Sukses

Menteri BUMN Erick Thohir Dapat Gelar Adat Dulur Baduy

Saat prosesi penyematan gelar Dulur Baduy, Erick Thohir didamping oleh tokoh suku Baduy dan juga disaksikan puluhan warga Baduy.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendapatkan gelar adat Dulur Baduy dari masyarakat Baduy. Prosesi penyematan gelar Dulur Baduy berlangsung di saung adat Baduy, pada Rabu siang 20 Oktober 2021.

Saat prosesi penyematan gelar Dulur Baduy, Erick Thohir didamping tokoh suku Baduy dan juga disaksikan puluhan warga Baduy.

Jaro Saija mengatakan penyematan Dulur Baduy merupakan rasa ucapan terima kasih tertinggi karena Erick Thohir langsung menemui korban kebakaran kampung Baduy.

"Penyematan ini dilakukan sebagai bentuk rasa terima kasih kepada pak menteri karena telah mengunjungi titik paling selatan di Baduy," kata Jaro Saija.

Pada prosesi ini, Erick Thohir disematkan baju adat Baduy yang didominasi warna hitam serta lomar atau ikat kepala khas yang didominasi warna biru.

Pada prosesi penyematan gelar adat ikut mengiringi permainan angklung warga Baduy. Angklung tersebut sejatinya hanya dimainkan hanya satu tahun sekali saat musim tanam atau kepada tamu-tamu khusus.

Penyerahan gelar adat ini langsung diapresiasi Erick Thohir yang mengucapkan terima kasih atas kepercayaan suku Baduy atas gelar yang diberikan padanya.

Erick menggambarkan jika perasaan saat diberi gelar Dulur Baduy sama ketika diminta menjadi Menteri BUMN.

Ketika diminta menjadi Menteri BUMN dia menilai ini merupakan tanggung jawab yang besar, sebab sepertiga perekonomian Indonesia adalah BUMN.

"Tentu pikiran dan tenaga saya harus memfokuskan tanggung jawab sebagai menteri BUMN. Perasaan ini sama ketika saya digelarkan dulur Baduy, tentu ini juga harus dipertanggungjawabkan maksimal mungkin," jelas dia.

Erick berjanji, setelah menerima gelar Dulur Baduy akan mengimplentasikan nilai-nilai suku Baduy.

"Jika dilihat intisari dari suku baduy adalah menjaga, melestarikan alam. Tentu ini harus saya wujudkan agar menjaga dan melestarikan alam baik itu saya sebagai individu atau jabatan sebagai Menteri BUMN. Tentu, BUMN harus menjadi perusahaan yang memastikan menjaga alam Indonesia," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertama Kali ke Orang Luar

Salah satu tokoh suku Baduy Ayah Mursyid menjelaskan jika penyematan Dulur Baduy ke Erick Thohir merupakan yang pertama diberikan kepada orang luar.

Ayah Mursyid mengatakan proses penyematan Dulur Baduy ke Erick Thohir melalui proses yang panjang.

"Gelar Dulur Baduy ke Pak Erik Thohir itu melalui musyawarah antara tokoh-tokoh Baduy dengan Jaro Saija menyepakati agar diberikan gelar Dulur Baduy ke pak Erick," jelas dia.

"Ini juga lebih ke firasat untuk gelar dulur. Lalu disepakati dengan tokoh-tokoh dan juga jaro. Berharap gelar ini menjadi suatu keberhasilan untuk bersama, seperti ekonomi lebih maju, kemakmuran, untuk warga baduy dan juga masyarakat lebih luas," dia menandaskan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.