Sukses

Tren Penerbangan Mulai Meningkat, Menhub Wanti-Wanti Kemampuan Pilot

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mewanti-wanti aspek keselamatan di tengah tren penerbangan di tanah air yang menunjukkan peningkatan. Salah satunya, kondisi pilot jadi satu hal yang jadi perhatian khusus Menhub Budi.

Menhub Budi mengatakan, sejak awal pandemi, industri penerbangan mengalami tren penurunan hingga minus 20 persen dibanding sebelum pandemi. Itu sekaligus mencatatkan kontraksi terbesar dibanding industri lainnya. Namun kondisinya kini sudah mulai kembali meningkat hingga 60-70 persen.

“Perbaikan kondisi tersebut menggembirakan, tetapi bukan berarti tanpa tantangan. Tantangannya yaitu memastikan aspek keselamatan tetap terjaga. Selain pesawat yang sudah lama tidak beroperasi, juga kondisi pilot yang sudah sekian lama tidak terbang menjadi perhatian utama,” katanya dalam Kongres VII Ikatan Pilot Indonesia, Selasa (11/1/2022).

Menhub Budi menjelaskan, semua pihak harus memastikan proses pemulihan industri penerbangan dapat berjalan dengan baik, salah satunya dengan memperhatikan kondisi kru penerbangan.

“Harus diperhatikan kompetensi, lisensi, kesiapan mental, fisik, dan kesehatan mereka. Semua harus dipersiapkan dengan baik,” ujar Menhub.

Menhub meminta Ikatan Pilot Indonesia (IPI) untuk ikut berkontribusi membantu pemerintah untuk mengingatkan para anggotanya, karena kondisi pilot sangat berpengaruh terhadap keselamatan penerbangan.

“Tetap semangat, berfikir positif, dan terus memberikan dukungan. Ini penting untuk dilakukan, sehingga ekosistem penerbangan kita dapat benar-benar pulih dari pandemi,” tutur Menhub.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Komitmen

Sementara itu, Ketua IPI periode 2019-2022 Capt. Iwan Setyawan mengatakan IPI selaku organisasi profesi yang menaungi para pilot, berkomitmen penuh untuk menjaga keselamatan penerbangan dan berupaya membantu pemulihan ekonomi di sektor penerbangan.

“Terima kasih kepada pak Menhub dan jajaran Ditjen Perhubungan Udara, yang selalu meluangkan waktu untuk membuka dan menghadiri kongres tahunan IPI, serta memberikan arahan yang berharga, supaya kami tetap solid dan menjadi organisasi profesi yang profesional dan dinamis,” ujarnya.