Sukses

Hai Generasi Muda, Kata Sri Mulyani Miliki 4 Keterampilan Ini Bila Ingin Jadi Pemimpin

Sri Mulyani membeberkan jika ada empat ketrampilan yang harus dimiliki generasi muda agar bisa menjadi pemimpin masa depan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Para generasi muda dinilai memiliki kesempatan luas menjadi calon pemimpin masa depan untuk membangun Indonesia.

Namun, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan, peluang tersebut bisa menjadi sia-sia apabila tidak ditunjang dengan ketrampilan yang mendukung.

"Anda relatif masih muda memiliki kesempatan luas, namun kesempatan ini tidak akan bisa dimanfaatkan apabila tidak menyiakan dengan baik dari sisi kemampuan intelektual maupun dalam kemampuan Anda untuk berorganisasi dan memimpin," tuturnya dalam webinar Analisis Lingkungan Ekonomi dan Bisnis Terhadap Disrupsi di Sektor Transportasi, Jumat (8/10/2021).

Bendahara negara ini pun membeberkan jika ada empat ketrampilan yang harus dimiliki generasi muda agar bisa menjadi pemimpin masa depan Indonesia.

Ini antara lain ketrampilan berpikir kritis (critical thinking), kreatifitas (creativity), komunikasi (communication), dan kolaborasi (collaboration).

Upaya mencapai atau memiliki semua ketrampilan tersebut, Sri Mulyani meminta kegiatan pembelajaran tidak hanya memfokuskan dari sisi materi pelajaran semata.

Hal yang juga perlu dilakukan adalah mengasah kemampuan siswa untuk berfikir kritis hingga mempelajari ketrampilan berkomunikasi secara baik.

"Tentu saya berharap di dalam proses belajar, Anda akan mendapatkan tidak saja dari sisi konten. Namun juga dari sisi skill untuk terus meningkatkan kualitas dari cara berfikir," tutupnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Sri Mulyani ke Milenial: Tidak Ada Cita-Cita yang Mudah Dicapai

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengimbau kepada seluruh generasi muda Indonesia atau milenial agar tidak mudah menyerah dalam menggapai cita-cita.

Pesan ini diberikan Sri Mulyani mengingat tidak ada satu pun cita-cita yang gampang untuk di capai.

"Kalau ada cita-cita yang mudah berarti bukan cita-cita. Karena itu adalah sesuatu yang rutin," terangnya dalam webinar Analisis Lingkungan Ekonomi dan Bisnis Terhadap Disrupsi di Sektor Transportasi, Jumat (8/10/2021)

Bendahara negara ini melanjutkan, bangsa Indonesia sendiri memiliki cita-cita yang luar biasa tinggi. Yakni mampu menjadi negara yang maju, bermartabat, makmur, sejahtera, dan adil

"Ini berarti membutuhkan kerja keras dari kita semuanya, seluruh generasi ke generasi," terangnya.

Oleh karena itu, Sri Mulyani mendorong generasi muda Indonesia agar tidak menjadi pribadi yang mudah menyerah dalam menggapai cita-cita. Diantaranya dengan tidak menjadi generasi yang mudah mengeluh atas permasalahan yang timbul.

"Tetaplah bersemangat. Dan saat anda menghadapi kesulitan yakinkan itu adalah bagain dari proses perjuangan," terangnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.