Sukses

Apakah PPKM Jawa Bali Diperpanjang Lagi, Begini Prediksinya

Keputusan apakah PPKM Jawa Bali diperpanjang lagi atau tidak akan diputuskan pemerintah pada hari ini.

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat masih menanti apakah PPKM Jawa Bali akan diperpanjang lagi atau tidak oleh pemerintah. Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira memprediksi kebijakan perpanjangan PPKM level masih terus berlanjut.

Meski prediksinya, pemerintah akan menurunkan level PPKM di beberapa daerah. Misalnya, daerah dengan tingkat vaksinasi yang cukup tinggi, kasus harian covid-19 yang menurun, serta tingkat keterisian rumah sakit yang membaik.

“Diperkirakan PPKM akan diturunkan ke level 1 dan 2 di beberapa daerah,” jelas dia saat dikonfirmasi Liputan6.com.

Adapun kebijakan PPKM Jawa Bali akan kembali diputuskan pemerintah pada hari ini. Sementara luar Jawa Bali baru akan dievaluasi pada 6 September 2021 nanti.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Luhut Binsar Pandjaitan sebelumnya mengatakan jika pemerintah akan terus menerapkan PPKM selama masa pandemi Covid-19 belum usai.

Namun, penetapan besara level dikembalikan kepada capaian dan perkembangan daerah terkait.

Dengan demikian, akan ada perbedaan level di tingkat-tingkat daerah yang juga sejalan dengan pelonggaran bagi kegiatan ekonomi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anjuran ke Masyarakat dan Pemerintah

Bhima menuturkan pemerintah perlu all-out dalam penerapan PPKM dan menjalankan program stimulus.

Itu karena hanya tersisa waktu sebulan untuk menentukan pertumbuhan ekonomi di kuartal ke-III 2021.

“Waktu hanya tersisa 1 bulan lagi hingga September sehingga antara pelaksanaan PPKM dan stimulus pemerintah harus all out menjaga agar ekonomi tidak kontraksi negatif seperti kuartal ke-III tahun lalu yang minus 3,49 persen year on year,” jelasnya.

Dia juga menekankan perlu adanya evaluasi khususnya setelah sektor industri manufaktur dibolehkan untuk beroperasi secara penuh. Penerapan PPKM juga menentukan seberapa cepat Indonesia bisa keluar dari tekanan ekonomi.

“Apakah ada klaster baru di pabrik atau kawasan industri? Kemudian bagaimana penerapan prokes dan tracing bagi pekerja? Jika PPKM bisa efektif maka semakin cepat Indonesia keluar dari tekanan ekonomi di kuartal ke III,” tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.