Sukses

Menko Airlangga: Singapura Tambah Bantuan 24 Iso Tank untuk Indonesia

Pemerintah Singapura sudah memberikan bantuan lima Iso Tank kepada Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan bahwa Pemerintah Singapura siap mengirimkan bantuan Iso Tank dan Liquid Oxygen sebanyak 24 unit kepada Indonesia. Bantuan tersebut akan dikirimkan secara bertahap dalam enam pekan ke depan.

"Pemerintah Singapura berkomitmen menambah bantuan Iso Tank dan Liquid Oxygen sebanyak 24 unit. Melalui Smart Gas akan dilakukan refurnished terhadap Iso Tank yang tersedia di Singapura dan sebagian lagi akan dipesan yang baru dari Tiongkok," kata Airlangga dalam kunjungan kerjanya ke Singapura, Rabu (14/7/2021).

Airlangga menjelaskan, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan jajaranya selalu menanyakan kebutuhan Indonesia dalam penanganan Pandemi Covid-19. Mereka pun akhirnya sepakat memberikan bantuan 24 Iso Tank dan Liquid Oxygen sebanyak 24 unit.

"Saat pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong dan para Menteri Singapura selalu ditanyakan bantuan apa yang bisa dilakukan Singapura, terutama di dalam penanganan Covid-19 di Indonesia," tutur dia.

Iso Tank merupakan kontainer berbentuk tangka yang memiliki ukuran standar tertentu yang umumnya digunakan untuk memuat kargo cair dan gas.

Sejauh ini, Pemerintah Singapura sudah memberikan bantuan lima Iso Tank. Sedangkan Pemerintah Indonesia memperkirakan kebutuhan tambahan Iso Tank untuk pendistribusian oksigen sekitar 140 unit.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Isolasi Mandiri

Dalam upaya penanganan Covid-19, terutama varian Delta yang tingkat penyebarannya sangat cepat, Pemerintah Indonesia terus mengambil langkah pengendalian penyebaran virus ini. Saat ini Pemerintah telah menambah tempat-tempat isolasi mandiri untuk mereka yang terinfeksi Covid-19.

Penambahan ruang isolasi mandiri memerlukan dukungan peralatan baik tabung silinder maupun Iso Tank untuk mendistribusikan oksigen yang ada.

Selain itu, para pengusaha Indonesia di Singapura juga berinisiatif untuk mengumpulkan bantuan oxygen concentrator. Saat ini sudah terkumpul 11 ribu oxygen concentrator yang pengiriman pertama sebanyak 1.500 unit sudah tiba di Jakarta.

Kolaborasi antara pengusaha Indonesia dan pengusaha Singapura diorganisir oleh Temasek. Sementara, Istri PM Singapura, Ho Ching turun tangan langsung untuk memastikan donasi itu bisa terkumpul dan dikirimkan ke Indonesia sesegera mungkin.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.