Sukses

Tips Extra Untung dari Jualan Online di Bulan Ramadan

Kamu bisa mengandalkan benefit Smartfren Unlimited karena memiliki Extra Unlimited Malam Full Speed untuk promosi bisnismu.

Liputan6.com, Jakarta Menjual kue kering, minuman kemasan, lauk siap santap, hampers adalah beberapa peluang bisnis yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadan. Namun selain itu, ada peluang bisnis lain yang bisa kamu lakukan hanya dari rumah bermodal smartphone dan paket internet. 

Salah satu bisnis yang cuan di jalankan di bulan Ramadan adalah bisnis online shop pakaian. Ya, bisnis online shop ini akan menguntungkanmu karena banyak orang mencari pakaian baru untuk menyambut Hari Raya Idulfitri. 

Nah agar bisnis online shop-mu bisa menguntungkan, ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan, seperti:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Sistem Bisnis Online

Ada dua macam sistem pilihan bisnis online shop. Jika memiliki modal cukup, kamu bisa langsung membeli dari distributor atau supplier pakaian, untuk dijadikan rekan bisnis. Dengan modal itu, kamu artinya menjadi reseller toko tersebut. 

Lalu sistem kedua adalah dropshipper. Ini lebih menguntungkanmu karena bisnis online ini dijalankan hampir tak memerlukan modal. Kamu hanya perlu mengandalkan koneksi internet yang lancar yang selalu online. 

Mengapa? Itu karena semua produk yang akan kamu pajang di toko online, akan disiapkan dan didukung supplier dan sampai ke tangan konsumen.

Jadi kamu hanya bertindak sebagai tenaga pemasaran dan ketika ada pelanggan yang berminat, supplier-lah yang akan mengirimkan produk tersebut ke pelanggan atas nama toko online-mu.

3 dari 4 halaman

2. Tampilan Foto yang Menarik

Lantaran kamu berjualan secara online, tampilan produk pastinya jadi hal yang penting banget. Calon konsumen akan lebih tertarik, jika kamu menghadirkan gambar yang real pic alias sesuai dengan aslinya. 

Tak perlu dibikin ribet, kamu bisa memotret produkmu pakai smartphone. Tipsnya ambil gambar dengan pencahayaan yang cukup, misalnya saat pagi hari antara pukul 08.00-10.00 WIB. Kamu juga bisa menggunakan model untuk foto produkmu atau menggunakan aksesoris pendukung lain. 

Lalu saat mengambil gambar, hindari juga penggunaan zoom dan maksimalkan resolusi kamera handphone-mu. Lalu tahap terakhir manfaatkan fitur editing. Nah untuk mengoreksi hasil jepretan, kamu bisa menggunakan aplikasi editing yang ada di App Store atau Google Play.

4 dari 4 halaman

3. Pakai Trik Pemasaran

Ketika membangun sebuah strategi untuk bisnis, tentu tidak bisa sembarangan. Rahasia penjualan barang agar cepat menuai kesuksesan salah satunya yaitu strategi pemasaran yang unik dan kreatif.

Dalam dunia marketing atau penjualan, ada beberapa kata yang sebaiknya kamu ganti saat penyebutannya. Misalnya, ganti kata murah dengan hemat atau terjangkau. Beli ganti dengan kata miliki. 

Di bulan Ramadan ini, jika kamu mau memberikan potongan harga alias diskon, ganti kata yang lebih manis dengan sebutan penawaran spesial. 

Selain itu, lakukan branding pada toko online dengan maksimal, agar kepercayaan calon konsumen terbangun. Branding ini bukan sekadar dengan memperkenalkan produk pakaian yang dijual saja, tapi tampilkan pula beberapa review dari para pelanggan lain yang sudah membeli produkmu. 

Cobalah untuk menghadirkan produk dan review lewat konten menarik. Nah sekarang, sudah banyak aplikasi yang menawarkan template untuk media sosial secara gratis. Di proses ini, andalkan kreativitasmu ya!

Media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan TikTok bisa menjadi cara untuk menjadi pemasaran yang baik. Ya, salah satu yang lagi hype di kalangan pebisnis muda adalah TikTok. 

Ya, 67% setuju bahwa TikTok membantu untuk mendapatkan ide-ide tentang produk baru, maka dari itu hal ini menjadikan platform TikTok ini sebagai tempat yang cocok bagi para pelaku bisnis. 

Dengan memanfaatkan TikTok, kamu bisa membuat brand video ads tentang aktivitas bisnis yang dijalankan, branding dari influencer untuk meningkatkan engagement, sampai cerita singkat tentang caramu membangun usaha. 

Agar tiga tips menjalankan bisnis online selama Ramadan bisa berjalan lancar, kamu hanya perlu smartphone dan internet pastinya. Di jam-jam menjelang sahur, mulai pukul 01.00-05.00 WIB, kamu bisa mengandalkan benefit Smartfren Unlimited karena memiliki Extra Unlimited Malam Full Speed. Dengan begitu, kamu bisa puas internetan di jaringan 100% 4G dari Smartfren dan bisa dipakai di semua aplikasi. Bisnis lancar dan cuan pun datang! Informasi selengkapnya klik di sini. 

Nah sambil mencari cuan dari bisnis yang dijalankan, kamu juga bisa mendapat hadiah extra lainnya. Caranya, kamu hanya perlu mengikuti rangkaian kegiatan dari Smartfren, yaitu #RamadanExtraFaedah, dengan membuat konten foto atau video yang di-upload di media sosial. Jangan lupa setelah di-upload, kamu wajib follow dan mention @smartfrenworld dan gunakan tagar #RamadanExtraFaedah dan #UnlimitedBisaSemua. Dengan begitu, kamu bisa berpeluang mendapatkan Sony Playstation 5, iPhone 12, kamera mirrorless, laptop, smartphone kece, dan masih banyak lagi. Cek informasi lengkapnya di sini ya!

Masih mau yang lebih extra lagi? Yuk upgrade aplikasi MySmartfren dan lakukan transaksi sebanyak-banyaknya lewat aplikasi MySmartfren. Soalnya, Smartfren menghadirkan Program Rejeki WOW Treasure Hunt yang akan memberikan sejumlah hadiah menarik, seperti pulsa, smartphone, laptop, tabungan, motor, hingga hadiah utama berupa mobil. Nah, jika belum punya aplikasi MySmartfren, yuk download aplikasi MySmartfren sekarang. Karena semua pasti bisa menang. So, jangan lewatkan kesempatan ini karena rejeki sudah di depan mata. Buat kamu yang yang baru pertama kali download aplikasi MySmartfren akan mendapatkan bonus kuota 5 GB!

Oh ya, Smartfren tak hanya memberikan layanan internet terbaiknya. Smartfren juga melakukan kokreasi bersama seniman visual Hana Madness dan koolastuffa (produsen fesyen lokal) merilis merchandise spesial Ramadan berupa Kemeja Koko dan Scarf. Selain kamu bisa menggunakan merchandise itu, kamu juga bisa mendapatkan extra pahala karena hasil penjualan kokreasi akan disalurkan untuk mendukung UMKM milik penyandang disabilitas melalui Yayasan Benih Baik Indonesia. Dana itu akan digunakan untuk memberikan peralatan pendukung penyandang disabilitas, dan mendukung pembangunan rumah baca. 

Info lengkapnya bisa dicek di www.koolastuffa.com ya!

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.