Sukses

Fantastis, 10 Perceraian Orang Kaya Dunia Ini Telan Biaya Miliaran Dolar

Liputan6.com, Jakarta - Kabar perceraian miliarder sekaligus pendiri Microsoft, Bill Gates jadi isu paling hangat beberapa waktu terakhir. Pasalnya perceraian ini melibatkan orang paling kaya sejagat, yang kemungkinan besar akan melibatkan biaya perceraian yang fantastis.

Bill Gates baru saja mengumunkan perceraiannya dengan istrinya, Melinda Gates lewat akun twitter resminya. Ini menandai berakhirnya biduk rumah tangga yang sudah dimulainya sejak 1994 silam dengan dikaruniai tiga orang anak.

"Setelah banyak berpikir dan banyak usaha pada hubungan kami, kami telah membuat keputusan untuk mengakhiri pernikahan kami," tulisnya lewat akun twitter resmi @BillGates.

Meski belum diketahui berapa banyak harta Bill Gates yang akan dibagikan kepada mantan istrinya, bisa dipastikan ini akan jadi salah satu yang termahal di dunia.

Meski begitu, Bill Gates bukan satu-satunya daftar orang kaya dunia yang bercerai dan harus membayar biaya mahal kepada mantan istrinya.

Dikutip dari WealthyGorilla, Selasa, (4/5/2021) berikut merupakan 10 momen perceraian orang kaya dunia yang paling mahal. Yang mana perjanjian perceraian memungkinkan mantan suami harus membagikan sejumlah hartanya kepada mantan istrinya dengan nilai yang bukan hanya jutaan dolar melainkan miliaran dolar.

 

10. Mel Gibson dan Robyn Moore

Biaya: USD 424 juta

Aktor Mel Gibson mengakhiri rumah tangganya di penghujung tahun 2011, setelah 31 tahun bersama istrinya. Karena mereka tidak menandatangani perjanjian pranikah, sehingga biaya penyelesaian besar-besaran membuat Mel kehilangan hampir setengah dari kekayaan bersihnya saat itu.

Dengan total biaya tersebut, perceraian keduanya menjadi salah satu perceraian selebriti paling mahal sepanjang sejarah

2 dari 5 halaman

9. Craig dan Wendy McCaw

Biaya: 460 juta

Craig McCaw merupakan pendiri dari McCaw Cellular dan Clearwire Corporation, yang merupakan salah satu pelopor di industri telepon seluler di AS. Dan kini sebagian besar bisnisnya sudah diakuisisi oleh raksasa telekomunikasi AT&T.

Ia menjual perusahaannya dengan harga USD 12 miliar, tidak lama setelahnya ia memutuskan bercerai dan kehilangan banyak hartanya.

 

8. Dmitry Rybolovlev dan Elena Rybolovlev

Biaya: USD 604 juta

Keduanya berpisaha pada tahun 2008, setelah 26 tahun usia pernikahan. Beberapa tahun kemudian, pengadilan memerintahkan Dmitry untuk membayar mantan istrinya sejumlah USD 4,8 miliar. Tapi, setelah negosiasi lebih lanjut, pembayarannya hanya sekitar USD 600 juta.

Dmitry merupakan pemilik dari Uralkali, perusahaan pertambangan asal Rusia yang memproduksi dan mengekspor bahan tambang potas. Ia juga merupakan pemilik klub sepak bola AS Monaco.

 

7. Steven dan Elaine Wynn

Biaya: USD 741 juta

Taipan pemilik kasino, Steve Wynn mengajukan gugatan cerai dari istrinya Elaine pada tahun 2010. Ini sebenarnya adalah perceraian kedua mereka, karena mereka menikah sebelumnya dari tahun 1963 - 1986.

 

6. Adnan dan Soraya Khashoggi

Biaya: USD 874 juta

Miliarder Arab Saudi, Adnan Khashoggi adalah salah satu orang terkaya di dunia. Tetapi pada tahun 1982, dia akhirnya membayar mantan istrinya penyelesaian perceraian sebesar USD 874 juta.

Di puncak kekayaan mereka, pasangan itu memiliki tiga pesawat, tiga yacht, dan tujuh belas rumah.

 

5. Harold Hamm dan Sue Ann Arnall

Biaya: USD 975 juta

Raja Minyak asal Amerika Serikat, Harold Hamm bercerai dengan istrinya pada tahun 2012, setelah usia rumah tangganya 24 tahun.

Ia menyerahkan hampir USD 1 miliar hartanya kepada mantan istrinya. Meski begitu, nilai ini diperkirakan hanya 5 persen dari total kekayaan bersihnya. Dilaporkan bahwa Sue tidak mencairkan uang tersebut hingga tahun 2015, karena tim kuasa hukumnya sedang mengajukan biaya perceraian yang lebih besar dari nilai tersebut.

3 dari 5 halaman

4. Bernie Ecclestone dan Slavica Radic

Biaya: USD 1,2 miliar

Bernie yang merupaka bos dari Formula 1 bercerai dengan istrinya pada tahun 2009, sebelum akhirnya menikah lagi di tahun 2012. Perceraiannya saat itu bahkan dinobatkan sebagai yang paling mahal dalam sejarah.

Setelah negosiasi yang panjang, pengacara menyelesaikan pembayaran sekitar USD 1,2 miliar. Menggunakan uang barunya dengan bijak, Slavica mengubah penyelesaiannya menjadi portofolio investasi USD 1,6 miliar yang bahkan lebih besar.

 

3. Rupert Murdoch dan Anna Torv

Biaya: USD 1,7 miliar

Setelah 31 tahun menikah, taipan media Rupert Murdoch dan istrinya Maria Torv bercerai pada 1999. Pasangan itu setuju untuk berpisah secara damai tetapi tidak memberikan banyak hal kepada media detailnya.

Namun berselang beberapa minggu, Rupert diketahui menikahi seorang wanita bernama Wendi Deng, yang usianya 38 tahun lebih muda darinya.

 

2. Alec Wildenstein dan Jocelyn Wildenstein

Biaya: 3,8 miliar

Pengusaha Prancis-Amerika dan kolektor seni, Alec Wildenstein menceraikan istrinya Jocelyn Wildenstein pada 1999, setelah usia pernikahannya menginjak 21 tahun.

Dari hasil perceraiannya itu, Jocelyn kemudian menerima USD 2,5 miliar di muka dan selanjutnya USD 100 juta setiap tahun selama 13 tahun. Totalnya ia mendapat USD 3,8 miliar.

 

4 dari 5 halaman

1. Jeff Bezos dan MacKenzie Scott

Biaya: USD 36 miliar

Bos Amazon ini bercerai pada tahun 2019 setelah usia pernikahannya genap 26 tahun. Dalam keterangan yang dirilis oleh regulator saham AS, Scott mendapat 4 persen saham Amazon dari perceraiannya itu, atau sekitar USD 36 miliar, seperti dikutip dari Fox Business.

Berkat penambahan kekayaan pasca perceraiannya itu, Scott mendadak naik peringkat di posisi keempat perempuan paling kaya sejagat. Sebagian besar hartanya itu akan dipakai Scott untuk kegiatan amal.

 

Reporter: Abdul Azis Said

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: