Sukses

Deretan Promo Tokopedia di Hari Bangga Buatan Indonesia

Penyelenggaraan Hari Bangga Buatan Indonesia secara daring diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan selama Bulan Suci Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) resmi menetapkan 5 Mei 2021 sebagai Hari Bangga Buatan Indonesia (BBI). Di tahun ini tema yang diambil adalah Semakin Bangga Buatan Indonesia.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengungkapkan, pencanangan Hari Bangga Buatan Indonesia 2021 ini menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo agar momentum Ramadan dan Idul Fitri 2021 harus dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi.

"Untuk itu, beberapa kebijakan dan program perlu dilakukan agar konsumsi masyarakat dapat terus meningkat di tengah kebijakan peniadaan mudik," jelas dia dalam keterangan tertulis, Kamis (6/5/2021).

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate turut menyatakan, penyelenggaraan Hari Bangga Buatan Indonesia secara daring diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan selama Bulan Suci Ramadan dan jelang Hari Raya Idul Fitri.

"Dengan berbelanja secara daring, diharapkan juga mobilitas masyarakat dapat semakin berkurang,” ujarnya.

Penyelenggaraan Hari BBI secara daring ini diadakan hingga 13 Mei 2021, didukung oleh 72 platform e-commerce di Indonesia, salah satunya Tokopedia.

CEO dan Founder Tokopedia, William Tanuwijaya, mengungkapkan, penetapan Hari Bangga Buatan Indonesia sejalan dengan komitmen Tokopedia untuk #SelaluAdaSelaluBisa mempermudah masyarakat menemukan beragam produk UMKM lokal sekaligus mendorong pemerataan ekonomi secara digital.”

William pun mengatakan bahwa gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia telah membawa dampak positif bagi banyak UMKM lokal di Tokopedia.

“Contohnya, Stayhoops dari kategori Fashion di Tokopedia berhasil mencatat kenaikan rata-rata transaksi bulanan menjadi 38x lipat selama Januari 2021 dibandingkan sebelum bergabung dengan BBI pada Juni 2020,” jelasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berbagai Penawaran

Riset Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) pada 2020 secara umum mencatat 7 dari 10 pelaku usaha di Tokopedia mengalami kenaikan volume penjualan dengan median sebesar 133 persen.

Riset tersebut juga mengungkapkan tiga provinsi dengan peningkatan penjualan pelaku usaha tertinggi di Tokopedia, yaitu NTB (144,6 persen), Sulawesi Tengah (73,4 persen) dan Sulawesi Selatan (73,3 persen).

Sementara tiga provinsi dengan peningkatan jumlah pelaku usaha tertinggi di Tokopedia selama pandemi adalah Bali (66,2 persen), Yogyakarta (42,2 persen) dan DKI Jakarta (28,3 persen).

Dalam rangka Hari BBI, Tokopedia menghadirkan penawaran menarik seperti Diskon Flash Sale hingga 90 persen dan Diskon GoSend hingga Rp 20 ribu untuk pengiriman instant dan same day.

Masyarakat juga bisa menikmati Produk Serba Rp 5 ribu, Bebas Ongkir hingga Rp 50 ribu dan Cashback hingga Rp 600 ribu pada halaman khusus BBI yang menampilkan kurasi produk lokal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.