Sukses

Bank Indonesia Diramal Tahan Suku Bunga Acuan di 3,5 Persen

Bank Indonesia (BI) pada hari ini akan mengadakan Rapat Dewan Gubernur (RDG) untuk September 2021.

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia (BI) pada hari ini akan mengadakan Rapat Dewan Gubernur (RDG) untuk September 2021. 

dalam RDG ini, Ekonom sekaligus Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah memprediksi BI akan mempertahankan suku bunga acuan di level 3,5 persen.

"Karena ada beberapa pertimbangan. Saya memperkirakan BI sudah memperhitungkan bahwa tapering off The Fed baru dilakukan semester II tahun 2022, jadi masih cukup lama. Saya perkirakan BI masih akan melanjutkan kebijakan moneter longgar untuk membantu pemulihan ekonomi nasional," ungkapnya saat dihubungi Merdeka.com, Selasa (21/9/2021).

Selain itu, dampak tapering nanti juga diyakini akan berbeda dengan tahun 2013 lalu. Sehingga, dipastikan tidak akan ada taper tantrum pada tahun ini maupun tahun depan.

"BI dalam beberapa kesempatan menyatakan keyakinan yang sama. Jadi, tidak perlu ada kekhawatiran akan tapering off The Fed," tegasnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Buru-buru

Oleh karenanya, Piter meyakini BI tidak akan terburu-buru mengambil kebijakan terkait tapering off The Fed. Walhasil, fokus BI tetap menjaga momentum perekonomian domestik yang saat ini mulai pulih seiring meredanya pandemi Covid-19.

"Inflasi masih terjaga dan rupiah juga relatif stabil. Karena itu saya perkirakan BI akan mempertahankan suku bunga acuan," tandasnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.