Sukses

Kasus Covid-19 di Indonesia Turun, Menko Luhut: Jangan Jumawa

Indonesia jangan Jumawa ketika mampu menurunkan kasus harian disaat negara lain masih mengalami peningkatan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Indonesia jangan Jumawa ketika mampu menurunkan kasus harian Covid-19 disaat negara lain masih mengalami peningkatan.

“Kalau kita lihat sekarang Indonesia mampu menurunkan kasus harian di saat negara lain masih mengalami peningkatan. Kasus konfirmasi harian dan kasus aktif di Jawa-Bali telah turun signifikan tapi kita harus super hati-hati, tidak bisa kita Jumawa seolah ini selesai,” kata Luhut dalam Rakornas APINDO ke-31, Selasa (24/8/2021).

Menurutnya, belajar dari pemimpin di banyak negara lain yang mengklaim sudah bisa mengendalikan pandemi covid-19 di negaranya, namun ternyata negara mereka terkena pandemi lagi.

“Banyak negara lain yang atasan mereka mengendalikan ternyata juga kena lagi. Dan kita tidak mau seperti itu oleh karena itu langlah-langkah harus kita lakukan pembukaan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut,” ujarnya.

Lebih lanjut, Luhut mengatakan hingga Senin (23/8) penambahan kasus covid-19 turun diangka 87,3 persen. Dia pun berharap ke depannya tren penurunan kasus bisa mencapai angka 90 persen atau lebih.

“Kalau dilihat per kemarin penambahan kasus konfirmasi covid-19 turun 87,3 persen, saya kira kalau hari ini berlanjut kita bisa mencapai 90 persen atau lebih. Saya kira ini hal yang baik,” ujarnya.

Penurunan kasus harian tersebut diikuti oleh peningkatan kesembuhan dan kasus kematian di Jawa-Bali. Luhut mengatakan selama 3 minggu terakhir peningkatan kesembuhan pasien covid-19 meningkat dua kalipat.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Angka Kematian di Jawa-Bali

Angka kematian di Jawa-Bali juga mengalami tren penurunan, hanya saja terdapat hal yang menarik lantaran data kematian pasien covid-19 masih belum tercatat dengan baik. Kendati begitu, Pemerintah akan terus berusaha mengupdate data kematian tersebut.

“Kematian juga menurun, datanya menarik karena banyaknya yang kurang baik. Namun sekarang kami sudah link dengan rumah sakit, jadi dengan begitu data kami akan lebih bagus. Meskipun dalam 1 minggu kedepan ini masih ada data-data yang lama keluar lagi sehingga belum drop betul angka kematian,” jelasnya.

Saat ini angka kematian pasien covid-19 tercatat 800 orang. Dia berharap beberapa minggu ke depan angka kematian bisa turun di bawah 500, setelah data-data disinkronkan melalui data-data yang diambil dari berbagai rumah sakit di seluruh Indonesia.

“Angka kematian kemarin 800. Saya berharap dalam beberapa minggu kedepan mungkin bisa dibawah 500, karena angka-angka lama sudah mulai dibersihkan, dan angka-angka kami langsung terhubung ke rumah sakit dan juga sekarang ini testing sudah dari laboratorium yang terhubung dengan aplikasi Peduli Lindungi, sehingga semua data itu akan betul-betul lebih akurat lagi,” pungkasnya.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.