Sukses

Kasus Covid-19 di Indonesia Naik, Menko Luhut Cemas

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mewaspadai potensi lonjakan kasus positif Covid-19 di Indonesia pasca libur Lebaran 2021

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mewaspadai potensi lonjakan kasus positif Covid-19 di Indonesia pasca libur Lebaran 2021. Menyusul, mulai meningkatnya kasus aktif positif virus mematikan asal China itu dalam beberapa waktu terakhir.

"Kita tetap harus hati-hati karena setelah balik lebaran ini kelihatan juga ada peningkatan," ungkapnya dalam acara Indonesia Investment Forum 2021 secara virtual, Kamis (27/5/2021).

Luhut menyampaikan, sikap waspada ini harus terus dipertahankan setidaknya hingga dua minggu ke depan. Mengingat, di periode tersebut risiko penularan kasus positif Covid-19 rentan terjadi.

"Masih ada waktu dua minggu ke depan untuk kita waspadai, kira-kira sampai di mana," terangnya.

Kendati demikian, saat ini, kenaikan kasus positif virus corona jenis baru tersebut di nilai masih dalam batas wajar. Sehingga upaya pemerintah untuk menekan laju penularan Covid-19 dinilai berhasil.

"Kalau kita lihat angka, strategi kita cukup ampuh menangani," bebernya.

Adapun, upaya yang dimaksud tersebut ialah percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Dengan begitu, kekebalan kelompok atau herd immunity mulai terbentuk. "Karena, jumlah (orang) yang divaksin sudah makin cukup banyak," ucap Luhut menekankan.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kasus Terkonfirmasi COVID-19 di RI Bertambah 6.278 per 27 Mei 2021, Sembuh 3.924

Kasus terkonfirmasi COVID-19 hari ini dilaporkan bertambah 6.278. Penambahan ini membuat jumlah kasus terkonfirmasi dari infeksi virus corona di Tanah Air mencapai 1.797.499.

Data dari Kementerian Kesehatan pada Kamis (27/5/2021), Jawa Barat menjadi provinsi dengan laporan penambahan kasus konfirmasi COVID-19 terbanyak hari ini yaitu 1.370.

Sementara DKI Jakarta hari ini melaporkan 940 kasus terkonfirmasi dan Riau melaporkan 810 kasus konfirmasi COVID-19.

Untuk provinsi dengan laporan nol kasus terkonfirmasi hari ini adalah: Sulawesi Barat, Maluku Utara, dan Papua. Ketiganya juga mencatatkan nihil penambahan kasus sembuh dan meninggal.

Menurut data Satgas COVID-19, sebanyak 98.405 kasus masih dinyatakan aktif. Sementara itu hingga siang hari ini, terdapat 80.949 spesimen yang telah selesai dilakukan pemeriksaan.

Untuk kasus kesembuhan jumlahnya dilaporkan bertambah 3.924, sehingga total menjadi 1.649.187.

Kasus COVID-19 yang meninggal dunia di Indonesia hari ini juga dilaporkan bertambah 136, sehingga secara keseluruhan menjadi 49.907.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Luhut Binsar Pandjaitan kini menjabat sebagai Menkopolhukam di pemerintahan era Presiden Joko Widodo
    Luhut Binsar Pandjaitan kini menjabat sebagai Menkopolhukam di pemerintahan era Presiden Joko Widodo

    Luhut Binsar Pandjaitan

  • Luhut Binsar Pandjaitan adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia.
    Luhut Binsar Pandjaitan adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia.

    Menko Luhut

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19