Sukses

Simak di Sini! Link buat Cek Penerima Bansos dan BLT di Juni 2021

Liputan6.com merangkum link untuk mengetahui atau mengecek cek data penerima BLT dan Bansos di Juni 2021.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah masih menggelontorkan sejumlah insentif atau bantuan sosial bagi masyarakat dalam berbagai bentuk pada Juni 2021. Bantuan berupa BLT dan Bansos ini demi meringankan beban masyarakat menghadapi pandemi.

Beberapa bantuan yang diberikan seperti Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM, bantuan sosial (bansos) berupa bantuan sosial tunai (BST) sebesar Rp 300 ribu dan Program Keluarga Harapan (PKH) hingga BLT Dana Desa.

Seperti Liputan6.com merangkum, Jumat (4/6/2021), berikut link untuk mengetahui atau mengecek cek data penerima BLT dan Bansos tersebut. 

1. BLT UMKM

Masyarakat bisa kembali memeriksa apakah masuk sebagai penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM 2021 melalui 2 link.

Masyarakat yang ingin mengetahui apakah namanya terdaftar sebagai penerima BLT UMKM 2021 dapat mengakses link https://eform.bri.co.id/bpum atau banpresbpum.id.

Seluruh penerima BLT UMKM 2021 akan memperoleh nilai bantuan sebesar Rp 1,2 juta, pada tahun ini.

Berikut langkahnya: 

- Klik laman https://eform.bri.co.id/bpum 

- Isi nomor KTP

- Memasukkan kode verifikasi yang berupa huruf dan angka untuk proses verifikasi

- Klik proses inquiry

- Setelah itu, Anda akan mendapatkan pemberitahuan apakah berhak mendapat bantuan atau tidak

Untuk link banpresbpum.id:

- Masukkan nomor induk kependudukan (NIK)

- Klik cari

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Cek Penerima Bansos

Pada Juni 2021 ini, pemerintah masih kembali memberikan bantuan sosial (bansos) berupa bantuan sosial tunai (BST) sebesar Rp 300 ribu dan Program Keluarga Harapan (PKH). Pemerintah telah memperpanjang program hingga 2 bulan yakni pada Mei-Juni. 

PKH menjangkau 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dengan total anggaran Rp 28,71 triliun.

Masyarakat yang ingin lihat namanya masuk atau tidak dalam daftar penerima bansos tersebut, bisa melakukan pengecekan langsung melalui link https://cekbansos.kemensos.go.id.

Berikut cara akses:

- Kunjungi https://cekbansos.kemensos.go.id

- Masukkan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa/Kelurahan

- Masukkan Nama PM sesuai KTP

- Masukkan 2 Kata yang tertera dalam kotak kode

- Jika tidak jelas huruf kode, klik icon untuk mendapatkan kode baruLalu klik tombol cari data

 

 

3 dari 3 halaman

3. BLT Dana Desa

Pemerintah juga masih akan memberikan BLT Dana Desa pada Juni 2021 ini. BLT Dana Desa merupakan bantuan berupa uang sebesar Rp 300 ribu per bulan dari Kemendesa untuk membantu perekonomian warga desa.

Bantuan ini disalurkan kepada para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdaftar di database desa. Adapun pendataan dilakukan oleh perangkat desa, seperti kepala desa atau lurah beserta jajarannya.

Data tersebut nantinya akan disampaikan kepada pusat. Buat yang ingin tahu, berikut link cek data penerima BLT Dana Desa di sid.kemendesa.go.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.