Sukses

Mahasiswa Mau Magang Jadi Anak Buah Sri Mulyani? Ada Kesempatan Nih

Menteri Keuangan Sri Muyani menyambut baik kerja sama Kementerian Keuangan dengan universitas dalam rangka pemagangan.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyambut program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang digagas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi untuk para mahasiswa. Salah satunya dengan lewat kerja sama Kementerian Keuangan dengan universitas dalam rangka pemagangan.

Sri Mulyani mengatakan program pemagangan ini merupakan upaya mendekatkan mahasiswa dengan dunia kerja, khususnya pada pengelolaan keuangan negara. Program ini menurutnya bisa menjadi solusi sekaligus tantangan bagi Kementerian Keuangan dalam rangka pengelolaan keuangan negara.

"Bagi kami mendekatkan dunia kerja dengan pengelolaan negara ini solusi dan tantangan" kata Sri Mulyani dalam Sambutan Penandatanganan MoU (Unpad, UPN Veteran, UNEJ) dalam rangka program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka, Jakarta, Jumat (3/9/2021).

Lebih lanjut dia menjelaskan, program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka ini menjadi solusi bagi pemerintah dalam upaya transparansi, edukasi dan berbagi informasi kepada masyarakat dalam mengelola keuangan negara. Program ini bisa menjadi sarana pemerintah untuk membuktikan pengelolaan negara dilakukan secara akuntabel, tanggung jawab sekaligus memberikan pemahaman mendasar mengenai kewarganegaraan dan warga negara.

"Bagaimana kita sebagai bangsa memahami keuangan negara dan uang negara itu berasal dari mana dan kelolanya gimana, itu basic dan mengenai akuntabilitas dan pemahaman kebijakan yang diambil," kata dia.

"Bagi saya ini solusi supaya generasi muda, terutama yang belajar di kampus atau perguruan tinggi memahami mengenai sebuah pemahaman dasar mengenai mengurus negara dari sisi keuangan, dan tantangan," sambungnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tantangan Kemenkeu

Di sisi lain program ini menjadi tantangan bagi Kementerian Keuangan dalam rangka menciptakan suasana belajar di pemerintahan.

Suasana kerja yang memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa yang magang agar bisa mengambil pelajaran selain mendapatkan pengalaman bekerja di institusi pemerintahan.

"Karena kami pun terus melakukan pengembangan di dalam institusi Kementerian Keuangan sebagai institusi corporate university. Jadi ini kita ciptakan sebagai lahan, ladang biar kita belajar. Ini akan jadi interaksi yang menarik dan tantangan tapi memberikan harapan," kata dia.

Sri Mulyani optimis adanya kerja sama ini akan melahirkan berbagai ide-ide baru yang bisa dicoba dan dikembangkan. Selain itu, program ini akan menimbulkan interaksi antara dunia kampus dengan Pemerintah. Interaksi antar kalangan akademisi seperti rektor, dosen dan para pengajarnya dengan Kementerian Keuangan.

"Saya optimis dan positif, ini kan menimbulkan ide-ide baru dan ini akan jadi semangat dan motivasi buat kampus," kata dia mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.