Sukses

Bantu Pulihkan Ekonomi, Kadin Harus Optimalkan Peran Pengusaha Daerah

Kadin harus bisa merangkul setiap pelaku usaha dengan beragam skala dan jenis industri.

Liputan6.com, Jakarta - Pernyataan Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid terkait optimalisasi pemberdayaan potensi-potensi daerah serta menjadikan Kadin sebagai wadah komunikasi dan konsultasi antar pengusaha menuai dukungan dari Ketua Umum Kadin Provinsi Maluku Utara (Malut) Adam Marsaoly.

“Visi Adinda Arsjad Rasjid sangat jelas untuk membawa Kadin ke depan menjadi lebih baik. Kami dari Kadin daerah tertarik atas visi Adinda Arsjad untuk mengoptimalkan kemampuan Kadin Daerah dalam pengembangan ekonomi nasional,” kata Adam, Sabtu (24/4/2021).

Ia mengatakan, pernyataan Arsjad terkait komunikasi dan koordinasi yang kuat di internal Kadin akan menciptakan kualitas hubungan industrial dan iklim usaha yang baik.

“Kita pun bisa memperkuat peran Kadin sebagai mitra utama pemerintah, baik di daerah maupun nasional dalam mendukung pencapaian program prioritas pemerintah, baik melalui skema Public Private Partnership (PPP) dan lainnya,” jelas Adam.

Adam mengungkapkan bahwa Kadin Maluku Utara tidak hanya mendukung Arsjad, tetapi siap berjuang untuk memenangkan Arsjad sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia, periode 2021-2026.

“Adinda Arsjad adalah figur yang tepat untuk menempati posisi Ketua Umum Kadin Indonesia. Kadin butuh pemimpin pekerja keras yang memahami kemampuan dan potensi daerah,” katanya.

Secara terpisah, Arsjad Rasjid yang juga Calon Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2021-2026, mengungkapkan bahwa visinya ke depan adalah untuk menciptakan Kadin baru yang inklusif dan kolaboratif.

Inklusif, lanjutnya, adalah Kadin harus bisa merangkul setiap pelaku usaha dengan beragam skala dan jenis industri. Sedangkan yang dimaksud kolaboratif adalah menjadikan Kadin sebagai tempat bekerja sama untuk membantu sektor kesehatan dan perekonomian Indonesia.

Kadin adalah rumah kita bersama. Rumah kita untuk tumbuh secara progresif dan inklusif, dengan memperkuat peran swasta sebagai tulang punggung untuk memulihkan dan membangkitkan perekonomian nasional,” kata Arsjad.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemulihan Sektor Kesehatan

Ia mengatakan, saat ini prioritas Kadin adalah pemulihan sektor kesehatan untuk membangkitkan perekonomian nasional dengan mendorong sektor-sektor potensial di daerah, mengakselerasi penggunaan teknologi digital, dan mendorong investasi di industri berkelanjutan yang ramah lingkungan.

“Kadin baru yang progresif dan inklusif adalah kita maju bersama dengan mengakselerasi program kesehatan, termasuk distribusi vaksin Covid-19. Maju bersama dengan mendorong implementasi Kawasan Ekonomi Khusus sebagai sentra pertumbuhan baru. Mengakselerasi ekosistem berbasiskan data, teknologi digital, mengembangkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif, mendirikan innovation hub untuk berbagi ilmu, dan melakukan pelatihan vokasi,” kata Arsjad.

Menurut Arsjad tanpa peran swasta, ekonomi akan rentan dan rapuh. Rasjad ingin Kadin sebagai mitra strategis pemerintah akan terus mendorong inovasi dan kerja sama antara pemerintah dengan swasta dalam rangka pengentasan pandemi Covid-19.

“Kadin harus memperkuat infrastruktur kesehatan nasional, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan deregulasi sektor kesehatan.“Terus terang, pelaku-pelaku industri di daerah masih menghadapi kendala dalam mengembangkan industri akibat pandemi, perizinan, dan implementasi regulasi. Kadin harus menjadi pusat solusi,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.