Sukses

Erick Thohir Sudah Siapkan Kapal Lain untuk Mantan Dirut PLN Zulkifli Zaini

Menteri BUMN Erick Thohir diketahui sedang menyiapkan posisi baru bagi Zulkifli Zaini.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir diketahui sedang menyiapkan posisi baru bagi Zulkifli Zaini pasca dicopot dari jabatan Direktur Utama PT PLN (Persero). Zulkifli Zaini sendiri digantikan oleh Darmawan Prasodjo setelah keluar kesepakatan dari Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Meski menyebut sedang menyiapkan tempat baru, Menteri Erick Thohir enggan menyebutkan dimana Zulkifli Zaini akan berlabuh nantinya.

"Pak Zul (Zulkifli Zaini) bersepakat sama saya, pak Zul bisa tetap bantu saya di tempat lain, tunggu aja tempat lainnya di mana," kata Erick Thohir kepada wartawan, ditulis Kamis (9/12/2021).

Ia menyebutkan pergantian posisi Dirut PLN yang dilakukan beberapa waktu lalu itu terkait dengan percepatan penerapan Energi Baru Terbarukan (EBT) atau renewable energy.

Ia juga menegaskan tak ada masalah yang jadi landasan pengalihan jabatan dari Zulkifli Zaini ke Darmawan Prasodjo.

"Tetapi di PLN harus lakukan percepatan renewable energy, kebetulan dari kesepakatan dengan pak Darmo (Darmawan Prasodjo) yang diputuskan (untuk) lakukan itu, semua baik-baik, ga ada apa-apa," terangnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Darmawan Prasodjo Jadi Dirut PLN

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN tahun 2021 memutuskan mengangkat dan menetapkan Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PLN, menggantikan Zulkifli Zaini. Surat Keputusan RUPS disampaikan oleh Menteri BUMN di Kantor Pusat PT PLN (Persero) di Jakarta dan berlaku sejak 6 Desember 2021.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan dalam mengelola perusahaan terutama dalam BUMN, seorang pemimpin harus menyandarkan tanggung jawab yang diemban dengan hati dan keikhlasan.

"Karena bagaimanapun juga, jabatan yang diberikan kepada kita tak lain sebuah amanah. Amanah untuk memberikan kontribusi sebesar-besarnya kepada negara dan memiliki dampak sosial seluas-luasnya berupa peningkatan pelayanan kepada masyarakat," ucap Erick dalam keterangan tertulis, Senin (6/12/2021).

Menurutnya, Zulkifli Zaini, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PLN sejak Desember 2019, dinilai telah memimpin perusahaan yang melayani kebutuhan hidup seluruh rakyat Indonesia ini dengan hati dan keikhlasan.

"Amanah dalam mengelola PLN untuk bertahan dan tetap melayani, serta meringankan beban masyarakat miskin dan tidak mampu saat pandemi COVID-19 mengisyaratkan beliau memahami komitmen yang diemban," tutur Erick.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.