Sukses

CEO Tesla Elon Musk Puji Pembuat Mobil China Sebagai yang Paling Kompetitif di Dunia

CEO Tesla, Elon Musk memuji pembuat mobil China - menyebutkan sebagai yang paling kompetitif di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Elon Musk memuji pembuat mobil China sebagai "yang paling kompetitif di dunia" di sebuah forum online pada Jumat (17/9).

CEO Tesla Inc. itu juga memuji keamanan data dan "potensi besar" China sebagai pasar untuk kendaraan listrik.

Dikutip dari Bloomberg, Jumat (17/9/2021) Musk menunjukkan kehadirannya melalui sebuah pra-rekamannya di acara World New Energy Vehicle Congress, yang berlangsung di pulau Hainan, China selatan.

Diketahui bahwa kendaraan listrik terbesar di dunia dan sangat penting bagi Tesla, terutama setelah beberapa bulan dilanda isu yang berdampak pada reputasinya di negara itu.

"Saya sangat menghormati banyak pembuat mobil China untuk mengemudikan teknologi kendaraan listrik," kata Elon Musk dalam cuplikan pidato yang berdurasi hampir tiga menit.

Musk mencatat bahwa pembuat mobil di China sangat kuat pada perangkat lunak.

"Sentimen publik dan dukungan untuk kendaraan listrik berada pada titik belok yang belum pernah terlihat sebelumnya karena mereka tahu itu adalah masa depan,” ujar Musk.

Tahun ini, Tesla telah mengalami serangkaian kemunduran setelah awalnya disambut di China - termasuk menjadi satu-satunya pembuat mobil asing yang diizinkan untuk sepenuhnya memiliki operasi lokalnya dan menerima dukungan untuk pabriknya di dekat Shanghai.

Sebuah protes oleh pemilik yang tidak puas di pameran mobil Shanghai pada April 2021 menjadi viral di media sosial dan diikuti oleh serentetan kecelakaan dan pengawasan peraturan terhadap masalah keselamatan, data, dan layanan pelanggan Tesla.

 Tesla juga menghadapi persaingan yang lebih ketat di China dari startup kendaraan listrik lokal, termasuk Xpeng Inc., Li Auto Inc. dan Nio Inc.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tesla Pastikan Keamanan Data Kendaraan Listriknya di China

 

Dalam video pernyataannya di acara World New Energy Vehicle Congress, Elon Musk juga membahas keamanan data dengan mengatakan hal itu adalah landasan industri yang sedang berkembang.

"Tesla akan bekerja dengan otoritas nasional di semua negara untuk memastikan keamanan data intelijen dan kendaraan yang terhubung," kata Musk.

"Dengan pesatnya pertumbuhan teknologi mengemudi otonom, keamanan data kendaraan menarik lebih banyak perhatian publik daripada sebelumnya," tuturmya.

Awal tahun ini, China meminta Tesla menyimpan semua data yang dikumpulkan oleh mobil-mobilnya secara lokal, setelah kendaraan itu dilarang memasuki kompleks militer dan beberapa wilayah pemerintah karena khawatir kamera mereka dapat digunakan untuk aktivitas mata-mata.

Tesla, dalam tanggapannya, segera berjanji untuk mematuhi permintaan dan mendirikan pusat data di China.

Tesla bulan lalu memposting iklan pekerjaan untuk posisi termasuk pengacara privasi data, dan untuk manajer hubungan eksternal awal pekan ini.

Sementara itu, Wang Jun, chief operating officer divisi solusi otomotif cerdas, Huawei Technologies Co., menegaskan kembali bahwa raksasa jaringan itu tidak berencana membuat mobil sendiri. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.