai mencari pengetahuan tentang cara membuat bonsai kelapa ukir. Ketika pandemi COVID-19 menghantam, dirinya yang menjadi semakin sering berada di rumah akhirnya membuat bisnis dari bakat otodidaknya itu.

“Awal 2020 kebetulan ada bahan-bahan kelapa yang sudah tua dari depan rumah itu. Saya kok punya ide mau bikin kerajinan bonsai kelapa,” tutur dia kepada Tim Berani Berubah.

“Awalnya memang agak kesulitan tapi saya nggak bosan-bosan untuk belajar atau cari pengetahuan tentang cara membuat bonsai kelapa ukir,” sambung dia.

Siapa sangka, yang tadinya hanya untuk mengisi waktu, kini bisa menghasilkan uang. Puji bisa menjual karyanya mulai dari harga Rp 500 ribu hingga Rp 2 juta. Alasannya, karena bonsai kelapa ukir buatannya adalah suatu karya seni yang unik.

Salah satu pembelinya, Lia Febrianti mengaku begitu menggemari hasil karya Puji. Menurutnya, bonsai kelapa ukir buatan Puji tidak ada duanya dan memiliki nilai seni yang tinggi.

“Unik ya dan mempunyai daya seni yang orang suka seni itu kan beda dengan tanaman yang lainnya,” ungkap Lia.

“Terus proses pembuatannya juga dari kelapa seharusnya kan tumbuhnya tinggi besar ke atas kok ini bisa sih kelapa dibikin pendek gitu,” lanjutnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengajak Belajar Bersama

Puji mengaku, usaha bonsai kelapa ukirnya ini membuat dia menjadi terus semangat berkarya meski sudah pensiun. Dia pun mengajak agar peminat bonsai lainnya ikut belajar bersama dengannya.

“Boleh, saya juga sering menawarkan ke pertemuan-pertemuan RT siapa yang mau belajar monggo saya siap bimbel bonsai kelapa ukir gratis. Monggo silahkan datang ke sini,” ujar Puji.

“Di masa pensiun ini harus tetap semangat, tetap kreatif, tetap berkarya, supaya Berani Berubah!” dia mengakhiri.

Pastinya cerita ini menjadi kisah inspiratif untuk pantang menyerah di saat kondisi terpuruk. Yuk, ikuti kisah ini maupun yang lainnya dalam Program Berani Berubah, hasil kolaborasi antara SCTV, Indosiar bersama media digital Liputan6.com dan Merdeka.com.

Program ini tayang di Stasiun Televisi SCTV setiap Senin di Program Liputan6 Pagi pukul 04.30 WIB, dan akan tayang di Liputan6.com serta Merdeka.com pada pukul 06.00 WIB di hari yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.